Unggulan Bertumbangan, Kesempatan Bagi Ganda Campuran Indonesia

Dua ganda campuran Indonesia ke round 2

Turnamen bulu tangkis Barcelona Spain Masters 2019 yang dimulai Selasa (19/2/2019) malam waktu setempat, langsung memunculkan kejutan. Di sektor ganda campuran yang dimainkan pertama, tiga pasangan unggulan langsung tumbang pada round 1. 

Kabar tersebut tentunya menjadi kesmepatan bagi pasangan ganda campuran Indonesia. Spain Masters 2019 menjadi awal bagi Tontowi Ahmad memulai perjalanan baru di bulu tangkis selepas pensiunnya Liliyana Natsir. Ya, pebulu tangkis senior Indonesia ini mengawali debutnya bersama pasangan barunya Winny Octavina.

Total ada tiga pasangan ganda campuran Indonesia yang tampil di hari pertama turnamen BWF World Tour Super 300 ini. Berikut 'rapor' penampilan ganda campuran Indonesia di putaran pertama Barcelona Spain Masters 2019.

1. Tiga ganda campuran unggulan dari Eropa langsung terhenti di putaran pertama

Unggulan Bertumbangan, Kesempatan Bagi Ganda Campuran Indonesiabadzine.net

Hari pertama Barcelona Spain Masters 2019 di sektor ganda campuran yang dimainkan Selasa (19/2/2019) kemarin langsung memunculkan hasil-hasil mengejutkan. Ada tiga pasangan unggulan dari Eropa yang langsung tumbang di putaran pertama.

Ganda Jerman yang menjadi unggulan 4, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich kalah rubber game dari ganda Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Kim So-yeong lewat rubber game, 16-21, 21-13, 19-21. Begitu juga ganda Jerman yang menjadi unggulan 8, Marvin Emil Seidel/Linda Efler yang dikalahkan ganda Taiwan, Wang Chi-lin/Cheng Chi-ya.

Namun, yang paling mengejutkan adalah terhentinya ganda Denmark yang menjadi unggulan 1 di turnamen ini, yakni pasangan Mathias Christiansen/Christinna Pedersen. Juara India Open 2018 dan runner-up Kejuaraan Eropa 2018 ini takluk dari ganda Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue 14-21, 14-21 seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Terhentinya tiga unggulan di sektor ganda campuran tersebut tentunya menjadi kabar bagus bagi pemain Indonesia. Sebab, rival berat yang berpotensi menjadi lawan di babak berikutnya, telah terhenti. Merujuk pada drawing, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich sebenarnya bisa menjadi lawan Tontowi/Winny bila sama-sama lolos ke perempat final.

2. Lolos ke putaran kedua, Tontowi/Winny tinggal menunggu lawan

Unggulan Bertumbangan, Kesempatan Bagi Ganda Campuran Indonesiawww.pbdjarum.org

Hasil manis diraih pasangan baru ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Winny Octavina dalam penampilan perdana mereka di turnamen internasional. Tontowi/Winny meraih kemenangan dua game langsung (straight game) atas ganda Jerman, Jones Ralfy Jansen/Kilasu Ostermeyer dengan skor 21-19, 21-18
di Vall d'Hebron Olympic Sports Center, Selasa (19/2) malam waktu setempat. .

Meski menang dengan skor ketat melawan pasangan yang sejatinya bukan unggulan, tetapi kemenangan Tontowi/Winny ini patut mendapatkan apresiasi. Sebab, mereka memang baru tampil perdana di turnamen resmi. Tentunya masih ada beberapa aspek yang masih perlu diperbaiki lagi. Salah satunya komunikasi di lapangan yang menjadi sorotan badminton lovers di media sosial.

Di putaran kedua, Tontowi/Winny yang menjadi unggulan kelima di turnamen ini, akan menghadapi pemenang antara ganda Hongkong, Hee Chun Mak/Chau Hoi Wah melawan ganda Taiwan Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin. Kedua pasangan ini baru akan bermain Rabu (20/2) hari ini.

Baca Juga: Debut Tontowi-Winny dan 4 Fakta Pemain Indonesia di Spain Masters 2019

3. Lolos mudah ke round 2, Rinov/Pitha ditantang ganda campuran terbaik Kanada

Unggulan Bertumbangan, Kesempatan Bagi Ganda Campuran Indonesiatwitter.com/inabadminton

Sementara pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Mentari tidak menemui kesulitan di putaran pertama. Menghadapi ganda Irsael, Misha Zilberman/Svetlana Zilberman, Rinov/Pitha hanya butuh waktu 21 menit untuk memenangi pertandingan. Juara BWF World Junior Championship (kejuarana dunia junior) 2017 ini menang 21-9, 21-12.

Di putaran kedua, Rinov/Pitha akan menghadapi ganda campuran terbaik Kanada, Nyl Yakura/Kristen Tsai. Pasangan Kanada ini lolos ke round 2 usai mengalahkan ganda Ukraina, Valerly Atrashchenkov/Yelyzaveta Zharka.

Ganda Kanada ini merupakan pasangan peraih medali perak Pan Am Championship (selevel kejuaraan Asia) 2018. Bahkan, Yakura yang juga bermain di ganda putra, merupakan juara 2016, 2017 dan 2018.

4. Sayangnya, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami langsung terhenti

Unggulan Bertumbangan, Kesempatan Bagi Ganda Campuran Indonesiatwitter.com/bultangholic

Indonesia sejatinya berpeluang menempatkan tiga wakil ganda campuran di putaran kedua. Sayangnya, pasangan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami langsung terhenti di putaran pertama. Pasangan ganda campuran yang tahun lalu meraih gelar juara Taiwan Open ini takluk dari ganda Korea Selatan unggulan tiga, Seo Seung jae/Chae Yujung. Alfian/Marsheilla kalah straight game 16-21, 21-23 dalam waktu yang cukup singkat, 38 menit.

Kekalahan tersebut tidak lepas dari start buruk Alfian/Marsheilla. Di awal game pertama, mereka langsung tertinggal dengan skor 0-6. Awal kurang manis itu membuat mereka hampir selalu tertinggal dalam perolehan poin meski mampu menipiskan skor 8-11 pada internval pertama. Ganda Korsel yang menempati peringkat 14 dunia tersebut akhirnya menutup game pertama dengan 21-16.

Di game kedua, Alfian/Marsheilla mampu tampil lebih baik. Beberapa kali memimpin dalam perolehan poin, mereka bisa unggul 11-8 pada masa jeda. Sayangnya, mereka tidak mampu meneruskan momentum tersebut. Bahkan, meski sempat mendapatkan game point, Alfian/Marsheilla kena tikung. Seo Seung-jae/Chae Yujung yang tertinggal lantas kedudukan pada skor 20-20 dan memaksakan setting point. Pada akhirnya, ganda Korsel tersebut menang 23-21.

Hari ini, Rabu (20/2), Barcelona Spain Masters 2019 akan mempertandingkan putaran pertama untuk sektor tunggal putra/putri dan ganda putra/putri sektor serta ganda campuran. Ada lima wakil Indonesia yang akan tampil di sektor tunggal putri, ganda putra dan ganda putri. Semoga semuanya mampu lolos ke putaran kedua.

Baca Juga: Debut Tontowi/Winny Lolos ke Babak Kedua Spain Masters 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya