PON XX Papua yang Tenang di Minggu Pagi

Penyelenggara menghormati budaya ibadah Papua di Minggu pagi

Jakarta, IDN Times - Atmosfer panas PON XX Papua 2021 yang biasanya tersaji di hari sebelumnya tak tampak pada Minggu pagi WIB (10/10/2021). Suasana tenang di sekitar venue, karena memang menghormati budaya lokal yang biasa dijalankan pada Minggu pagi.

Penduduk Papua memang rajin beribadah ke gereja setiap Minggu, khususnya pagi hari. Ibadah ini sudah menjadi tradisi dan dihormati oleh seluruh elemen di Papua.

Maka dari itu, semua cabang olahraga di PON XX memutuskan buat meniadakan pertandingan pada pagi harinya.

Baca Juga: Nonton Langsung Pertandingan PON XX Papua Bisa Sambil Vaksin

1. Laga baru digelar siang hari

PON XX Papua yang Tenang di Minggu PagiAtlet muaythai putri Sulawesi Selatan Sri Eviyanti (kiri) saling memukul dengan atlet muaythai putri Kalimantan Timur Putu Fitri Herlina (kanan) pada pertandingan semifinal Muaythai Putri 43 kg PON Papua di Gor STT Gidi, Sentani, Papua, Jumat (1/10/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Laporan jurnalis IDN Times, Ilyas Listiyanto Mujib, menyatakan jika pertandingan ditiadakan hingga siang hari. Mayoritas warga Papua beraktivitas di gereja sejak pagi hingga siang.

Baru setelah makan siang, laga akan digelar kembali demi menjaga atmosfer kompetisi yang sudah tercipta.

2. Gulat cuma gelar satu laga

PON XX Papua yang Tenang di Minggu PagiTechnical Delegate Cabang Olahraga Gulat di PON XX Papua, Yahya Madjid, kasih arahan ke panitia pelaksana / Dokumentasi PB PGSI

Dari cabang olahraga gulat, pertandingan baru akan digelar pada pukul 11.30 WIB di GOR Head Sai, Merauke. Demi menghormati tradisi ibadah, timbang badan dan waktu laga pun dipercepat.

Laga pun cuma digelar sekali saja di cabor gulat, yakni pada kelas 76 kilogram gaya bebas putri. Pegulat naturalisasi yang membela Kalimantan Selatan, Natruznicu Roxana Andreaa, akan berlaga pada duel nanti. Dia akan berlaga dan diprediksi bisa meraih medali emas di kelasnya.

3. PON yang hadirkan berkah ke Papua

PON XX Papua yang Tenang di Minggu PagiKaryawan menunjukkan suvenir maskot PON Papua Kangpho dan Drawa dipusat oleh-oleh Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

PON masih akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Pada momen itu, di malam harinya akan digelar upacara penutupan.

Sejauh ini, PON masih memberikan warna tersendiri buat Papua. Gengsi Papua kian terangkat dengan berbagai budaya yang diperkenalkan kepada publik lewat PON.

Baca Juga: [FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XX

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya