Comscore Tracker

[BREAKING] Anthony Sinisuka Ginting Melaju ke Semifinal Olimpiade 

Anthony Ginting menaklukkan menaklukan Anders Antonsen

Jakarta, IDN Times - Anthony Sinisuka Ginting melaju mulus ke semifinal tunggal putra OIimpiade Tokyo 2020. Pemuda asal Cimahi ini mampu menaklukan Anders Antonsen dalam duel yang berlangsung tiga set dengan skor 21-18, 15-21, 21-18 dalam duel yang digelar di Musashino Forest Arena, Sabtu (31/7/2021).

Ginting harus melakoni duel ketat melawan Antonsen sejak awal set pertama. Keduanya sudah terlibat dalam rally panjang dan bermain sangat ketat. Walhasil, Ginting dan Antonsen terus kejar-kejaran skor hingga keduanya bermain sama kuat 5-5.

Permainan tenang Ginting membuat Antonsen sedikit tertekan. Ia mulai melakukan beberapa kesalahan hingga membuat Ginting bisa unggul 9-7. Tak bertahan lama, Ginting pun berhasil menutup interval set pertama dengan keunggulan dua poin dari Antonsen 11-9.

Keunggulan itu mampu dimanfaatkan Ginting dengan baik. Ia mulai berani tampil lebih agresif dengan melancarkan smash keras ke arah Antonsen. Hasilnya cukup efektif. Ia terus mendulang poin dan memperlebar keunggulan atas pebulu tangkis asal Denmark dengan skor 16-12.

Ginting semakin percaya diri usai unggul jauh, tapi Antonsen terus memberikan perlawanan sengit dan tak mau membiarkan Ginting menang. Namun, usaha Antonsen akhirnya sia-sia, karena Ginting mampu menutup set pertama dengan keunggulan 21-18.

Antonsen langsung tancap gas saat memulai set kedua. Ia bermain lebih tenang dan tak banyak melakukan kesalahan. Sebaliknya, Ginting beberapa kali melakukan kesalahan sendiri yang memberikan poin cuma-cuma untuk Antonsen. Ia pun harus tertinggal 5-8 di awal set kedua.

Tertinggal tiga angka membuat Ginting balik tertekan. Hal itu membuat Antonsen bisa mengembangkan permainan. Ia berhasil melepaskan beberapa pukulan yang sangat sulit dikembalikan Ginting. Walhasil, tunggal putra ranking ketiga dunia itu pun mampu menutup interval set kedua dengan keunggulan 5-11.

Ginting sebetulnya sudah berusaha untuk memperpendek jarak poin dengan Antonsen. Ia sempat mengubah kedudukan menjadi 15-19. Namun, usahanya tak berjalan dengan baik. Ginting pun harus menyerah dalam pertarungan 25 menit di set kedua ini dengan skor 15-21. Sehingga duel harus lanjut ke set tiga.

Pada set penentu, Ginting justru langsung tertinggal 6-3 dari Antonsen. Namun, kondisi itu tak membuat ia tertekan. Ia justru perlahan mulai memperpendek kertertinggalan 8-9. Hanya saja, Antonsen tetap bisa menutup interval set penentu dengan skor 9-11.

Ginting semakin tertinggal di waktu krusial. Ia dua kali gagal menambah poin karena smash-nya harus masih keluar dari bidang lapangan. Sebaliknya, otomatis poin lawannya terus bertambah. Walhasil, Antonsen sempat unggu 11-14 dari Ginting.

Perlahan, satu-satunya wakil Indonesia di tunggal putra bangkit. Ginting pun berhasil menemukan kembali ritme permainannya. Tak disia-siakan, ia pun terus memanfaatkannya dengan menyerang Antonsen. Hasilnya, Ginting berbalik unggul menjadi 16-14.

Antonsen tak mau menyerah, ia terus berusaha kembali mengejar ketertinggalan di set penentu. Sebaliknya, Ginting tak mau memberi “napas” kepada lawannya itu untuk mengejar ketertinggalan. Ia pun konsisten terus menekan Antonsen dan memastikan kemenangan pada set penentu dengan skor 21-18.

Kemenangan atas Antonsen membuat Ginting dipastikan melangkah ke babak
semifinal tunggal putra OIimpiade Tokyo 2020. Ia menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berpeluang menembah medali di cabang olahraga badminton, setelah ganda putri yang diwakil Greysia Polii/Apriyani Rahayu sudah memastikan bakal mengamankan satu medali.

Baca Juga: Terhenti di Semifinal Olimpiade, The Daddies: Lawan Sangat Menekan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya