Joan Mir Dirumorkan ke Yamaha Jelang MotoGP Qatar 2022

Joan Mir tak tunjukan gelagat tertarik bertahan di Suzuki

Jakarta, IDN Times - Rumor mengenai perpindahan pembalap semakin memanas jelang dimulainya MotoGP 2022. Kali ini, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir diisukan tengah diincar Yamaha Monster Energy

MotoGP musim ini sendiri dijadwalkan bakal dimulai akhir pekan nanti atau pada Minggu, 6 Maret 2022. Sirkuit Losail bakal jadi venue pembuka dalam balapan seri pertama GP Qatar.

Dalam laporan jurnalis DAZN, Ricard Jove, Joan Mir bahkan dikabarkan bakal bergabung dengan Yamaha pada 2023. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan dari kedua kubu terkait rumor itu.

1. Jurnalis DAZN menyebut Yamaha sudah berkontak dengan Joan Mir.

Ricard yang membuat sebuah utas di Twitter pribadinya, dengan yakin menyebut jika Joan Mir sudah melakukan kontak dengan Yamaha. Namun demikian, dia tak tahu siapa yang memulai pendekatan itu. 

Yang pasti, dia menyebut jika Yamaha melakukan berbagai opsi untuk mencari pembalap baru, karena terancam kehilangan juara MotoGP musim lalu, Fabio Quartararo.

“Mir sempat mengungkapkan bahwa masa depannya terbuka. Namun, dia masih hati-hati dan tak akan keluar sebelum mencoba motor baru di tes pra-musim,” cuit dia di Twitternya.

Baca Juga: Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 Ribu

2. Yamaha mencari suksesor Fabio Quartararo

Joan Mir Dirumorkan ke Yamaha Jelang MotoGP Qatar 2022Quartararo saat balapan di GP Prancis (motogp.com)

Isu soal kepindahan Mir ke Yamaha tak lepas dari tarik ulur negosiasi Yamaha dengan  Quartararo. Pembalap asal Prancis itu sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan bertahan. Dia dikabarkan tak puas dengan performa motor YZR-M1 yang bakal ditungganginya.

Hal itu jelas membuat Yamaha keder. Padahal, kontrak Quartararo di pabrikan tersebut habis usai MotoGP musim 2022 berakhir.

Mereka pun saat ini masih melakukan komunikasi secara intens dengan Quartaroro. Namun demikian, Yamaha juga mencoba untuk mendekati Mir jika Quartararo benar-benar harus pergi.

3. Joan Mir juga diisukan bakal merapat ke Honda

Joan Mir Dirumorkan ke Yamaha Jelang MotoGP Qatar 2022Joan Mir lambaikan tangan ke penonton GP San Marino (motogp.com)

Kedekatan Joan Mir dengan Yamaha ini terang saja mengagetkan publik. Walau dia sudah menunjukkan gelagat ingin pergi dengan alasan gagal mempertahankan gelar juara dan perforrma yang jeblok musim lalu, Joan Mir justru ramai diisukan bakal merapat ke Repsol Honda.

Dia diproyeksikan sebagai pengganti Marc Marquez yang mengalami cedera panjang dan belum bisa kembali ke performa terbaiknya. Ataupun jika Marquez kembali prima, dia direncanakan datang untuk menggantikan Pol Espargaro.

Kini, semua pencinta balapan motor paling elite dunia itu banyak yang menerka-nerka soal keputusan Joan Mir. Namun demikian, itu masih sebatas isu, karena dia masih belum memutuskan bertahan di Suzuki, pindah ke Yamaha, atau Honda.

Baca Juga: Joan Mir: Balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika Akan Monoton

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya