Comscore Tracker

PON XX Papua: Tersisa 32 Emas Buat Diperebutkan

Jawa Barat sudah mengoleksi 125 emas di PON Papua

Jayapura, IDN Times - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sudah memasuki babak akhir. Kini, tinggal 32 medali lagi yang bakal diperebutkan berbagai kontingen untuk menentukan siapa juara umum ajang empat tahunan ini. 

Beberapa cabang olahraga yang bakal memperebutkan medali emas, yakni karate, softball, renang, loncat indah, rugbi seven, sepak bola, selam-laut, angkat berat, terjun payung, atletik, biliar, bola tangan, basket 3x3, hingga gulat dalam pertandingan yang dijadwalkan Kamis (14/10/2021).

Tentu, tiga tim teratas yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta, bakal berusaha keras merebut beberapa nomor lagi. Hal itu untuk memastikan mereka bisa menjadi juara umum.

1. Gulat dan karate masih memperebutkan beberapa emas

PON XX Papua: Tersisa 32 Emas Buat DiperebutkanPertandingan cabang olahraga karate di PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Cabang olahraga gulat, akan memperebutkan tiga emas terakhir. Jatim berpeluang meraih tiga emas, karena tiga wakil mereka berada di final, masing-masing di kelas 87 kilogram, 97 kilogram, dan 130 kilogram. Namun, Jabar juga punya peluang menambah emas di sini, sebab dua wakil mereka turun di babak final.

Sementara, untuk karate, ada dua medali lagi yang bakal diperebutkan. Ada nomor kumite putra dan putri yang bakal dipertandingkan di hari terakhir cabang olahraga Olimpiade ini. 

Jabar punya peluang besar meraih emas di sini. Sandy Firmansyah yang turun di kelas +84 kilogram, bakal mentas bersama koleganya di nomor kumite putra. Walhasil, mereka punya peluang besar untuk menang.

Baca Juga: Final Bulu Tangkis PON Papua: Pembuktian Atlet Pelatnas

2. Peluang Jabar juara umum makin terbuka

PON XX Papua: Tersisa 32 Emas Buat DiperebutkanPeraih Medali Emas cabor Renang 200m Gaya Dada Putra, Gagarin Nathaniel Yus dari DKI Jakarta (tengah), mencatatkan rekor anyar di PON XX Papua. (IDN Times/Tata Firza).

Jika melihat kondisi ini, Jabrat tentu paling berpeluang menjadi juara umum. Mereka sejauh ini sudah mengoleksi 333 medali, dengan rincian 125 emas, 97 perak, dan 111 perunggu. 

Jumlah tersebut masih terpaut jauh dari Jawa Timur yang baru mengumpulkan 270, dengan rincian 106 emas, 86 perak, 78 perunggu.

Sementara, DKI Jakarta menguntit di belakang dengan raihan 282 medali. Walau perolehannya lebih banyak dari Jatim, mereka hanya bisa mengumpulkan 99 emas, 87 perak, dan 96 perunggu.

Sementara, Papua sudah aman berada di empat besar. Mereka sudah tak terkejar lagi posisinya dari kontingen yang satu strip berada di bawahnya, Jawa Tengah. Total, Papua mengumpulkan 87 emas, 60 perak, dan 99 perunggu.

3. PON XX Papua 2021 memperebutkan 681 emas

PON XX Papua: Tersisa 32 Emas Buat DiperebutkanPesepakbola putri Jawa Barat, Tia Darti Septiawati (biru) berebut bola dengan pesepakbola putri Papua Barat, Hein Naggewa (merah) dalam babak penyisihan grub A PON XX Papua di Stadion Katalpal, Merauke, Selasa (5/10/2021) (Foto : PB PON XX PAPUA/Feri Setiawan).

Pertandingan di PON XX Papua, sudah dimulai sejak 22 September 2021 lalu. Ajang ini direncanakan berakhir dan ditutup pada  15 Oktober 2021. Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dijadwalkan bakal hadir langsung dalam acara closing ceremony

Digelar di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, ada 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan, serta 11 cabor eksibisi. Sebanyak 7.039 atlet yang ikut serta untuk memperebutkan 681 medali emas.

Baca Juga: Jabar Butuh 10 Medali Emas untuk Menjadi Juara Umum PON Papua

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya