5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 Kemenangan

Max Verstappen berikan kemenangan ke-100 bagi Red Bull

Max Verstappen berhasil menjadi juara Formula 1 GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Senin (19/6/2023). Kemenangan Max Verstappen membuat Red Bull telah mengoleksi 100 kemenangan selama keikutsertaan mereka di Formula 1. Tim asal Austria tersebut merupakan tim kelima yang mengoleksi 100 kemenangan. 

Menariknya, semua tim tersebut masih berkompetisi di Formula 1 hingga saat ini. Berikut lima tim yang telah mengoleksi 100 kemenangan di Formula 1 serta bagaimana mereka menggapai kemenangan ke-100 mereka.

1. Ferrari

5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 KemenanganMichael Schumacher (formula1.com)

Ferrari sudah mengikuti Formula 1 sejak musim pertama pada 1950. Menjadi salah satu tim tertua dan terbesar di Formula 1, Ferrari merupakan pengoleksi kemenangan terbanyak di Formula 1. Tim yang bermarkas di Maranello, Italia, tersebut sukses mengemas 242 kemenangan.

Michael Schumacher menjadi yang terbanyak dengan koleksi 72 kemenangan. Namun, pembalap yang memberi kemenangan ke-100 bagi Ferrari adalah Alain Prost. Juara dunia empat kali asal Prancis tersebut meraihnya pada GP Brazil 1990.

Baca Juga: 4 Kenangan Tak Terlupakan Lewis Hamilton di Formula 1 GP Kanada

2. McLaren

5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 KemenanganAyrton Senna (formula1.com)

McLaren berada di urutan kedua sebagai tim dengan kemenangan terbanyak di Formula 1. Sejak pertama kali masuk ke Formula 1 pada 1966, McLaren telah mengoleksi 183 kemenangan. Sayang, kini McLaren seperti kesulitan kembali menemukan performa terbaik mereka sejak Formula 1 memasuki era turbo hybrid.

Ayrton Senna menjadi pembalap terbaik yang pernah berada di balik kemudi McLaren. Pembalap asal Brasil tersebut mempersembahkan 35 kemenangan. Podium pertama yang ia raih pada GP Brazil 1993 juga merupakan kemenangan ke-100 bagi tim yang bermarkas di Woking, Inggris, tersebut.

3. Mercedes

5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 KemenanganLewis Hamilton (formula1.com)

Mercedes sejatinya sudah mengikuti balap mobil Formula 1 pada 1954. Namun, mereka sempat hiatus cukup lama dan baru kembali pada 2010. Pabrikan asal Jerman tersebut menjadi tim paling dominan sejak era turbo hybrid. Mereka benar-benar dominan lewat Lewis Hamilton sebagai pembalap utama mereka.

Bahkan, Mercedes saat ini sudah mengumpulkan 125 kemenangan. GP Meksiko 2019 menjadi balapan yang spesial bagi Mercedes. Pada balapan tersebut, Lewis Hamilton berhasil membawa kemenangan ke-100 bagi Mercedes di Formula 1.

4. Williams

5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 KemenanganNigel Mansell (formula1.com)

Sama seperti McLaren, Williams dulunya merupakan tim papan atas yang kini tengah terpuruk. Padahal, tim ini telah mengumpulkan 114 kemenangan sejak pertama kali mengaspal di Formula 1 pada 1978. Namun, tim ini terakhir kali mencicipi kemenangan pada GP Spanyol 2012.

Nigel Mansell menjadi pembalap terbaik Williams dengan koleksi 28 kemenangan. Namun, pembalap yang memberikan kemenangan ke-100 bagi Williams adalah Jacques Villeneuve. Juara dunia asal Kanada tersebut menciptakan catatan manis tersebut pada GP Inggris 1997.

5. Red Bull

5 Tim Formula 1 yang Telah Mengoleksi 100 KemenanganMax Verstappen (formula1.com)

Red Bull kian menunjukkan dominasi mereka musim 2023 dengan meraih kemenangan kedelapan mereka secara beruntun. Bahkan, kemenangan mereka di GP Kanada terasa lebih spesial karena merupakan yang ke-100 bagi Red Bull. Padahal, tim tergolong muda karena baru debut di Formula 1 pada 2005.

Selain menjadi pembalap yang memberikan kemenangan ke-100 bagi Red Bull, Verstappen juga pengoleksi kemenangan terbanyak bagi tim berlogo banteng tersebut. Pembalap asal Belanda tersebut saat ini sudah mengecap 41 kemenangan yang akan terus bertambah mengingat betapa dominan Verstappen musim ini. Ia juga berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan hattrick gelar juara dunia.

Red Bull menjadi tim kelima dalam sejarah Formula 1 yang telah mengoleksi 100 kemenangan. Dengan performanya yang kian dominan musim ini, bukan tak mungkin mereka akan melewati rekor kemenangan tim lain dalam waktu dekat.

Baca Juga: James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya