7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahan

Dominasinya tak terbendung! #IDNTimesSport

Lazimnya, liga-liga sepak bola digelar menggunakan sistem kompetisi penuh tanpa babak gugur. Salah satu keuntungan dari sistem seperti ini adalah ketika sebuah tim mengalami kekalahan, hal tersebut tidak berarti peluang menjadi juara ikut hilang. Penentuan gelar tetap saja didasarkan pada perfoma satu musim penuh.

Hebatnya, beberapa tim justru berhasil menjadi juara tanpa pernah mengalami sekalipun kekalahan. Sebuah pencapaian yang tentu saja luar biasa. Sejak era 1990-an, setidaknya terdapat tujuh tim yang berhasil meraih rekor seperti ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Glasgow Rangers (2020/2021)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahanindependent.co.uk

Glasgow Rangers berhasil menjadi juara Liga Skotlandia di musim lalu. Mereka berhasil memutus dominasi rivalnya, Glasgow Celtic, yang selalu menjadi juara dalam sepuluh tahun terakhir. Lebih istimewa lagi, tim asuhan Steven Gerrard tersebut berhasil meraih gelar tanpa sekalipun mengalami kekalahan.

Mereka mengumpulkan 102 poin dari total bertanding sebanyak 38 kali. Rinciannya adalah 32 kemenangan dan enam hasil seri.

2. Glasgow Celtic (2016/2017)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahaneurosport.co.uk

Sebelum Rangers mencatatkan rekor pada musim 2020/2021, Celtic telah meraih hal tersebut lebih dulu. Tepatnya pada musim 2016/2017.

Glasgow Celtic bahkan berhasil menjuarai Liga Skotlandia dengan catatan lebih baik, yaitu mengumpulkan 106 poin dari 34 kemenangan dan empat seri.

Baca Juga: 6 Rekor Sepak Bola yang Bisa Dipecahkan Tahun 2021, Apa Saja Itu?

3. Juventus (2011/2012)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahanthefootballfaithful.com

Musim 2011/2012 adalah momen penting bagi Juventus. Pertama, karena ini merupakan awal dari dominasi menjuarai Liga Italia sebelum akhirnya dihentikan Inter Milan tepat di musim lalu. Kedua, karena di musim tersebut mereka juga berhasil meraih gelar juara tanpa mengalami sekalipun kekalahan.

Di musim itu, tim berjuluk "Nyonya Tua" yang dilatih pelatih baru Antonio Conte itu sukses mengumpulkan 84 poin dari hasil 23 kemenangan dan 15 seri. Catatan tersebut menjadi menarik jika kita melihat secara rinci di klasemen. Pasalnya, AC Milan yang berada di posisi kedua sebenarnya meraih jumlah satu kemenangan lebih banyak dibanding Juve.

4. Porto (2010/2011)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahangoal.com

Porto berhasil menjuarai Liga Portugal musim 2010/2011 tanpa mengalami satupun kekalahan. Ketika itu, mereka mengumpulkan 84 poin dari hasil 27 kemenangan dan tiga seri. Sebagai catatan, Liga Portugal di musim tersebut masih diisi 16 tim sebelum pada musim 2014/2015 bertambah menjadi 18 tim dan bertahan hingga kini.

Di musim 2010/2011, Porto memang terbilang moncer. Selain berhasil menjuarai liga tanpa kekalahan, mereka juga sukses meraih gelar Liga Eropa. Kesuksesan ini menjadi mungkin karena ketika itu mereka dihuni pemain berkualitas semacam Radamel Falcao, Hulk, James Rodriguez, hingga Joao Moutinho.

5. Arsenal (2003/2004)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahanpremierleague.com

Salah satu pencapaian terbaik Arsenal sepanjang sejarah Liga Inggris adalah keberhasilan mereka menjadi juara tanpa sekalipun kalah di musim 2003-2004. Liga Inggris yang terkenal kompetitif nyatanya berhasil ditaklukan Arsenal dengan rekor sempurna tanpa cela.

Ketika itu, mereka berhasil mengumpul 90 poin dengan rincian 26 kemenangan dan 12 seri. Musim tersebut menjadi salah satu kenangan indah tim berjuluk The Gunners tersebut.

6. Ajax (1994/1995)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahanfotmob.com

Musim 1994/1995 bisa dibilang sebagai musim terbaik sepanjang sejarah Ajax. Pertama, karena mereka berhasil menjuarai Eredivisi tanpa mengalami sekalipun kekalahan dengan koleksi 61 poin dari hasil 27 kemenangan dan tujuh seri. Sebagai catatan, di musim itu Eredivisi masih menggunakan sistem dua poin untuk kemenangan.

Alasan kedua adalah karena Ajax juga berhasil menjuarai Liga Champions. Raihan gelar yang menegaskan keperkasaan mereka di Eropa. Skuad Ajax saat itu memang berkualitas karena dihuni pemain sekaliber Edwin van Der Sar, Edgar Davids, Clerence Seedorf, hingga Patrick Kluivert.

7. AC Milan (1991/1992)

7 Tim Sejak Era 90-an yang Berhasil Juarai Liga Tanpa Kekalahanjoe.co.uk

AC Milan menjadi salah satu tim yang termasuk dalam daftar ini. Mereka melakukannya di musim 1991/1992. Ketika itu, Rossoneri mengumpulkan 56 poin dari hasil 22 kemenangan dan 12 seri (Serie A juga masih menggunakan sistem dua poin untuk kemenangan ketika itu).

Di musim ini, Milan diperkuat trio Belanda yang menjadi juara Piala Eropa 1998, yaitu Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan Ruud Gullit. Kualitas ketiganya dipadukan dengan talenta asli Italia semacam Franco Baresi, Alessandro Costacurta, Paolo Maldini, hingga Carlo Ancelotti. Seperti halnya Juventus, di musim ini Milan juga dilatih oleh pelatih baru, Fabio Capello.

Itu tadi tujuh tim sejak era 1990-an yang berhasil menjuarai liga domestik tanpa mengalami kekalahan. Apakah akan ada tim yang bisa kembali mencatatkan pencapaian serupa? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola yang Meraih Dana Terbanyak dari Sponsor Utama

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya