Fakta Takuto Inoue/Kaneko, Lawan Marcus/Kevin di R2 Malaysia Open 2019

Ganda Jepang ini tak pernah menang dalam enam pertemuan

Ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mengawali penampilan di Malaysia Open 2019 dengan start mulus. Di pertandingan putaran pertama, Rabu (3/4/2019) kemarin, Marcus/Kevin meraih kemenangan meyakinkan atas ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin yang pada akhir pekan kemarin meraih gelar di India Open 2019.

Kemenangan ini menjadi comeback manis Marcus/Kevin setelah kegagalan di All England 2019 awal Maret lalu. Ya, laga round 1 di Malaysia Open tadi malam menjadi yang pertama bagi mereka setelah tereliminasi di babak 1 All England. Di round 2 yang akan digelar Kamis (4/4), Marcus/Kevin akan menghadapi ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Berikut beberapa fakta menarik dari ganda putra Jepang tersebut.

1. Takuto Inoue/Yuki Kaneko lolos ke round 2 setelah mengalahkan juara All England 2016

Fakta Takuto Inoue/Kaneko, Lawan Marcus/Kevin di R2 Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Tidak hanya Marcus/Kevin, ganda putra Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko juga menorehkan start mulus dalam penampilan mereka di Malaysia Open 2019. Pasangan rangking 12 dunia ini memastikan lolos ke babak dua setelah meraih kemenangan meyakinkan atas ganda putra Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu (3/4/2019).

Takuto Inoue/Yuki Kaneko berhasil menang straight game 21-15, 21-12 hanya dalam waktu 29 menit atas Ivanov/Sozonov. Ini merupakan salah satu kemenangan paling singkat di putaran pertama sektor ganda putra seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Kemenangan ini terbilang luar biasa. Sebab, Ivanov/Sozonov bukanlah lawan sembarangan. Mereka merupakan juara All England 2016 dan juga peraih medali perunggu Kejuaraan Eropa 2018 lalu. Meski memang, usia mereka tidak lagi muda. Ivanov kini 31 tahun dan Sozonov 29 tahun. Artinya, Inou/Kaneko kini tengah dalam mood bagus untuk memburu gelar pertama di tahun ini di Malaysia Open 2019.

2. Inou/Kaneko tak pernah menang dari Marcus/Kevin dalam enam pertemuan, salah satunya di final Indonesia Open 2018

Fakta Takuto Inoue/Kaneko, Lawan Marcus/Kevin di R2 Malaysia Open 2019www.xinhuanet.com

Pertemuan Takuto Inoue/Yuki Kaneko dengan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di pertandingan putaran II Malaysia Open 2019 nanti bukanlah yang pertama. Sebaliknya, kedua pasangan justru sudah seringkali bertemu di turnamen BWF World Tour. Ya, Marcus/Kevin dan Inouu/Kaneko sudah pernah bertemu enam kali.

Menariknya, dalam enam pertemuan tersebut, Inoue/Kaneko sama sekali belum pernah mampu mengalahkan Marcus/Kevin. Artinya, head to head kedua pasangan hingga kini masih 6-0 untuk Marcus/Kevin.

Dari enam prtemuan tersebut, dua diantaranya terjadi di laga final. Yakni di Japan Open 2017 saat Marcus/Kevin menang 21-12, 21-15. Serta di final Indonesia Open Super 1000 pada tahun 2018 lalu. Kala itu, Marcus/Kevin meraih gelar perdananya di Indonesia Open usai menang straight game 21-13, 21-16 atas Inoue/Kaneko.

Mungkinkah Marcus/Kevin akan kembali memperpanjang dominasi mereka atas Inoue/Kaneko menjadi 7-0?

Baca Juga: 4 Pemain Indonesia Ini Hadapi Lawan Berat di R2 Malaysia Open 2019

3. Pertemuan terakhir di Malaysia Masters 2019 berlangsung ketat, Marcus/Kevin enggan meremehkan lawan

Fakta Takuto Inoue/Kaneko, Lawan Marcus/Kevin di R2 Malaysia Open 2019twitter.com/inabadminton

Namun, meski unggul mutlak dalam enam kali pertemuan melawan Takuto Inoue/Yuki Kaneko, tetapi di pertemuan terakhir, pertandingan kedua ganda putra ini berlangsung cukup ketat. Menariknya, keduanya terakhir bertemu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ya, turnamen Malaysia Masters 2019 yang digelar pada pertengahan Januari lalu, menjadi duel terakhir mereka. Kala itu, Marcus/Kevin bertemu Inoue/Kaneko di perempat final. Laga tersebut berlangsung rubber game 21-13, 23-25 dan 21-14 untuk kemenangan Marcus/Kevin yang akhirnya menjadi juara dan merupakan gelar pertama mereka di tahun ini.

Merujuk pada laga ketat dalam pertemuan terakhir tersebut, Marcus/Kevin enggan memandang remeh ganda putra Jepang tersebut, meski mereka bukanlah ganda putra terkuat Jepang. Kevin menyebut tak ingin lengah menghadapi ganda Jepang yang sama-sama berusia 24 tahun itu.

“Kami sudah sering ketemu sama mereka. Kalau di atas angin sih enggak. Karena semua punya chance. Paling kami harus lebih siap aja buat diri kami sendiri,” ujar Kevin seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

4. Pemenang laga ini kemungkinan besar akan bertemu Fajar/Rian di perempat final

Fakta Takuto Inoue/Kaneko, Lawan Marcus/Kevin di R2 Malaysia Open 2019twitter.com/inabadminton

Di atas kertas, Marcus/Kevin lebih diunggulkan bisa mengalahkan Takuto Inoue/Yuki Kaneko untuk memastikan langkah ke perempat final. Menariknya, andai Marcus/Kevin melangkah ke perempat final, mereka kemungkinan akan melakoni "perang saudara" menghadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Fajar/Rian yang menempati unggulan 8, juga diunggulkan menang saat menghadapi ganda Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng. Memang, dalam head to head, Fajar/Rian masih kalah 1-2. Namun, dalam pertemuan terakhir di Hongkong Open 2018 lalu, Fajar/Rian mampu menang meyakinkan 21-12, 21-13.

Menarik ditunggu bagaimana kiprah Marcus/Kevin juga Fajar/Rian di round 2 Malaysia Open nanti. Mungkinkah akan tercipta ulangan final Asian Games 2018 antara dua ganda putra andalan Indonesia ini di perempat final Malaysia Open 2019 besok.

Baca Juga: Tunggal Putri Habis & 5 'Rapor' Pemain Indonesia di R1 Malaysia Open

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya