Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023

Absennya Axelsen menguntungkan kontestan lainnya

Jakarta, IDN Times - Beberapa pebulu tangkis memilih mundur di ajang Indonesia Masters 2023, salah satunya Viktor Axelsen. Hal itu sedikit menguntungkan karena langkah tunggal putra tanah air bakal sedikit lebih ringan.

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menurunkan tujuh atlet di nomor tunggal putra. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto (kualifikasi), Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (kualifikasi), Cristian Adinata (kualifikasi).

Tentu ini jadi momentum yang bagus untuk Ginting dan Jonatan, yang notebene jadi unggulan untuk bisa meraup gelar juara. Apalagi, mereka tampil di hadapan publik sendiri yang dipastikan bakal ramai disaksikan suporter.

1. Langkah Ginting dan Jonatan bakal lebih mudah dengan absennya Axelsen

Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023Anthony Sinisuka Ginting amankan tiket final Indonesia Masters 2020

Axelsen adalah juara bertahan di Indonesia Masters 2023. Tak hanya itu, dominasinya di pelbagai turnamen dalam satu tahun terakhir ini membuat banyak pesaingnya sulit untuk mendapatkan gelar. Alhasil, ketika dia absen, kesempatan emas pun didapat tunggal putra yang mentas nantinya.

Kans Ginting dan Jonatan untuk merebut gelar Indonesia Masters edisi kali ini tentu terbuka lebar. Usai tampil baik di India Open 2023, grafik permainan mereka terus meningkat. Terbukti keduanya bisa melaju sampai ke semifinal sebelum dikalahkan lawan-lawannya.

Namun demikian, Ginting dan Jonatan harus bisa menghadapi pesaing berat lainya dalam perburuan gelar nanti. Sebab, masih ada tunggal putra papan atas yang ambil bagian seperti Lee Zii Jia (Malaysia), Chou Tien Chen (Taiwan), hingga juara India Open 2023 yang tampil mengejutkan dengan mengalahkan Axelsen, Kunlavut Vitidsarn.

Tantangan itu sebetulnya bisa dipatahkan Ginting dan Jonatan. Syaratnya, mereka bisa menunjukkan penampilan terbaiknya dalam ajang ini. Sebab secara statistik lawan-lawan tersebut relatif lebih bisa diimbang ketimbang Axelsen. 

Baca Juga: Viktor Axelsen Mundur dari Indonesia Masters 2023!

2. Jonatan merasakan sulitnya hadapai Axelsen

Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023IDN Times/PBSI

Jonatan tentu bakal merasa diuntungkan dengan absennya Axelsen. Maklum, dia merasakan bagaimana sulitnya menghadapi tunggal putra asal Denmark itu di semifinal India Open 2023. 

"Saya akui, Viktor memang jauh lebih baik. Untuk bisa mendapatkan satu poin saja, sangat susah," kata pria yang kerap disapa Jojo ini dalam rilis PBSI.

"Saya akan recovery dulu, apalagi sampai Jakarta hari Senin dan Selasa sudah turun bertanding. Saya harus bersiap lagi," lanjut dia.

Sementara, walau diuntungkan, Ginting ternyata memiliki sedikit masalah. Dia mengaku cukup kelelahan usai menjalani jadwal padat di dua turnamen sebelumnya. Namun demikian, dia berjanji segera melakukan recovery dan menikmati pertandingan untuk bisa meraih hasil terbaik dalam ajang nanti. 

"Saya akan fokus ke diri sendiri, menjaga performa karena kekuatan otot tidak bisa ditingkatkan atau digeber lagi," kata Ginting.

3. Atlet muda juga berpotensi tampil mengejutkan di Indonesia Masters 2023

Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023Christian Adinata dalam simulasi Piala Thomas PBSI (Dok.IDN Times/PBSI)

Jangan lupakan para pemain muda yang mendapatkan kesempatan tampil di Indonesia Masters 2023. Chico Aura Dwi Wardoyo bisa saja membuat kejutan andai tampil dengan kemampuan terbaiknya.

Tak hanya itu, pemain seperti Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (kualifikasi) dan Cristian Adinata (kualifikasi), juga punya potensi yang sama saat tampil nanti.

Namun, tumpuan tentunya ada di pundak Anhony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sendiri untuk bisa juara di negeri sendiri. Maklum keduanya punya modal lebih bagus ketimbang wakil Indonesia lainnya di tunggal putra. Terlebih, Ginting pernah merasakan dua gelar juara Indonesia Masters.

Baca Juga: Daftar 23 Wakil Tanah Air di Indonesia Masters 2023!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya