PON XX Papua: Cabor Bulu Tangkis Bertabur Pemain Pelatnas

DKI Jakarta dan Jawa Barat dihuni banyak pemain pelatnas

Jayapura, IDN Times - Cabang olahraga bulu tangkis PON XX Papua, baru memulai pertandingan pada Selasa (5/9/2021). Diawali babak penyisihan, pertandingan bakal dilangsungkan di GOR Waringin, Kota Jayapura.

Hari pertama cabang olahraga ini bakal dimulai dengan pertandingan nomor beregu putra dan putri. Pertandingan itu sendiri bakal berlangsung sejak pukul 09.00-14.00 WIT.

Baca Juga: Bek Persija Raih Emas di PON Papua 2021 dari Muay Thai!

1. Laga pertama babak penyisihan nomor putra dan putri

PON XX Papua: Cabor Bulu Tangkis Bertabur Pemain PelatnasRuselli Hartawan berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Di babak penyisihan hari pertama nomor putra, tuan rumah Papua akan menantang Jawa Barat. Sementara di lapangan lainnya ada Jawa Tengah yang bersua dengan Papua Barat.

Sementara, di nomor beregu putri, Bengkulu bakal berhadapan dengan lawan kuat DKI Jakarta. Sedangkan tuan rumah, akan berhadapan dengan Maluku Utara.

Baca Juga: Jadi Ikon PON XX 2021, 10 Potret Seru Raffi Ahmad saat Sambangi Papua

2. Banyak pemain pelatnas tampil di PON XX Papua

PON XX Papua: Cabor Bulu Tangkis Bertabur Pemain PelatnasLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di turnamen Thailand Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Pada cabang olahraga bulu tangkis, tercatat sejumlah nama pemain pelatnas terdaftar di ajang ini. Tentu DKI Jakarta dan Jawa Barat jadi kontingen yang banyak dihuni pemain-pemain berstatus tersebut di PON XX kali ini.

Untuk nomor putri misalnya, DKI Jakarta diperkuat nama-nama seperti Ruselli Hartawan hingga Stephanie Widjaja. Sementara, pada nomor putra, Syabda Perkasa Belawa hingga Alvi Wijaya Chairullah jadi kekuatan Jawa Barat.

Namun, ada beberapa pemain yang batal tampil pada ajang ini, termasuk Leo Rolly Carnando/Daniel Martin(Jawa Tengah). Mereka diproyeksikan tampil di Piala Thomas sehingga batal mentas di PON XX Papua.

3. Sebanyak tujuh medali diperebutkan di cabor bulu tangkis

PON XX Papua: Cabor Bulu Tangkis Bertabur Pemain PelatnasIlustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Total, sebanyak tujuh medali yang bakal diperebutkan di cabang olahraga bulu tangkis. Dua medali akan diperebutkan di nomor beregu. Sementara, lima di nomor perorangan, dengan rincian tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Sebanyak 12 tim pada nomor beregu putra dan putri bakal tampil sejak babak penyisihan. Masing-masing dibagi dalam empat pool dengan sistem setengah kompetisi. Dua tim teratas bakal langsung melaju ke fase gugur nantinya.

Dijadwalkan, bulu tangkis nomor beregu dimulai pada 5-9 Oktober 2021. Sementara, nomor perorangan dimulai pada 10-13 Oktober 2021.

Baca Juga: PON XX Papua: Disambut Prokes Ketat Sejak Mendarat di Jayapura

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya