Fajar/Rian Kalah, Indonesia Pulang Tanpa Gelar di India Open 2023

Tak ada wakil Indonesia yang tersisa di ajang ini

Jakarta, IDN Times - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melangkah ke final India Open 2023. Berhadapan dengan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pasangan nomor satu dunia ini harus menyerah melalui rubber game 11-21, 21-15, 21-16.

Tampil di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Sabtu (21/1/2023), Fajar/Rian bermain solid sejak gim pertama dimulai. Tak ada kesulitan berarti yang didapat pasangan tanah air ini dari Chia/Soh. Mereka sudah unggul jauh 1-5 atas wakil Malaysia tersebut.

Permainan mereka semakin tak terbendung. Beberapa poin berhasil direbut dengan mudah. Hal itu membuat Fajar/Rian mampu unggul pada interval gim pertama dengan skor 3-11.

Kondisi tak banyak berubah usai jeda. Fajar/Rian masih begitu dominan hingga unggul 5-13. Kesalahan yang acap dilakukan Chia/Soh pun turut membuat poin yang didapat wakil Indonesia terus bertambah. Mereka pun mampu unggul telak di gim pertama dengan skor 11-21.

Memasuki gim kedua, Chia/Soh tampil lebih tenang. Mereka perlahan bisa mengimbangi permainan cepat yang terus diperagakan Fajar Rian. Terbukti, mereka hanya tertinggal 4-5 saat duel kali ini dimulai.

Fokus Fajar/Rian mulai hilang. Terlebih, Chia/Soh mampu meningkatkan ritme permainannya dan memberikan pukulan-pukulan keras dan tajam. Mereka pun bisa berbalik unggul atas Fajar/Rian di interval gim kedua dengan skor 9-11.

Chia/Soh semakin di atas angin usai jeda. Mereka mulai bisa unggul jauh atas Fajar/Rian yang permainannya drop di gim ini. Dengan mudah ganda putra Malaysia itu unggul 15-9.

Tak bisa bangkit, Fajar/Rian terlihat bingung untuk bisa mengimbangi permainan lawannya. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Chia/Soh untuk bisa merebut gim kedua dengan kemenangan 21-15. Alhasil, duel harus dilanjutkan melalui rubber game.

Memasuki gim penentu, Fajar/Rian bermain lebih sabar. Mereka mampu meladeni permainan cepat yang ditunjukkan Chia/Soh dalam duel ini. Saling kejar-kejaran angka, kedua pasangan ini berbagi poin 5-5.

Chia/Soh yang bermain lepas, kembali bisa unggul. Mereka pun bisa menutup interval gim penentu dengan skor 11-7.

Fajar/Rian sempat mengubah permainan dengan mengajak Chia/Soh duel di depan net. Hal itu beberapa kali bisa menghasilkan angka hingga mereka tertinggal tiga poin saja jadi 12-15. 

Fajar/Rian terus berusaha menambah poin untuk mengejar Chia/Soh menjadi 14-16, tetapi mereka kembali kehilangan ritme permainan hingga kembali tertinggal jauh. Gim penentu ini ditutup dengan baik oleh Chia/Soh yang akhirnya menang dengan skor 21-16.

Kekalahan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik, memastikan Indonesia pulang tanpa gelar di India Open 2023. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga sudah kalah dari lawannya.

Baca Juga: Axelsen Dominan, Sikat Jonatan Christie di Semifinal India Open 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya