4 Seri MotoGP Dibatalkan, Marc Marquez dan Rossi Sama-sama Rugi

MotoGP Qatar, Jerman, Belanda, Finlandia batal digelar 

Jakarta, IDN Times - Belum juga memulai balap, tiga seri MotoGP 2020 sudah dibatalkan. Ketika seri tersebut adalah MotoGP Jerman, MotoGP Belanda, dan MotoGP Finlandia.

Ketiga gelaran tersebut sejatinya digelar secara berurutan pada 21 dan 28 Juni dan 12 Juli 2020. Walhasil, semakin sedikit saja jumlah seri MotoGP musim ini.

Sebelumnya MotoGP seri Qatar juga telah dibatalkan. Alasannya sama: pandemik virus corona.

1. CEO Dorna umumkan langsung tiga seri MotoGP musim ini batal

4 Seri MotoGP Dibatalkan, Marc Marquez dan Rossi Sama-sama Rugimotogp.com

CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, yang menyatakan langsung jika MotoGP seri  Jerman,  Belanda, dan  Finlandia tak bisa digelar musim ini. Menurut dia, pihaknya dengan berat hati mesti mengambil keputusan tersebut walau semuanya terbilang penting di kalander MotoGP.

"MotoGP seri Jerman punya trek yang unik. Sachsenring punya sejarah yang hebat dan KymiRing adalah venue baru yang menarik untuk menyambut kembali GP Finlandia sejak 1982," kata Azpeleta dikutip dari laman resmi MotoGP.

2. Bos Dorna sebut ketiga seri MotoGP penting dalam kalendernya

4 Seri MotoGP Dibatalkan, Marc Marquez dan Rossi Sama-sama RugiMalam Ini, Tonton Live Streaming MotoGP Catalunya

Selain itu dia juga menyinggung trek ikonik Sirkuit Assen. Sangat di sayangkan MotoGP musim ini tak akan menggelar balapan di sana. Padahal, sirkuit tersebut merupakan satu-satunya sirkuit yang tak pernah absen jadi tuan rumah MotoGP sejak ajang balapan ini dihelat pada 1949.

"Kami begitu berharap bisa  kembali menggelar balapan di Sirkuit Sachsenring dan Assen pada ajang MotoGP 2021. Serta kami juga ingin merasakan debut MotoGP di Sirkuit KymiRing pada musim depan," ujar Ezpeleta.

3. Sirkuit Sachsenring merupakan favorit Marquez

4 Seri MotoGP Dibatalkan, Marc Marquez dan Rossi Sama-sama Rugimotogp.com

Terang saja, dengan dibatalkannya tiga seri ini jadi sebuah kerugian bagi para pembalap, terutama Marc Marquez dan rival utamanya Valentino Rossi. Maklum, dua dari tiga seri yang dibatalkan merupakan track favorit keduanya.

Marc Marquez misalnya kehilangan jaminan poin yang selalu dihasilkan di sirkuit Sachsenring. Bagaimana tidak, sejak 10 tahun terakhir, pembalap tim Repsol Honda ini tak pernah absen jadi yang tercepat.

4. MotoGP 2020 tinggal sisakan 16 seri

4 Seri MotoGP Dibatalkan, Marc Marquez dan Rossi Sama-sama Rugi.motogp.com

Adapun bagi Rossi,  Sirkuit  Assen tak kalah penting,  sebab setiap balapan di tempat itu, Rossi bisa dibilang sebagai salah satu pembalap tersukses yang tercatat di sana, dengan rincian meraih 10 kemenangan dan dua di antaranya diraih di kelas bawah MotoGP.

Sirkuit KymiRing juga tak kalah penting baik bagi Rossi maupun Marquez. Keduanya baru menjalani debut perdananya jika seri Finlandia ini jadi digelar musim ini. Namun, semuanya akhirnya sirna karena wabah corona.

Dengan dibatalkannya empat seri MotoGP, mulai dari Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia maka edisi kali ini jadi salah satu yang paling sedikit menggelar balapan. Sebab, MotoGP 2020 hanya akan menggelar 16 balapan saja di kelas utama.

Baca Juga: Alex Marquez Berhasil Menang di Seri Pertama MotoGP Virtual Race

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya