Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara Dunia

Mulai kelas dari 125cc hingga MotoGP

Valentino Rossi resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada hari Kamis kemarin (5/8/2021) sebelum berlangsungnya GP Styria. Hal itu berarti musim ini akan menjadi kali terakhir pembalap asal Italia itu tampil di lintasan. Keputusannya itu tentunya membuat banyak pecinta MotoGP akan merasa kehilangan pembalap berjuluk The Doctor itu musim depan.

Valentino Rossi memang sudah menjadi legenda balap sejak awal kariernya di tahun 1996. Selama lebih dari 20 tahun kariernya ia telah mencetak lebih dari 100 kemenangan dan meraih 9 gelar juara dunia di semua kelas. Berikut 9 momen saat Valentino Rossi menjadi juara dunia dari kelas 125cc hingga MotoGP.

1. Tahun 1997 menjadi kali pertama Valentino Rossi merasakan gelar juara dunia, tepatnya pada kelas 125cc bersama Aprilia

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas 125cc tahun 1997 (46vale.com)

2. Musim 1999, Rossi kembali meraih gelar juara dunia, kali ini di kelas 250cc masih dengan Aprilia

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas 250cc tahun 1999 (motogp.com)

3. Pada musim 2001 yang juga merupakan tahun keduanya di MotoGP, The Doctor sudah merengkuh gelar juara dunia bersama Nastro Azzurro Honda

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2001 (motogp.com)

4. Musim 2002, Rossi pindah ke Repsol Honda dan langsung menyabet titel juara dunia keduanya di kelas MotoGP

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2002 (boxrepsol.com)

5. Rossi meraih hat-trick gelar juara dunia MotoGP di tahun 2003, setelah bersaing dengan Sete Gibernau

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2003 (boxrepsol.com)

Baca Juga: Mengenang Perjalanan Karier Valentino Rossi di MotoGP

6. Sempat mengejutkan pecinta MotoGP ketika memilih bergabung dengan Yamaha tahun 2004, nyatanya The Doctor masih mampu meraih gelar juara dunia

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2004 (fanclubvalentinorossi.net)

7. Musim 2005, Rossi kembali meraih gelar juara dunia bersama Yamaha usai mengatasi perlawanan Marco Melandri

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2005 (fanclubvalentinorossi.net)

8. Setelah 'diasapi' oleh Nicky Hayden dan Casey Stoner pada musim 2006 dan 2007, akhirnya Rossi kembali merengkuh titel juara dunia di tahun 2008

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2008 (fanclubvalentinorossi.net)

9. Tahun 2009, Rossi meraih gelar juara dunia kesembilan sepanjang kariernya sekaligus menjadi yang terakhir

Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara DuniaValentino Rossi juara dunia kelas MotoGP tahun 2009 (autoevolution.com)

Rossi memang menjadi salah satu alasan mengapa MotoGP saat ini mempunyai banyak fans. Meskipun pada musim terakhirnya ini ia kesulitan bersaing di papan atas, namun itu semua tak menutupi kegemilangan kariernya di dunia balap. Ia akan tetap menjadi legenda MotoGP. Happy retirement, Rossi!

Baca Juga: Penghormatan Yamaha Buat Valentino Rossi

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya