5 Fakta Menarik di Piala Dunia Futsal FIFA 2021, Ada Juara Baru!

Portugal akhirnya mencatatkan diri sebagai juara dunia

FIFA sebagai badan sepak bola dunia baru saja selesai merampungkan salah satu agenda mereka di tahun ini, yaitu Piala Dunia Futsal. Ajang yang digelar di Lithuania sejak 12 September lalu ini resmi ditutup pada Minggu, 3 Oktober 2021, lewat partai final yang mempertemukan antara Portugal dan Argentina.

Portugal menjadi pihak yang sukses keluar sebagai juara setelah mengalahkan Negeri Tango dengan skor 2-1. Mereka unggul terlebih dahulu di menit 15 dan 28. Argentina hanya bisa memperkecil keadaan di menit 29.

Selain itu, berikut lima fakta menarik lainnya yang bisa diambil para pecinta futsal dari ajang ini. Apa saja? Yuk kita simak ulasannya.

1. Portugal jadi juara baru

Seperti telah disebutkan, dalam ajang Piala Dunia Futsal FIFA 2021 ini, Portugal berhasil keluar sebagai juara. Di final, mereka mengalahkan Argentina yang merupakan juara bertahan dengan skor 2-1.

Kesuksesan ini pun membuat Portugal tercatat sebagai juara baru dari Piala Dunia Futsal FIFA. Pasalnya, dari delapan penyelenggaraan sebelumnya atau sejak digelar pertama kali pada 1989 silam, hanya baru ada tiga negara yang sukses menjadi juara: Brazil (5x), Spanyol (2x), dan Argentina (1x).

2. Akhir manis Ricardinho

5 Fakta Menarik di Piala Dunia Futsal FIFA 2021, Ada Juara Baru!potret Ricardinho (fifa.com)

Kapten Portugal, Ricardinho, terpilih menjadi peraih Golden Ball alias pemain terbaik. Hal ini pun seolah melengkapi kejayaan Portugal. Namun, bagi Ricardinho pribadi, kesuksesan ini menjadi semakin manis mengingat proses yang Ia lalui.

Ya, pasalnya, enam bulan lalu sang pemain kidal tersebut masih mengalami cedera. Ia bahkan diragukan tampil di ajang ini. Namun berkat kerja kerasnya, pemain 36 tahun ini pun akhirnya sukses melengkapi karir hebatnya sebagai pemain futsal dengan gelar juara dunia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Futsal Lokal Harga Murah, Bikin Pede Saat Main!

3. Brazil juara tiga, Ferrao raih sepatu emas

Di ajang kali ini, Brazil yang merupakan juara terbanyak dengan lima gelar harus puas duduk di peringkat tiga. Namun, tim Samba tidak sepenuhnya pulang dengan tangan hampa. Salah satu pemain mereka, Ferrao, sukses menggondol sepatu emas alias menjadi top skor dengan sembilan gol.

4. Kartu merah pertama di final sepanjang sejarah Piala Dunia Futsal FIFA

5 Fakta Menarik di Piala Dunia Futsal FIFA 2021, Ada Juara Baru!potret Christian Borruto (blazetrends.com)

Di partai final, Portugal sempat diuntungkan berkat kartu merah yang diterima salah satu pemain Argentina, Christian Borrotu. Di menit 13, Ia diusir keluar lapangan karena dianggap memukul sengaja Ricardinho di bagian perut. Insiden tersebut semakin jelas setelah dicek lewat Video Assistent Referee (VAR).

Akibat insiden tersebut, Argentina pun harus bermain dengan empat orang selama dua menit. Kondisi tersebut berhasil dimaksimalkan Portugal yang sukses mencetak gol pertama. Menariknya, kartu merah ini menjadi yang pertama kalinya dalam pertandingan final Piala Dunia Futsal FIFA. 

5. Kazakhstan sang tim kejutan

Kazakhstan menjadi tim kejutan di ajang Piala Dunia Futsal FIFA 2021. Setelah hanya bisa mencapai babak 16 besar pada ajang yang sama di edisi sebelumnya, mereka kini menanjak hingga posisi empat. Ya, di partai perebutan juara tiga, mereka dikalahkan tim kuat Brazil.

Bahkan, di partai semifinal, mereka kalah dari Portugal yang kemudian menjadi juara lewat babak adu penalti. Berkat penampilan yang mengejutkan dan membanggakan ini, Kazakhstan pun mendapat penghargaan tim Fair Play di edisi kali ini.

Itu tadi lima fakta menarik dari ajang Piala Dunia Futsal FIFA 2021 yang digelar di Lithuania. Edisi selanjutnya akan digelar 2024 mendatang dengan tempat yang masih belum ditentukan.

Baca Juga: Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia Terdampar

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya