Comscore Tracker

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022

Pemain muda potensial yang siap unjuk gigi

LaLiga telah berlangsung hingga matchday ke-10. Penampilan dari pemain-pemain top Eropa tentunya menjadi sesuatu yang dinanti. Selain itu, penampilan dari pemain muda potensial juga patut untuk dinanti.

Wonderkid merupakan istilah yang merujuk pada pemain sepak bola muda yang memiliki potensi untuk menjadi pemain top dunia. Kehadiran pemain tersebut dapat menjadi solusi jangka panjang bagi sebuah klub. Lantas, siapa saja wonderkid di La Liga yang patut untuk diamati? Berikut daftar beberapa nama pemainnya.

1. Yunus Musah

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Yunus Musah (Instagram.com/valenciacf)

Pemain bernama lengkap Yunus Dimoara Musah mengawali karirnya di akademi Arsenal. Ia kemudian pindah ke Valencia secara gratis pada Agustus 2020.

Sejak berkostum Valencia, Musah telah tampil 42 kali dan mencetak dua gol. Di musim ini ia telah tampil sebanyak tujuh kali.

Sempat membela timnas Inggris U-15 hingga U-19, Musah lalu memilih membela negara kelahirannya, Amerika Serikat. Melakoni debut pada 12 November 2020, pemain berusia 18 tahun ini telah mengoleksi sembilan caps bersama Negeri Paman Sam.

2. Pablo Gavi

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Pablo Gavi saat pertandingan El-Classico (Instagram.com/fcbarcelona)

La Masia tak henti-hentinya memproduksi pemain muda berbakat. Pablo Martin Paez Gavira atau dikenal dengan nama Pablo Gavi menambah daftar nama pemain berbakat asal La Masia. Memulai debut di tim utama Barcelona pada 29 Agustus 2021, ia telah tampil dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi sejauh ini.

Performa cemerlangnya membuat dirinya dilirik oleh pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique. Walaupun masih berusia 17 tahun, ia mendapatkan panggilan timnas senior dan mendapatkan debutnya pada 6 Oktober 2021. Debutnya tersebut menjadikannya pemain termuda yang pernah membela timnas senior Spanyol.

Baca Juga: 5 Pelatih Asing yang Tangani Klub LaLiga Musim 2021/22, Siapa Terbaik?

3. Eduardo Camavinga

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Eduardo Camavinga saat melakoni debut (Instagram.com/realmadrid)

Rekrutan teranyar Madrid di transfer musim panas 2021/2022. Direkrut dari Rennes pada Agustus 2021 dengan mahar 31 juta euro atau Rp511 miliar  , Camavinga menandatangani kontrak 5 musim hingga 30 Juni 2027.

Tak perlu lama, Camavinga mendapatkan debutnya saat bertanding melawan Celta Vigo pada 12 September 2021 di ajang La Liga. Debutnya berbuah manis dimana ia mencetak sebuah gol. Sejauh ini ia telah tampil dalam lima pertandingan bagi Los Blancos.

Di level internasional, ia telah membela timnas U-21 dan  timnas senior Prancis. Camavinga telah mengantongi tiga caps dan mencatatkan satu gol bersama Les Bleus.

4. Yeremy Pino

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Yeremy Pino (kiri) (Instagram.com/villarrealcf)

Pemain kelahiran Las Palmas, Spanyol ini memulai karirnya di akademi Las Palmas. Ia kemudian pindah ke Villareal pada Juni 2017.

Sejak datang ke Villareal, ia menghabiskan waktunya bersama tim muda. Baru pada 22 Oktober 2020, ia mendapat debutnya bersama skuad utama tim Kapal Selam Kuning di ajang Liga Eropa. Sejauh ini, Pino telah tampil 49 kali dan mencetak sembilan gol serta empat assist di semua kompetisi.

Pino telah membela Spanyol dari level timnas U-17 hingga U-21. Pemain berusia 19 tahun ini lalu dipanggil ke skuad senior Spanyol dan mendapat debutnya pada 6 Oktober 2021. Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan ini telah mengantongi dua caps bersama La Furia Roja.

5. Matthew Hoppe

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Matthew Hoppe (Instagram.com/rcdmallorcaoficial)

Namanya mulai dikenal oleh publik saat berhasil mencetak hattrick untuk Schalke saat menang atas Hoffeinhem di ajang Bundesliga musim 2020/2021. Hattrick-nya membantu Schalke mengakhiri rekor tak pernah menang selama 30 pertandingan berturut-turut di Bundesliga.

Sayang, di akhir musim Schalke harus terdegradasi. Hoppe lalu direkrut oleh kontestan La Liga, RCD Mallorca dengan biaya 3,5 juta euro atau Rp57 miliar. Di musim ini, Hoppe telah tampil dalam dua pertandingan dan mencatatkan satu assist.

Hoppe merupakan bagian dari skuad Amerika Serikat yang menjuarai Concacaf Gold Cup 2021 dan mendapat debutnya di sana. Ia tampil dalam lima pertandingan bersama Negeri Paman Sam. Satu gol dan satu assist berhasil ia torehkan dalam ajang tersebut.  

6. Ander Barrenetxea

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Ander Barrenetxea setelah perpanjang kontrak (Instagram.com/anderbarrene7)

Salah satu produk binaan akademi Real Sociedad. Berposisi sebagai sayap kiri, ia mencatatkan debutnya di tim utama pada 22 Desember 2018 saat melawan Deportivo Alaves. Sejauh ini, Barrenetxea telah mencatatkan 78 penampilan dan menorehkan delapan gol serta tiga assist bagi Los Txuri-Urdin.

Pemain berusia 19 tahun ini merupakan bagian dari skuad muda Spanyol yang menjuarai Piala Eropa U-19 pada tahun 2019.

7. Nico Williams

7 Wonderkid LaLiga yang Patut Diamati di Musim 2021/2022Nico Williams (Instagram.com/athleticclub)

Pemain berusia 19 tahun ini memulai karirnya di akademi Osasuna. Ia kemudian pindah ke akademi Bilbao pada tahun 2013. Nico Williams merupakan adik dari penyerang Bilbao, Inaki Williams.

Williams Jr memulai debutnya bersama skuad senior pada 28 April 2012 saat Bilbao ditahan imbang 2-2 oleh Real Valladolid. Di musim ini, ia telah tampil dalam sembilan pertandingan.

Nah, itulah daftar beberapa wonderkid di La Liga. Jika penampilan mereka konsisten, mereka dapat menjadi pemain top dunia. Patut untuk ditunggu beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Mexico yang Membela Tim LaLiga Musim 2021/2022 

Gilang Rama W. Photo Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepakbola, hiburan, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya