Comscore Tracker

2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?

Marc Marquez masih belum tahu kapan kembali ke lintasan

Jakarta, IDN Times - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memilih realistis tak memasukkan namanya sebagai kandidat juara MotoGP 2021. Justru, dia memfavoritkan dua pembalap lain yang bisa berjaya musim ini. Siapa saja?

Marquez menyebut Joan Mir dan Alex Rin sebagai favorit juara di musim 2021. Performa keduanya yang luar biasa di musim lalu, jadi indikator mengapa Marquez memilih mereka.

Di sisi lain, The Baby Alien hampir dipastikan tak bisa mengikuti MotoGP 2021 sejak seri pembuka. Dia masih melakukan pemulihan usai menjalani beberapa rangkaian operasi lantaran patah tulang lengan kanan atas humerus.

Berdasarkan pernyataan resmi Honda melalui tim medis Marquez yang dipimpin Dr. Samuel Antuna dan Ignacio Roger de Ona, termasuk juga Dr. Juan De Miguel, Aitor Ibarzabal, dan Andrea Garcia Villanueva, sudah ada kesinambungan antara tulang-tulang Marquez yang dioperasi pada Desember 2020 lalu.

Berkat hal ini, proses pemulihan Marquez mulai berjalan ke tingkatan yang lebih baik. Dia mulai bisa mengoperasikan lengan kanannya lebih baik, karena tulang yang dioperasi sudah terkonsolidasi dengan optimal.

Namun, tim Repsol Honda tak mau ambil risiko dan belum bisa memastikan kapan dia bisa tampil kembali musim ini.

1. Joan Mir dan Alex Rin jadi favorit

2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?instagram.com/joanmir36official

Marquez mengungkapkan, sebenarnya ada banyak pembalap yang berpotensi tampil baik di MotoGP edisi kali ini. Namun, dia tetap menjagokan dua pembalap Suzuki itu.

"Jika memilih satu pembalap yang berpotensi jadi juara MotoGP  musim ini, orang itu adalah Joan Mir. Namun, Alex Rins juga masuk dalam perhitungan," ujar pembalap asal Spanyol itu kepada Crash.

Baca Juga: MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Baru

2. Suzuki Ecstar dinilai sudah memberikan motor terbaik

2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?Pebalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins (Dok. IDN Times)

Tak sembarangan Marquez menjagokan Joan Mir dan Alex Rins jadi juara MotoGP musim 2021. Ada beberapa faktor yang membuat keduanya punya potensi besar jadi juara, salah satunya pembuktian Suzuki Ecstar yang mampu memberikan motor ideal bagi Mir serta Rins.

Kedua pembalap yang juga berpaspor Spanyol ini juga telah membuktikan kemampuan membalapnya sejak musim lalu. Mir yang jadi juara musim lalu mampu mengumpulkan 172 poin karena konsistensinya naik podium.

Sementara, Rins membuntuti Mir diperingkat tiga dengan torehan 139 poin. Dia berada satu strip di bawah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha).

3. Siapa yang bakal jadi juara di MotoGP 2021?

2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?motogp.com

Semua sepakat, Joan Mir dan Alex Rins berpotensi kembali jadi penantang serius dalam perebutan gelar juara. Namun, tak boleh dilupakan, dua pembalap pabrikan Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, juga ada Franco Morbidelli (Yamaha Petronas).

Atau, bisa jadi pembalap gaek seperti Valentino Rossi (Petronas Yamaha) yang tiba-tiba kembali bangkit di sisa kariernya di MotoGP.

Baca Juga: Rahasia Joan Mir Juara MotoGP 2020 Ternyata Bukan Kecepatan!

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya