Dimulai Besok, Inilah 4 Fakta Pemain Indonesia di All England 2019

Marcus/Kevin berpeluang hat-trick juara

Salah satu turnamen bulutangkis paling bergengsi di dunia, All England Open, akan mulai bergulir, Rabu (6/3/2019) besok. Hampir semua pemain top dunia akan tampil di kejuaraan tertingg BWF World Tour ini (level Super 1000) ini. Termasuk pemain-pemain top dari Indonesia yang sudah tiba di Birmingham, Inggris pada 3 Maret lalu.

Indonesia mengirimkan 19 pemain/pasangan terbaik yang akan tampil di lima nomor yang dipertandingkan, yakni tiga wakil tunggal putra, dua wakil tunggal putri, lima wakil ganda putra, tiga wakil ganda putri dan ganda campuran memiliki wakil terbanyak dengan enam pasangan. Ada beberapa fakta menarik dari 19 pemain Indonesia yang akan tampil di All England Open tahun ini. Apa saja?

1. Marcus/Kevin berpeluang ciptakan hat-trick juara di All England tahun ini

Dimulai Besok, Inilah 4 Fakta Pemain Indonesia di All England 2019www.allenglandbadminton.com

Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berpeluang meraih tiga gelar beruntun alias hat-trick di All England Open tahun ini. Ganda putra rangking 1 dunia ini merupakan pemegang gelar All England tahun 2017 dan 2018.

Di All England tahun 2018 lalu, Marcus/Kevin meraih gelar setelah mengalahkan pasangan senior Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen lewat kemenangan straight game 21-18, 21-17. Sementara di All England 2017, Marcus/Kevin yang kala itu hanya menjadi unggulan 5, jadi juara setelag di final mengalahkan ganda China, Li Junhui/Liu Yuchen 21-19, 21-14.

Bagaimana peluang mereka tahun ini? Datang sebagai unggulan 1, Marcus/Kevin yang tahun ini sudah meraih gelar di Malaysia Master dan Indonesia Masters Super 500 masih diunggulkan bisa juara. Namun, mereka akan melalui 'jalan terjal'. Di putaran 1, Marcus/Kevin sudah langsung bertemu ganda China juara dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

2. Ada 6 pemain di skuad Indonesia tahun ini yang pernah juara All England

Dimulai Besok, Inilah 4 Fakta Pemain Indonesia di All England 2019twitter.com/inabadminton

Ada enam (6) pemain dalam skuad Indonesia di All England tahun ini yang telah memenangkan gelar di kejuaraan bulutangkis yang mulai digelar tahun 1899 inid. Selain Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya, empat pemain Indonesia yang juga pernah jadi juara. Yakni Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Tontowi Ahmad, Praveen Jordan.

Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan juara di tahun 2014 ketika mereka mengalahkan ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. Praveen Jordan juara bersama Debby Santoso di All England 2016. Sementara Tontowi Ahmad bahkan pernah hat-trick juara di tahun 2012, 2013 dan 2014 saat bermain bersama Liliyana Natsir.

Di tahun ini, bila Marcus/Kevin dan Hendra/Ahsan masih bermain bersama, Tontowi dan Praveen bermain dengan pasangan barunya. Praveen tampil bersama Melati Daeva. Sementara Tontowi sejak Februari lalu dipasangkan bersama pemain muda, Winny Octavina. All England Open 2019 akan menjadi penampilan ketiga bagi Tontowi/Winny.

Baca Juga: 3 Pemain Indonesia Ini Hadapi Pemain Unggulan di R1 All England 2019

3. Sektor tunggal tak pernah lagi juara sejak 1994, Anthony Ginting bisa akhiri paceklik gelar?

Dimulai Besok, Inilah 4 Fakta Pemain Indonesia di All England 2019twitter.com/INA_Bminton

Dari deretan nama pemain Indonesia yang pernah juara All England di skuad tahun ini, tidak ada satupun yang merupakan pemain di sektor tunggal. Semuanya pemain di sektor ganda. Karena memang, Indonesia sudah lama sekali paceklik gelar di nomor tunggal.

Kali terakhir Indonesia memenangi sektor tunggal di All England terjadi pada tahun 1994 silam. Kala itu, Hariyanti Arbi menjadi juara tunggal putra dan Susy Susanti berjaya di tunggal putri. Setelah itu, tidak pernah ada lagi pemain Indonesia yang mampu juara. Bahkan, Taufik Hidayat yang panen gelar sepanjang kariernya, belum pernah juara di All England.

Tahun ini, harapan untuk mengakhiri dahaga gelar di sektor tunggal, ada pada lima pemain. Di tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto. Sementara di tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani. Dari kelima pemain tunggal Indonesia tersebut, hanya Anthony Ginting yang masuk daftar unggulan (8) seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

Menarik ditunggu, sejauh mana pemain-pemain tunggal Indonesia bisa melangkah di All England Open 2019?

4. Ganda putri malah puasa gelar selama 40 tahun, harapan ada pada Greysia/Apriani untuk membuat sejarah baru

Dimulai Besok, Inilah 4 Fakta Pemain Indonesia di All England 2019twitter.com/INABadminton

Bila di sektor tunggal, Indonesia tidak pernah lagi juara di All England sejak tahun 1994, penantian lebih panjang terjadi di sektor ganda putra. Tahun ini sudah memasuki periode 40 tahun, ganda putri Indonesia tidak pernah juara di kejuaraan ini. Kali terakhir ganda putri Indonesia berhasil menjadi juara di All England terjadi pada tahun 1979 lewat pasangan Verawaty/Imelda Wiguna. 

Tahun ini, harapan untuk mengukir sejarah dengan meraih gelar di ganda putri, ada pada pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu. Pasangan finalis Malaysia Masters 2019 ini menjadi unggulan 4. Mereka akan mencoba menghentikan dominasi trio ganda putri Jepang yang menjadi unggulan 1-3.

Di putaran pertama, Greysia/Apri akan menghadapi ganda Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith. Greysia/Apri pastinya akan sangat termotivasi untuk tampil lebih baik dari tahun lalu. Di All England tahun 2018 lalu, mereka langsung out di putara pertama setelah dikalahkan pasangan Stoeva bersaudara dari Bulgaria.

Indonesia mengirimkan tiga pasangan di sektor ganda putri. Selain Greysia Polii dan Apriani Rahayu, juga ada pasangan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia Pradipta serta Della Destiara Haris dan Tania Octaviani Kusumah.

Bila di tiga edisi terakhir All England (2016-2018), Indonesia selalu berhasil meraih satu gelar, bagaimana tahun ini? Harapan tentunya Indonesia tetap bisa membawa pulang gelar. Siapa tahu bisa meraih lebih dari satu gelar. Bagaimana menurut kalian?

Baca Juga: Daftar Pemain Unggulan Indonesia di All England 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya