24 Pembalap Jajal Sirkuit Mandalika di Tes Pramusim MotoGP Pekan Depan

Juara MotoGP 2021 yaitu Fabio Quartararo ikut ke Mandalika

Jakarta, IDN Times - Tinggal sepekan lagi tes pramusim MotoGP 2022 bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Sebanyak 24 pembalap dipastikan bakal ambil bagian dalam ajang yang digelar pada 11-13 Februari 2022 mendatang. 

“Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP dipastikan siap tampil di Pertamina Mandalika Circuit," tulis pernyataan resmi ITDC dalam rilisnya pada Minggu (6/2/2022).

Tes pramusim yang digelar di Mandalika nanti akan berlangsung selama tiga hari dengan membaginya ke dalam dua sesi, yakni sesi test dan latihan. Seluruh pembalap yang terdaftar pun bakal mulai memacu motornya sejak pukul 10.00-17.45 WITA untuk test. Dilanjutkan sesi latihan hingga pukul 18.00 WITA.

Baca Juga: Ban Cadangan dan Bahan Bakar MotoGP Tiba di Mandalika

1. Tujuh pembalap terbaik di MotoGP 2021 dipastikan jajal Sirkuit Mandalika

24 Pembalap Jajal Sirkuit Mandalika di Tes Pramusim MotoGP Pekan Depanmotogp.com

Dari 24 pembalap yang hadir dalam tes paramusim tersebut, terdapat sejumlah nama yang menjadi pembalap elite dalam beberapa musim terakhir, seperti juara MotoGP 2021 yaitu Fabio Quartararo (Yamaha Monster Enegry), Marc Marquez (Repsol Honda), Fransesco Bagnaia (Ducati) dan Jack Miller (Ducati).

Tak hanya itu, ada juga nama , Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Johan Zarco (Pramac Racing), hingga Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Hal itu terang saja membuat para pencinta MotoGP di Indonesia antusias. Maklum, pembalap-pembalap yang disebutkan merupakan tujuh orang yang finish diperingkat teratas MotoGP musim lalu.

Baca Juga: Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang Singa

2. Dijadikan pembalap dan pabrikan untuk mengenal karakteristik sirkuit

24 Pembalap Jajal Sirkuit Mandalika di Tes Pramusim MotoGP Pekan DepanPenonton menyaksikan aksi pembalap WSBK di Sirkuit Mandalika yang digelar November 2021. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi juga meyakini jika para pembalap hingga pabrikan sangat antusias menghadapi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika. Alasannya, mereka baru menjajal sirkuit baru ini untuk pertama kalinya dan dipastikan bakal banyak mempelajari hal-hal baru untuk modal mereka di Seri Indonesia pada MotoGP 2022.

“Official test ini sangat penting bagi pembalap dan kru tim untuk mengenal karakteristik sirkuit ini sebelum sesi race di Pertamina Mandalika Circuit pada Maret. Kami berharap semua pembalap dan kru tim memaksimalkan official test ini dan mendapatkan pengalaman yang terbaik dengan sirkuit kami,” ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria. 

3. Pembalap akan menjalani travel bubble dengan prokes ketat

24 Pembalap Jajal Sirkuit Mandalika di Tes Pramusim MotoGP Pekan Depanilustrasi balapan MotoGP (motogp.com)

Menurut rencana, para pembalap dan seluruh ofisial yang akan terlibat dalam tes pramusim di Sirkuit Mandalika nanti harus menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Mereka akan menjalani sistem travel bubble selama menjalani tes di tanah air.

Sistem tersebut pun sudah dikoordinasikan pihak penyelenggara dengan pemerintah Indonesia, termasuk kepada Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Nantinya pembalap-pembalap ini akan dipantau ketat, plus menjalani tes PCR berkala dua hari sekali sebelum diberi lampu hijau bisa menjalani tes pramusim MotoGP. 

Baca Juga: 10 Ribu Kursi di Tribun Permanen Sirkuit Mandalika, Sudah Beli Tiket?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya