[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XX

Benhur Tomi Mano ingin perkenalkan kopi Papua

Jayapura, IDN Times - Kota Jayapura, tepatnya di kawasan Terminal Mesran, Jalan Koti,  begitu riuh. Kemacetan sesekali terjadi akibat mobil yang berhenti untuk mencari parkir. Hal itu tak lepas dari festival kopi yang berlangsung sejak 3 hingga 9 Oktober 2021.

Pada saat hari terakhir, Sabtu (9/10/2021), festival itu begitu ramai. Terlebih, beberapa pejabat seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum KONI Marciano Norman, hingga Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, hadir langsung dalam ajang tersebut.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi, membuat para penghuni stand yang diisi 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sedikit tersenyum. Terlebih, banyak pelancong yang datang untuk membeli buah tangan dari Papua. Tak hanya kopi, kerajinan khas wilayah ini pun tak lepas dari incaran.

Benhur yang datang langsung merasakan riuhnya festival kopi tersebut, semringah melihat masyarakat yang berbondong-bondong hadir. Menurut dia, ajang ini sangat penting untuk menunjukkan Papua juga diisi anak muda kreatif yang bisa mengubah produk lokal begitu berharga.

"Saya perkenalkan juga kopi Papua dalam festival ini. Saya sebetulnya mau ini berakhir pada 15 Oktober, tapi kondisi situasi keuangan kami, hanya sampai hari ini ," kata Ketua Umum Persipura ini, kepada awak media. 

Terlepas dari selesainya ajang ini, masyarakat Papua harusnya bangga. Apalagi, banyak produk yang dijual dan mendapatkan apresiasi tinggi dari pembeli. Hal itu setidaknya bisa jadi ajang promosi jika Papua itu kaya akan segala hal.

Untuk melihat keseruan dalam festival kopi, berikut ramainya ajang tersebut yang didokumentasikan IDN Times langsung dari Jayapura.

Baca Juga: PON Papua: Atlet Tinju DKI Baku Hantam dengan Relawan

1. Kopi jadi primadona millenials di PON XX Papua

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXAcara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Tata Firza).

2. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendatangi tenant milik mama-mama penjual kopi dan berbagai makanan lainnya

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXMenpora Zainudin Amali dalam acara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Ilyas Mujib).

3. Kopi susu Papua jadi yang digandrungi kawula muda

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXAcara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Tata Firza).

Baca Juga: PON XX Papua 2021, Jateng Peroleh 18 Emas Jateng, Target Masih Jauh 

4. Benhur Tomi Mano bakal membiarkan tenant tetap berjualan hingga PON XX Papua berakhir pada 15 Oktober 2021

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXBenhur Tomi Mano saat menghadiri acara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Tata Firza).

5. Seorang mama-mama sedang menjajakan pernak-pernik asli Papua, seperti noken, hingga kalung atau aksesoris taring babi

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXSeorang mama sedang berjualan dalam acara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Tata Firza).

6. Bank Indonesia ikut mendukung pergerakan UMKM untuk menjadi penopang utama penggerak ekonomi di Papua

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXAcara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Tata Firza).

7. Ketum KONI dan Menpora ikut meramaikan festival kopi yang masuk dalam rangkaian kegiatan PON XX Papua 2021

[FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XXKetum KONI, Marciano Norman dan Menpora, Zainudin Amali, saat menghadiri acara penutupan festival kopi di sekitar Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura (IDN Times/Ilyas Mujib).

Baca Juga: Cabor Dayung Sumsel Tambah Medali Perunggu di PON Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya