Sepak Takraw PON XX Papua Lahirkan Harapan Baru

Sulsel dan Gorontalo sama-sama raih dua emas di PON

Jayapura, IDN Times - Tim sepak takraw Sulawesi Selatan berhasil mengawinkan dua medali emas dalam nomor quadrant di PON XX Papua 2021. Tampil di GOR Trikora, Distrik Abepura, Jayapura, Sabtu (9/10/2021), tim putra dan putri tampil begitu matang.

Tim putri lebih dulu memastikan medali terbaik dalam ajang ini dengan mengandaskan DKI Jakarta. Walau berhadapan dengan unggulan, mereka tampil all out dengan meraih kemenangan tiga set 21-17, 21-11, 21-14.

Sementara, kategori putra dimenangkan Sulsel dengan mengandaskan Jawa Timur lewat kemenangan 2-1. Sempat unggul pada set pertama 2-1, skuad putra Sulsel ini dipaksa memainkan set penentu, usai set kedua mereka dikalahkan 22-24. Beruntung pada set ketiga mereka menang 21-10.

Baca Juga: PON XX Papua yang Tenang di Minggu Pagi

1. Sulsel samai perolehan medali Gorontalo yang meraih dua emas sepak takraw

Sepak Takraw PON XX Papua Lahirkan Harapan BaruTim voli Sulawesi Selatan berhasil mengawinkan dua medali emas di ajang PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Hasil ini membuat Sulsel meraih medali yang sama banyaknya dengan Gorontalo, dengan meraih dua emas lewat nomor regu putra dan double event putra. Sementara, Jawa Timur yang tampil dalam tiga nomor final, hanya berhasil menggondol satu emas di double putra.

Sisanya, satu emas masing-masing dibawa pulang oleh Jawa Tengah (regu putri), DKI Jakarta (double tim putri), dan Jawa Barat (double event putri).

Dengan berakhirnya final yang ditutup dengan kegemilangan Sulsel, maka resmi sudah pertandingan di cabang olahraga sepak takraw rampung di ajang PON XX ini. 

2. KONI puji kualitas atlet sepak takraw PON XX Papua

Sepak Takraw PON XX Papua Lahirkan Harapan BaruTim voli Sulawesi Selatan berhasil mengawinkan dua medali emas di ajang PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Ketua Umum KONI, Marciano Norman, yang langsung hadir dalam pertandingan final, cukup senang melihat potensi para pemain muda sepak takraw daerah. Menurut dia, semua orang bisa melihat dan menilai bagaimana bagusnya tim-tim yang tampil dalam perebutan medali emas.

"Sepak takraw ini menarik, karena keahlian dari para pemainnya itu luar biasa. Bisa dilihat sendiri permainannya begitu bagus dan saya harapkan sepak takraw ini semakin maju,” kata Marciano kepada awak media. 

Baca Juga: [FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XX

3. Berharap jadi andalan Indonesia

Sepak Takraw PON XX Papua Lahirkan Harapan BaruIlustrasi: Atlet Sepak Takraw Putri Sulawesi Tengah berlatih serius di GOR Trikora Uncen, Sabtu (25/9). Dok. PB PON XX PAPUA/foto Ronald Sandewa

Melihat potensi yang ada, dia meminta federasi sepak takraw Indonesia (PSTI) untuk serius menggarap pembinaan berjenjang. Sebab, tak jarang olahraga ini dimainkan di ajang multievent seperti SEA Games hingga yang lebih bergengsi, Asian Games. 

"Dengan dimainkan di situ, saya berharap pengurus sepak takraw Indonesia bekerja keras menjadikan PON untuk menunjukkan kualitasnya, cabor ini patut dipertandingkan di multievent internasional. Sehingga peluang indonesia meraih medali di ajang multievent internasional semakin terbuka," ujar purnawirawan yang sudah berpangkat Letnan Jenderal itu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya