Comscore Tracker

4 Fakta Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2019

Nomor tiga tidak banyak yang tahu

Turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2019 mulai memasuki babak penting. Hari ini, Jumat (19/1/2019), turnamen BWF World Tour Super 500 berhadiah total 350 ribu dolar ini akan mempertandingkan babak perempat final.

Indonesia masih memiliki enam (6) wakil yang akan tampil di empat nomor, kecuali tunggal putri. Ada harapan pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia bisa membawa pulang gelar dari turnamen ini. Berikut beberapa fakta menarik pemain Indonesia di perempat final Malaysia Masters 2019.

1. Jumlah wakil Indonesia di perempat final tahun ini, lebih banyak dari Malaysia Masters tahun lalu

4 Fakta Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Bila merujuk jumlah perwakilan pebulutangkis yang tampil di perempat final Malaysia Masters 2019, Jepang memiliki wakil terbanyak dengan sembilan pemain. Kemudian tuan rumah Malaysia memiliki delapan pemain. Indonesia yang memiliki enam wakil di perempat final, ada di peringkat tiga.

Enam wakil Indonesia yang tampil di perempat final yakni tunggal putra, Anthony Ginting, pasangan ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva. Serta, tiga pasangan ganda putri yakni Greysia Polii/Apriani Rahayu, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto dan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia.

Ternyata, meski tidak dominan, tetapi jumlah enam wakil di perempat final tersebut masih lebih baik dibandingkan pencapaian tahun lalu. Di babak perempat final Malaysia Masters 2018 lalu, Indonesia hanya memiliki empat (4 wakil) yakni Jonatan Christie dan Anthony Ginting, Fajar Alfian/Rian Ardianto di ganda putri, serta Hafiz Faisal/Gloria Widjaja di ganda campuran.

Bila di tahun 2018 lalu, Indonesia membawa pulang satu gelar lewat Fajar/Rian, semoga dengan jumlah wakil yang lebih banyak di perempat final, Indonesia bisa kembali meraih gelar.

2. 'Perang saudara' di ganda putri, Indonesia pastikan satu tempat di semifinal

4 Fakta Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Dari tiga wakil ganda putri yang akan tampil di perempat final, dua ganda Indonesia harus ‘perang saudara’ demi berebut tiket ke semifinal. Jadwal mempertemukan Greysia Polii/Apriani Rahayu bertemu dengan pasangan Yulfira Barkah/Jauza Fadhilla Sugiarto, Jumat (18/1/2019) seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Dengan 'perang saudara' tersebut, tentunya akan ada satu ganda putri Indonesia yang tersingkir di perempat final. Tetapi kabar bagusnya, Indonesia sudah memastikan satu tiket di semifinal.

Sementara pasangan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia Pradipta akan menghadapi lawan berat, yakni ganda putri Jepang peraih medali emas Olimpiade 2016, Akira Takahashi/Misaki Matsutomo. Ini merupakan pertemuan pertama bagi mereka. Andai Ni Ketut/Rizki menang, akan terjadi 'duel saudara' di semifinal yang artinya Indonesia memastikan satu tempat di final.

Di sektor ganda putri, Indonesia sudah lama tidak meraih gelar di Malaysia Masters. Kali terakhir ganda putri Indonesia juara di turnamen ini terjadi pada tahun 2013 lalu lewat pasangan Pia Zebadiah/Rizki Amelia. Mungkinkah terulang tahun ini?

Baca Juga: 6 Wakil Indonesia yang Tersisa di Babak QF Malaysia Masters 2019

3. Dari enam wakil di perempat final, ada empat pemain yang pernah juara di turnamen ini

4 Fakta Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2019twitter.com/beeldotcom

Dari enam pemain Indonesia yang tampil di perempat final, hanya ada satu pemain yang pernah menjadi juara di turnamen ini. Yakni pasangan ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Marcus/Kevin pernah juara di tahun 2016. Kala itu, mereka mengalahkan ganda andalan tuan rumah, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong lewat rubber game.

Namun, selain Marcus/Kevin, juga ada Rizki Amelia dan Praveen Jordan yang pernah juara di turnamen ini. Tetapi kali ini mereka berpasangan dengan pemain berbeda. Rizki pernah juara dengan Pia Zebadiah pada 2013. Begitu pula Praveen yang juara bersama Vita Marissa juga pada 2013.

Di tahun 2018 lalu, Marcus/Kevin tidak ikut tampil di Malaysia Masters. Tahun ini, ganda rangking 1 dunia ini datang dengan status unggulan 1. Di perempat final, Marcus/Kevin akan menghadapi ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko yang merupakan unggulan ketujuh. Pertandingan ini akan menjadi ulangan final Indonesia Open 2018 yang dimenangi Marcus/Kevin. Bahkan, secara total head to head, Marcus/Kevin menang 5-0 atas Inoue/Kaneko.

4. Tanpa ganda top China, ganda campuran Indonesia berpeluang meraih gelar

4 Fakta Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Tidak tampilnya dua ganda campuran top China di turnamen ini, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yiku/Huang Dongping, membuat Indonesia berpeluang meraih gelar di sektor ini. Harapan ada pada pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva yang menjadi satu-satunya ganda campuran Indonesia di perempat final.

Apalagi, Praveen sudah punya pengalaman menjadi juara di turnamen ini. Dia pernah meraih gelar di Malaysia Masters tahun 2013 saat berpasangan dengan Vita Marissa. Di perempat final, Praveen/Melati akan bertemu dengan ganda Thailand yang menjadi unggulan 2, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Keduanya pernah bertemu sekali di China Open 2018. Kala itu, Praveen/Melati kalah.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, Melati menyebut komunikasi yang baik dan saling menyemangati, menjadi kunci kemenangan mereka atas Hafiz Faisal/Gloria Widjaja di putaran kedua.

"Buat perempat final, kuncinya juga harus komunikasi. Kalau salah satu jelek mainnya, harus saling menyemangati, saling dukung biar kuat lagi. Juga harus lebih yakin lagi dan enjoy,” kata Melati dikutip dari badmintonindonesia.org.

Semoga enam wakil Indonesia di perempat final, bisa tampil maksimal di pertandingan hari ini. Harapannya tentu saja ada banyak pemain Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal. Hingga bisa membawa pulang trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Indonesia Tumbang di R2 Malaysia Masters 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You