Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan Raya

Layak mendapat julukan King of Street

Sergio Perez sukses memenangi Formula 1 GP Azerbaijan, Minggu (30/4/2023). Kemenangan tersebut berhasil memangkas selisih poinnya dengan rekan setimnya, Max Verstappen, di puncak klasemen.

Selain itu, Podium pertama di Sirkuit Jalan Raya Baku juga semakin menahbiskan keperkasaan Perez di sirkuit jalan raya. Perez juga menjadi pembalap pertama yang menang lebih dari sekali di GP Azerbaijan. Pantas rasanya jika pembalap asal Meksiko tersebut kini menyandang julukan King of Street.

1. Sergio Perez kuasai sesi sprint race

Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan RayaSergio Perez menjuarai sesi sprint race GP Azerbaijan. (formula1.com)

Pada sesi sprint race, Sergio Perez yang mengawali balapan dari posisi kedua berhasil menyalip Charles Leclerc pada lap ketujuh. Setelah itu, posisi Perez tak tergoyahkan hingga akhir balapan.

Leclerc dan Max Verstappen mengekor Perez di posisi kedua dan ketiga. Berkat kemenangannya tersebut, Perez sukses mendapat tambahan delapan poin. Ini juga menjadi modal bagus baginya sebelum balapan utama.

2. Red Bull masih sulit dihentikan

Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan RayaSergio Perez (formula1.com)

Mengawali balapan dari urutan ketiga, Perez tak butuh waktu lama untuk mengkudeta posisi kedua yang ditempati Charles Leclerc. Perez juga diuntungkan ketika ia mengganti bannya pada periode safety car.

Hal itu membuatnya merebut posisi terdepan dari Max Verstappen yang mengganti bannya satu lap lebih cepat. Posisi tersebut tak berubah hingga Perez menyentuh garis finis. Pekan sempurna bagi Perez karena meraih dua kemenangan di GP Azerbaijan.

Red Bull masih menunjukkan dominasinya dengan podium kedua yang diraih oleh Max Verstappen. Mereka masih memuncaki klasemen konstruktor sementara dengan koleksi 180 poin, unggul 93 poin dari Aston Martin.

Baca Juga: Christian Horner Membantah Dugaan Red Bull Lakukan Sandbagging 

3. Lima kemenangan terakhir Perez dibuat di sirkuit jalan raya

Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan RayaSirkuit Jalan Raya Jeddah (formula1.com)

Sergio Perez sepertinya pantas mendapat julukan King of Street. Dari 6 kemenangan yang ia raih, 5 di antaranya dibuat Perez di sirkuit jalan raya. Satu-satunya kemenangannya di sirkuit permanen terjadi pada GP Sakhir 2020.

Bahkan, semua kemenangan Perez di atas mobil Red Bull ia buat di sirkuit jalan raya. Musim ini saja Perez sudah mendulang dua kemenangan di sirkuit jalan raya, yakni GP Arab Saudi dan GP Azerbaijan.

Sayangnya, pada GP Australia yang juga bertipe jalan raya, Perez mengalami masalah pada sesi kualifikasi. Hal itu membuatnya harus mengawali balapan dari pit lane. Beruntung ia masih bisa menyelesaikan balapan di urutan kelima.

4. Tempel ketat Max Verstappen di tabel klasemen

Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan RayaSergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Dengan dua kemenangan yang ia dapat pada sprint race serta balapan utama GP Azerbaijan, Sergio Perez kian menempel ketat Max Verstappen di puncak klasemen. Perez yang kini mengoleksi 87 poin hanya tertinggal 6 angka dari dua kali juara dunia tersebut.

Penampilannya musim ini juga kian konsisten karena selalu berada di atas podium, kecuali pada GP Australia. Jika Perez mampu mempertahankan performa bagusnya ini, ia bisa menjadi pesaing utama Max Verstappen dalam perebutan gelar juara dunia musim ini.

5. Musim ini banyak balapan di sirkuit jalan raya

Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan RayaSirkuit Miami International Autodrome (formula1.com)

Formula 1 memang tak asing dengan sirkuit bertipe jalan raya. Bahkan, pada musim 2023, sepertiga dari semua seri balap yang diadakan digelar di sirkuit jalan raya. Tentunya ini menguntungkan Perez yang dikenal kuat pada sirkuit-sirkuit tersebut.

Tiga balapan jalan raya sudah dijalankan musim ini, yakni GP Australia, GP Arab Saudi, dan GP Azerbaijan. Selanjutnya, masih ada GP Miami, GP Monako, GP Singapura, dan GP Las Vegas yang harus ditaklukkan para pembalap Formula 1.

Sergio Perez kembali membuktikan dirinya layak menyandang gelar King of Street. Kemenangan di GP Azerbaijan juga semakin membuatnya menempel ketat Max Verstappen di puncak klasemen sementara.

Baca Juga: Sergio Perez Dapat Dukungan untuk Bertahan di Red Bull

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya