Comscore Tracker

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Baru

Jajaran pembalapnya berbeda dari musim 2020

Semakin mendekat menuju seri pembuka MotoGP 2021 semakin banyak pula tim yang merilis motor dan pembalap mereka. Terbaru, Pramac Racing resmi memperkenalkan motor baru mereka pada Kamis (25/2) malam WIB.

Digelar secara daring, peluncuran motor tim satelit Ducati ini bisa disaksikan melalui situs resmi MotoGP. Tak hanya kenalkan motor versi 2021, Pramac juga menampilkan dua pembalap baru mereka ke hadapan publik.

1. Jadi musim ke-20 keikutsertaan Pramac Racing di kelas utama

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Barumotogp.com

Musim 2021 menjadi musim ke-20 bagi Pramac Racing berkecimpung di kelas utama MotoGP. Tim yang berbasis di Blaenau Gwent, Britania Raya itu pertama kali masuk di kelas tertinggi pada 2002.

Seperti dilansir motorsport.com, tahun ini menjadi memasuki musim ke-17 Pramac Racing berstatus sebagai tim satelit Ducati. Sejak 2005, Pramac sudah memakai motor Desmosedici yang notabene adalah motor andalan pabrikan asal Italia itu di ajang MotoGP.

2. Penampilan yang tak jauh berbeda dari musim sebelumnya

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap BaruDok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita

Terkait penampilan motor Desmosedici GP21 milik Pramac Racing tampak tak ada perubahan signifikan. Livery khas tim yakni merah dan biru dengan sedikit aksen putih serta hitam masih tampak pada motor terbaru.

Pada bagian depan perubahan terjadi pada nomor motor. Pasalnya, Pramac tak lagi diperkuat oleh Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Kedua pembalap telah 'naik kelas' ke tim utama Ducati sehingga berganti jadi nomor '5' milik Johann Zarco dan '89' milik Jorge Martin.

Baca Juga: Gandeng Indonesian Racing, Gresini Rilis Motor Moto3 dan Moto2

3. Johann Zarco yang kembali dapat motor spesifikasi pabrikan

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Barumotogp.com

Dikontraknya Johann Zarco oleh Pramac Racing kembali membuat pembalap asal Prancis itu merasakan mengendarai motor pabrikan. Musim lalu, juara dua kali di kelas Moto2 tersebut memperkuat Avintia yang dapat motor Desmosedici GP19. Meski dapat spesifikasi motor satu musim sebelum musim 2020 ia sukses naik podium di GP Republik Ceko.

Dilansir dari motogp.com, Zarco sudah tak sabar untuk segera ke Qatar untuk menjajal motor barunya di tes pra musim. Selama libur musim dingin ia memanfaatkannya untuk berlatih agar tetap bisa bersaing dengan pembalap lain.

"Aku sangat termotivasi, aku ambil keuntungan libur musim dingin dengan berlatih keras. Tingkat kesulitan setiap tahunnya selalu lebih tinggi dan kamu harus selalu meningkatkan kemampuan jika ingin tidak ketinggalan dengan yang lainnya", ujar Zarco.

4. Musim perdana Jorge Martin di kelas utama

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Barumotogp.com

Di lain sisi, Jorge Martin akan menjalani musim debutnya di kelas utama MotoGP. Pembalap yang sudah kantongi gelar juara di kelas Moto3 pada 2018 lalu tersebut berujar jika mimpinya berkompetisi di kelas tertinggi telah terwujud.

"Aku telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk meraih tujuan ini dan aku sangat senang memulai petualangan ini bersama Pramac Racing dengan mengendarai sebuah motor Ducati", kata Jorge.

5. Jadwal tersisa dari peluncuran skuad tim dan motor MotoGP musim 2021

MotoGP 2021: Pramac Racing Tampilkan Motor dan Pembalap Barumotogp.com

Tersisa tiga tim saja di kelas utama yang belum meluncurkan motor baru serta skuad mereka untuk arungi musim 2021 ini. Petronas Yamaha SRT dan Suzuki Ecstar akan lakukan perilisan pada awal Maret 2021 mendatang. Jadwal lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Petronas Yamaha SRT (1 Maret 2021);
  2. Suzuki Ecstar (6 Maret 2021);
  3. Aprilia Gresini (Belum diumumkan).

Tes pra musim MotoGP 2021 akan digelar di Losail, Qatar pada 6 Maret 2021. Seri perdana juga akan dihelat di tempat yang sama pada 28 Maret 2021. Tetap update info seputar MotoGP di IDN Times ya!

Baca Juga: Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya