Indonesia Master 2021, Anthony Ginting: Saya Punya Kenangan Manis

Anthony Ginting jadi juara dua kali di Indonesia Master

Jakarta, IDN Times - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, begitu antusias menyabut Indonesia Master 2021. Ia sudah tak sabar untuk bertarung dengan atlet-atlet top dunia dalam ajang yang sempat vakum tahun lalu akibat pandemik COVID-19.

Indonesia Master 2021 sendiri recananya bakal mulai digulirkan mulai 16-21 November 2021. Ajang BWF World Tour Super 750 ini dipastikan berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Badung.

“Buat saya, Indonesia Master 2021 merupakan turnamen favorit. Saya punya kenangan manis, karena meraih dua gelar juara,” kata Ginting kepada awak media dalam konferensi pers, Rabu (3/11/2021).

1. Meraih juara dua kali di Indonesia Master 2021

Indonesia Master 2021, Anthony Ginting: Saya Punya Kenangan Manisbadmintonindonesia.org

Jika bicara prestasinya, Ginting bisa dibilang spesialis di ajang ini dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018 silam, pebulu tangkis asal Cimahi ini berhasil merebut gelar di nomor tunggal putra usai mengandaskan wakil Jepang, Kazumasa Sakai, dua set langsung 12-21, 12-21.

Setahun berselang, ia gagal mempertahankan gelar tersebut lantaran harus terhenti di babak perempat final. Kala itu, tak ada satupun wakil Indonesia yang berhasil melaju ke final. Anders Antonsen (Denmark) yang keluar sebagai pemenang tunggal putra.

Setahun berselang, Ginting kembali keluar sebagai juara di ajang ini. Pada Indonesia Master edisi 2020, ia berhasil mengalahkan Antonsen di final dalam duel tiga set, 17-21, 21-15, 21-9.

Baca Juga: 300 Atlet Top Dunia Mentas di Indonesia Master, Ada Axelsen dan Momota

2. Ginting masih harus menjalani pemulihan usai tur Eropa

Indonesia Master 2021, Anthony Ginting: Saya Punya Kenangan ManisAnthony Sinisuka Ginting ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Kali ini, Ginting pun punya keinginan meraih prestasi serupa di Indonesia Master 2021. Hanya saja, ia masih harus terus memulihkan kondisi fisiknya lebih dulu. Walau mengaku sudah siap bertanding, Ginting sempat menderita cedera pinggang yang membuatnya mundur di Denmark Open dan French Master.

“Minggu ini saya berada di Pelatnas dan mulai latihan lagi usai menyelesaikan karantina minggu sebelumnya, untuk melakukan pemulihan pasca-tur Eropa. Menang ada beberapa kendala, tapi kondisi saat ini terus membaik dan berdoa semoga lebih baik lagi dari sebelumnya,” ujar Ginting.

Ia pun saat ini mengakui jika segala persiapan sudah berjalan dengan baik. Ia optimistis bisa berbicara banyak di ajang ini, karena masih punya waktu dua pekan untuk mematangkan diri.

3. Bakal bersaing dengan pemain top dunia

Indonesia Master 2021, Anthony Ginting: Saya Punya Kenangan ManisTwitter.com/@INABadminton

Terlepas dari itu, keinginan Ginting untuk mempertahankan gelar juara Indonesia Master pada nomor tunggal putra akan lebih sulit tahun ini. Apalagi, beberapa pebulu tangkis kenamaan yang juga sedang dalam kondisi terbaiknya dipastikan ambil bagian untuk ikut bersaing.

Pebulu tangkis peringkat pertama BWF, Kento Momota (Jepang) sudah memastikan diri untuk mentas di ajang yang naik kelas jadi BWF World Tour level Super 750 setelah sebelumnya menyandang status Super 500. Selain dia, ada juga peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo, Victor Axelsen.

Namun demikian, hal itu tak membuat nyali Anthony Sini suka Ginting ciut. Sejauh ini ia siap bertanding dan tak sabar untuk beraksi di ajang Indonesia Master 2021 yang bakal dihelat di Pulau Dewata. 

Baca Juga: Anthony Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari French Open 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya