Profil 3 Lawan Wakil Indonesia di R1 Dubai Final Super Series 2017

Semoga semuanya menang ya!

Mulai hari ini, Rabu (13/12), turnamen bulutangkis kelas dunia, Dubai Super Series Finals 2017 dimulai. Delapan pemain dan pasangan terbaik dari lima nomor yang sudah terbagi dalam dua grup, akan bersaing berebut tiket ke semifinal guna memperebutkan gelar juara dan hadiah 1 juta USD (atau setara Rp 13 miliar).

Tiga wakil Indonesia, yakni pasangan ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan dua ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga akan tampil perdana. Karena berpredikat Super Series Finals dan yang tampil adalah pemain-pemain terbaik di masing-masing nomor, tidak ada lawan mudah sejak pertandingan pertama.

Berikut profil tiga calon lawan pertama yang akan dihadapi wakil Indonesia beserta head to head pertemuan mereka.

1. Praveen/Debby baru bertemu Tang Chung Man/Tse Ying Suet.

Profil 3 Lawan Wakil Indonesia di R1 Dubai Final Super Series 2017badminton.xtremesportsltd.com

Praveen Jordan dan Debby Susanto menjadi wakil Indonesia pertama yang akan tampil di pertandingan pertama fase grup, Rabu (13/12). Pasangan yang di tahun 2017 meraih gelar juara Korea Open 2017 ini akan menghadapi ganda campuran Hongkong, Tang Chung Man/Tse Ying Suet.

Dikutip dari @Badmintalk_com, ini akan menjadi pertemuan pertama antara Praveen/Debby dan Tang Chung Man/Tse Ying Suet. Secara peringkat ganda campuran dunia BWF, keduanya tidak berbeda jauh.

Bila Praveen/Debby peringkat keenam, Tang Chung/Tse Ying peringkat ke-10. Merujuk pada hal itu, pertandingan diantara keduanya bakal ketat. Dan yang jelas, Praveen/Debby wajib mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Tidak boleh lagi tampil melempem seperti di China Open dan Hongkong Open ketika mereka tersingkir di babak pertama. Sebab, tahun 2017 ini, pasangan Hongkong ini tampil impresif. Mereka sukses juara di Denmark Open setelah di final mengalahkan ganda campuran nomor 1 dunia asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen.

2. Hadapi Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, duo Minions unggul head to head.

Profil 3 Lawan Wakil Indonesia di R1 Dubai Final Super Series 2017zimbio.com

Sukses meraih enam gelar Super Series (Premier) di tahun ini membuat ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dijagokan bisa memenangi Super Series Finals 2017. Nah, jalan menuju gelar akan dimulai hari ini.

Marcus/Kevin akan menghadapi ganda Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding. Duo Minions -julukan Marcus/Kevin- unggul head to head, 3-2 atas dua Mads asal Denmark.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di final Hongkong Open 2017 pada November lalu. Marcus/Kevin jadi juara usai mengalahkan duo Mads 21-12, 21-18. Namun, meski menang di pertemuan terakhir, duo Minions -julukan Marcus/Kevin- tidak mau jumawa.

Dikutip dari @Badminton.Ina, Kevin Sanjaya menyebut kemenangan di pertemuan terakhir tidak bisa dijadikan tolok ukur. “Kalau udah selesai tanding, kedudukan 0-0 lagi,” ujar Kevin.

3. Tontowi/Liliyana hadapi ganda suami istri asal Inggris.

Profil 3 Lawan Wakil Indonesia di R1 Dubai Final Super Series 2017bwfbadminton.com

Sementara Tontowi/Liliyana akan menghadapi ganda Inggris, Chris Adcock/Gabby Adcock. Keduanya sudah 14 kali bertemu dan Tontowi/Liliyana masih unggul head to head atas pasangan suami istri ini.

Juara dunia 2017 ini telah 9 kali meraih kemenangan berbanding 5 kemenangan milik duo Adcock. Namun, di pertemuan terakhir pada perempat final All England 2017, Tontowi/Liliyana kalah rubber game dari Chris/Gabby Adcock, 21-16, 19-21 dan 12-21.

Semoga kali ini menang ya.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya