Hore! Indonesia Loloskan 4 Wakil di Perempat Final French Open 2017

Pertandingan perempat final bakal ditayangin langsung lho!

Empat wakil Indonesia berhasil lolos ke babak perempat final turnamen Yonex French Open 2017. Hasil ini didapat setelah para punggawa Indonesia sukses mengatasi lawan-lawannya di babak 16 besar, Kamis (26/10) malam hingga Jumat (27/10) dini hari WIB.

Seperti dikutip dari akun Instagram @Badmintalk_com, dari tujuh wakil Indonesia yang tampil di babak 16 besar, hanya empat wakil yang berhasil lolos. Meski tidak semuanya mampu meraih tiket perempat final, tetapi pencapaian ini terbilang bagus. Sebab, pebulutangkis Indonesia kembali membuat kejutan hebat.

Diawali dua hasil buruk.

Laga babak 16 besar final sempat berakhir buruk bagi Indonesia. Dari tujuh jadwal pertandingan yang melibatkan pemain Indonesia, kekalahan dialami dua wakil Indonesia di dua pertandingan awal.

Hanna Ramadini yang tampil di laga pertama nomor tunggal putri, tak mampu berbuat banyak menghadapi Chen Yufei dari Tiongkok. Hanna kalah dua set lansgung 17-21, 9-21 dari pemain rangking 10 dunia tersebut.

Hasil buruk pun berlanjut di pertandingan kedua. Ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro tidak mampu mengulangi penampilan saat melaju ke final Kejuaraan Dunia, Agustus lalu. Ahsan/Rian dihentikan ganda Tiongkok, He Jiting/Tan Qiang dengan skor cukup jauh, 13-21, 16-21.

Diwakili satu wakil di tiap nomor.

Kabar gembira bagi Indonesia baru muncul di pertandingan ketiga. Tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, tampil hebat ketika mengalahkan pemain Hongkong, Hu Yun. Juara Korea Open 2017 ini menang dua set 21-7, 21-16 hanya dalam waktu 28 menit. Kemenangan ini merupakan revans bagi Ginting atas kekalahan dari Hu Yun di babak pertama Japan Open, akhir September lalu.

Sukses Ginting diikuti ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mengalahkan ganda Korea, Chung Eui Seok/Kim Dukyoung lewat rubber game. Menang 21-12 di set pertama, pasangan muda ini kalah 13-21 di set kedua. Dan di game penentuan, Fajar/Rian menang dengan angka ketat, 25-23.  

Di ganda putri, Greysia Polii/Apriani Rahayu membuat kejutan hebat. Dikutip dari akun Instagram @Badminton_dmrk, Greysia/Apriani mengalahkan unggulan empat asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dua set langsung, 21-19, 21-18.

Dan, pasangan ganda campuran juara dunia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, juga lolos ke perempat final setelah mengakhiri perlawanan ketat ganda Rusia, Ivan Sozonov/Evgeniya Kosetskaya. Owi/Butet menang rubber game menang tiga set 21-16, 17-21, 21-16

Artinya, di perempat final, kecuali tunggal putri, Indonesia punya satu wakil di tiap nomor yang dipertandingkan. Yakni tunggal putra, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Sayang sekali Praveen/Debby harus terhenti.

Sayangnya, sukses Owi/Butet tidak diikuti pasangan ganda campuran Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Debby Susanto. Tampil di pertandingan terakhir, Praveen/Debby yang jadi unggulan ketiga di French Open, kalah dari ganda Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Puttita Supajirakul. Di luar dugaan, juara All England 2016 dan Korea Open 2017 ini kalah dua set 16-21, 15-21 dari Dechapol/Puttita yang bukan unggulan di turnamen ini.

Hari ini, Jumat (27/10), empat wakil Indonesia akan tampil di perempat final. Mereka yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran, Fajar Alfian/M.Rian Ardianto di ganda putra, Greysia Polii/Apriani Rahayu di ganda putri, serta Anthony Ginting di tunggal putra.

Kabar bagusnya, laga perempat final rencananya akan disiarkan langsung oleh salah satu televisi nasional (Kompas TV) mulai pukul 22.00 WIB. Yuk kita doakan agar empat wakil Indonesia bisa lolos ke semifinal French Open 2017.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya