3 Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final All England

Hendra/Ahsan susul Kevin/Marcus menang di babak 16 besar

Jakarta, IDN Times - Tiga Pasangan ganda putra Indonesia dipastikan melaju ke babak perempat final All England 2022. Status itu dipastikan usai ketiganya tampil apik dengan mengalahkan lawan-lawannya pada babak 16 besar ajang BWF World Tour Super 1000, Kamis (17/3/2022).

Pasangan muda, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjadi wakil pertama Indonesia yang memastikan diri melaju ke fase selanjutnya. Diikuti ganda putra terbaik dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Selanjutnya, satu tiket terakhir Indonesia ke babak perempat final diraih oleh Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan melalui duel sengit melawan pasangan asal China.

Bagiamana duel sengit yang dijalani ketiga pasangan Indonesia itu hingga masuk babak perempat final?

1. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana taklukan unggulan kedelapan

3 Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final All EnglandBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Thailand Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana mampu melaju ke babak perempat final All England 2022 usai mengalahkan ganda putra wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Berhadapan dengan unggulan kedelapan itu, pasangan muda ini tampil lepas hingga bisa menang tiga set dengan skor 24-22, 13-21, 21-17.

Sejak set pertama, mereka mampu memberikan tekanan kepada Ong/Teo. Kejar-kejaran skor terjadi hingga ganda putra indonesia ini bisa unggul 12-10. Namun, musuh terus memberikan perlawanan sampai memaksa duel dilanjutkan dengan deuce. Beruntung set pertama diamankan Fikri/Bagas dengan skor 24-22.

Memasuki set kedua, giliran Ong/Teo yang bisa menguasai jalannya pertandingan. Sebaliknya, pasangan Indonesia ini sedikit tertekanan dengan permainan menyerang wakil Malaysia. Hasilnya pun sudah bisa ditebak, Fikri/Bagas akhirnya menyerah dengan skor 13-21.

Setelah kehilangan set kedua, mereka justru bisa bangkit dalam gim penentu. Fikri/Bagas tampil taktis  hingga membuat Ong/Teo tampil limbung. Hal itu membuat wakil Indonesia ini mampu menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-17.

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon susah payah lolos ke perempat final

3 Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final All EnglandGanda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di Indonesia Masters 2021. (dok. Humas PP PBSI)

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang tampil di court berbeda, juga harus bekerja keras untuk memastikan lolos ke babak perempat final All England kali ini. Bagaimana tidak, mereka dipaksa bermain tiga set oleh wakil Jepang, Akira Koga/Taichi Saito. Beruntung duel ini dimenangkan pasangan yang dijuluki The Minions itu.

Kevin/Marcus telat panas saat memulai duel melawan Akira/Taichi. Mereka terlihta tak siap dan acap kali melakukan kesalahan sendiri. Hal itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh wakil Jepang dengan memenangkan set pertama dengan skor 15-21.

Selesai itu, Thee Minions tancap gas. Mereka mulai menemukan ritme permainan dalam duel ini. Namun, ganda putra Jepang tetap memberikan perlawanan gigih kepada Kevin/Marcus. Kejar-kearan poin terus terjadi hingga pasangan Indonesia menang 21-18.

Set penentu berjalan lebih tegang. Duel sengit tersaji dalam duel Kevin/Marcus kontra Akira/Taichi. Beruntung wakil tana air selalu unggul poin dalam gim penentuan. Sehingga, mereka bisa menutup duel ini dengan skor 21-18.

Baca Juga: Mulai Pekan Ini, 5 Fakta Menarik Pemain Indonesia di All England 2022

3. Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan lolos ke perempat final All England

3 Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final All EnglandIDN Times/PBSI

Sementara, pasangan gaek Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan juga harus menghadapi laga berat melawan pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan. Mereka bahkan dibuat ketar-ketir sejak duel dimulai pada set pertama. Hasilnya, Liu/Zhang bisa mencuri kemenangan dalam duel sengit di set pertama dengan skor 19-21.

Memasuki set kedua, Hendra/Ahsan mulai unjuk gigi. Walau lawan terus memberikan tekanan, ketenangan dan pengalaman pasangan yang dijuluki The Daddies ini sangat membantu. Mereka menutup set pertama dengan skor 21-17

Pada set penentu, Hendra/Ahsan tampil lebih baik. Mereka mulai bisa menguasai tempo permainan. Perlahan tapi pasti, keduanya bisa memenangkan set penentu dengan skor 21-14 dalam duel di babak 16 besar All England. 

4. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin belum main

3 Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final All EnglandLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin dalam simulasi Piala Thomas PBSI (Dok.IDN Times/PBSI)

Sebenarnya, Indonesia masih memiliki satu wakil lagi yang belum tampil pada babak 16 besar All England. Mereka adalah  Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang ditantang wakil China, Liu Yu Chen/Zhou Hao Dong (China). Namun, sampau berita ini diturunkan pasangan muda ini belum tampil.

Jika Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin bisa menang dalam laga nanti, tentu itu sangat bagus. Sebab, bakal ada empat ganda putra Indonesia yang bakal tampil di perempat final All England, selain Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan.

Baca Juga: Didominasi Jepang, Ini Daftar Lengkap Juara Bertahan All England

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya