Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit Monza

Verstappen belum pernah naik podium di F1 GP Italia

Triple header Formula 1 kini memasuki seri GP Italia yang akan berlangsung pada Minggu (11/9/2022). Dengan momentum empat kemenangan beruntun, Max Verstappen kembali dijagokan menjadi pemenang.

Masalahnya, Verstappen tak pernah tampil mengesankan di sirkuit berjuluk Temple of Speed tersebut. Bahkan, pembalap asal Belanda tersebut tak pernah sekalipun naik ke atas podium. Lantas, bagaimanakah peluang Verstappen di GP Italia nantinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Masih terbanyang insiden dengan Lewis Hamilton musim 2021

Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit MonzaInsiden antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton pada GP Italia 2021. (formula1.com)

Max Verstappen bersaing ketat dengan Lewis Hamilton dalam perebutan gelar juara dunia 2021. Salah satu momen panas antara keduanya terjadi di GP Italia. Ketika itu, Hamilton dan Verstappen terlibat insiden yang membuat keduanya gagal finis.

Verstappen yang mencoba mendahului Hamilton di tikungan pertama merasa tak diberi cukup ruang. Alhasil, Verstappen menginjak sausage kerb yang membuat mobilnya terbang ke bagian atas mobil Hamilton.

2. Verstappen tak pernah meraih hasil positif di Monza

Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit MonzaMax Verstappen (formula1.com)

Selain insiden dengan Hamilton musim lalu, Monza sepertinya menjadi tempat yang kurang bersahabat bagi Verstappen. Di mana ia tak pernah meraih hasil positif di salah satu sirkuit paling ikonik di Formula 1 tersebut.

Verstappen selalu gagal menyentuh garis finis dalam dua musim terakhir. Selain itu, prestasi terbaiknya hanyalah menempati peringkat kelima pada musim 2018. Verstappen pastinya ingin memperbaiki catatan buruknya tersebut pada GP Italia musim ini.

Baca Juga: Panduan Menonton Formula 1 GP Italia 2022, Rumahnya Ferrari!

3. Verstappen sebut selalu alami masalah di Monza

Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit MonzaMax Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen menilai hasil buruk yang ia alami di Monza tak terlepas dari beberapa masalah yang selalu ia alami. Selain crash, Verstappen juga pernah mengalami masalah mesin dan dijatuhi hukuman penalti di GP Italia. 

"Saya pikir dalam beberapa tahun terakhir kami tidak pernah benar-benar kompetitif di sini. Plus, ini selalu menjadi trek di mana kami selalu harus menerima penalti mesin dan hal-hal lain, yang juga tidak pernah benar-benar membantu untuk naik ke podium. Tahun ini kami memiliki peluang bagus dan jika Anda melihat mobil kami sepanjang musim, kami selalu bagus di trek lurus," ungkap Verstappen mengutip situs resmi Formula 1.

4. Verstappen punya momentum bagus jelang GP Italia

Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit MonzaMax Verstappen menjuarai GP Belanda 2022. (twitter.com/redbullracing)

Meski tak pernah tampil bagus di GP Italia dalam beberapa musim terakhir. Namun, hal itu sepertinya akan berbeda pada musim ini. Sebab, Verstappen tengah dalam momentum positif dengan raihan empat kemenangan secara beruntun.

Apalagi Monza merupakan sirkuit tercepat di kalender Formula 1 musim ini. Hal ini jelas menguntungkan Red Bull yang punya keunggulan di trek lurus. Apalagi kemungkinan para tim akan memakai setelan low-downforce. Dan Red Bull sudah membuktikan mereka mampu tampil bagus dengan setelan tersebut di GP Belgia.

5. Sergio Perez juga mengincar hasil bagus di GP Italia

Max Verstappen Incar Kemenangan Perdananya di Sirkuit MonzaSergio Perez (formula1.com)

Selain Verstappen, rekan setimnya, Sergio Perez, juga berpeluang meraih hasil bagus di GP Italia. Apalagi Perez selalu tampil mengesankan ketika memakai setelan low-downforce. Sama seperti Verstappen, Perez juga tak pernah menjadi juara di Monza.

"Saya berharap kami memiliki kecepatan yang sama dengan apa yang kami tunjukkan di Spa, itu akan bagus, tetapi tentu saja saya percaya bahwa trek ini sedikit berbeda dengan Belgia, jadi akan menarik untuk melihat bagaimana kami mampu tampil," ungkap Perez melansir situs resmi Formula 1.

 

Dengan momentum empat kemenangan beruntun yang ia raih, Verstappen berpeluang menambahnya menjadi lima di GP Italia. Namun, akankah rekor buruknya di Monza kembali terulang musim ini? Kita lihat saja.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Belanda

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya