Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!

Aplikasi bersepeda bisa diunduh secara gratis

Jakarta, IDN Times - Selama pandemik COVID-19 masyarakat Indonesia menerapkan physical distancing. Hal itu membuat opsi bersepeda menjadi primadona di era normal baru

Sepeda dianggap pilihan tepat untuk berolahraga dengan aman dan dijadikan moda transportasi alternatif ketimbang kendaraan umum saat pandemik COVID-19 mewabah di Indonesia. Tak pelak, jalanan ibu kota dan berbagai daerah di Indonesia dipadati orang-orang yang bersepeda, entah itu untuk aktivitas kantor atau pun berolahraga.

Berdasarkan observasi Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia, jumlah pesepeda yang seliweran di wilayah Jalan Jenderal Sudirman sampai MH Tamrin saja meningkat seribu persen. Hal itu jelas merupakan lonjakan luar biasa di bandingkan waktu normal sebelum wabah meluas.

Ditambah, bersepeda dewasa ini bakal lebih mudah karena sudah banyak aplikasi yang sangat membantu penggunanya, yang bisa dijalankan melalui gawai dengan sistem Android dan iOS. Walhasil, olahraga sepeda bakal lebih terukur, mulai dari rute yang bakal ditempuh dan jalur yang aman, hingga berbagi pengalaman dengan pesepeda sampai komunitas.

Aplikasi yang dilengkapi fitur keren tersebut pun bisa kita unduh dengan gratis. Berikut aplikasi gowes yang bisa dinikmati siapa pun untuk memulai olahraga favorit tersebut.

1. Strava

Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!Aplikasi untuk bersepeda (Dok. IDN Times/Ilyas Mujib)

Aplikasi gaya hidup sehat yang kini rama digunakan adalah Strava. Aplikasi multi-guna ini jadi favorit orang-orang bergaya hidup sehat terbaik pada 2020 ini dengan rating 4,5 di Google Play. Terlebih, banyak keunggulan yang dapat digunakan oleh para user-nya.

Tak hanya untuk bersepeda, Strava juga bisa digunakan untuk jogging, berenang, sampai yoga. Sebab, aplikasi kekinian ini bisa juga menghitung jumlah kalori, rute yang digunakan untuk aktivitas olahraga, sampai mengukur ketinggian.

Strava pun berfungsi jadi media sosial alternatif bagi pencinta olahraga. Kalian bisa mengikuti teman di aplikasi tersebut, sampai mengetahui aktivitas olahraga yang dilakukan rekan lainnya.

2. Cyclemeter

Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!Aplikasi untuk bersepeda (Dok. IDN Times/Ilyas Mujib)

Aplikasi cyclemeter memang dikhususkan bagi user yang tengah aktif bersepeda. Fitur yang ditawarkan pun sangat banyak sekali, mulai dari peta, infografis, interval, sampai aplikasi lainnya. Walhasil, pengguna serasa menggunakan komputer yang bisa dibawa ke mana-mana.

Sama seperti Strava, Cyclemeter ini juga layaknya media sosial bagi pencinta sepeda di seluruh dunia. Kalian bisa menikmati kolom komentar. Bahkan, perkembangan hasil latihan bisa langsung di-share melalui facebook.

Hanya saja, ada sedikit kekurangan yang terdapat dalam aplikasi ini, karena hanya pengguna iPhone yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga: Dilema Pakai Masker Saat Gowes, Bagaimana Sih Seharusnya?

3. MapMyRide

Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!Aplikasi untuk bersepeda (Dok. IDN Times/Ilyas Mujib)

Entah pesepeda pemula atau yang berpengalaman, sangat membutuhkan rute yang pas dan aman untuk menjalankan aktivitas gowes-nya. MapMyRun menawarkan fitur dan alat yang Anda butuhkan untuk menjaga motivasi dan mencapai target kebugaran, rute baru yang siap dilahap.

Ada juga ampai fitur untuk menganalisis hasil latihan secara detail, seperti kalori, durasi, jarak, speed, dan hal lain yang berhubungan dengan aktivitas.

4. Endomondo

Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!Aplikasi untuk bersepeda (Dok. IDN Times/Ilyas Mujib)

Endomondo aplikasi untuk kesehatan yang diciptakan oleh Endomondo LLC yang memungkinkan pengguna melacak statistik kebugaran dan kesehatan mereka dengan aplikasi di dalam gawai atau melalui situs. Endomondo diluncurkan pada 2007 dengan tujuan memotivasi orang untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Endomondo bisa dipasang di smartphone Android versi 2.2 ke atas dan dijalankan dengan memanfaatkan fitur GPS. Melalui Endomondo pengguna bakal bisa memanfaatkan fitur plus informasi yang disediakan dan diolah secara real-time.

Sama dengan aplikasi lainnya, ada fitur-fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan seperti jumlah kalori yang terbakar, durasi latihan, sampai speed. Selain itu ada juga pemilihan rute untuk bisa dimanfaatkan bagi yang berolahraga sepeda.

5. Komoot

Nih Guys, 5 Aplikasi untuk Bikin Gowes Kamu Makin Seru!Aplikasi untuk bersepeda (Dok. IDN Times/Ilyas Mujib)

Aplikasi bagi yang rajin gowes untuk mencari rute beserta peta (maps) dalam bersepeda adalah Komoot. Melalui itu, kita bisa mencari rute sesuai dengan kondisi dan tipe rute untuk dijajal dalam bersepeda.

Sama juga seperti Strava, Komoot adalah aplikasi yang juga berbasis sosial media. Beberapa fiturnya pun hampir sama, bedanya Komoot tak kompatibel dengan monitor detak jantung eksternal, lalu tak bisa mengukur kecepatan, dll.

Baca Juga: Yakin Mau Gowes Malam? Ikuti 5 Panduan Ini Dulu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya