Comscore Tracker

Super League Triathlon Digelar di Bali, Eks Juara Dunia Ambil Bagian

Ashita jadi atlet wanita Indonesia pertama di level dunia

Jakarta, IDN Times - Bali akan jadi tuan rumah ajang kualifikasi Liga Champions-nya triatlon, olahraga gabungan antara renang, sepeda, dan lari dalam kejuaran bertajuk  BCA Super League Triathlon 2020 yang akan dihelat di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali pada 3-5 April mendatang.

Juara dunia triatlon asal Australia Chris McCormack pun ambil bagian dalam ajang ini. Atlet gaek berusia 46 tahun itu sendiri merupakan atlet yang sudah malang melintang dengan prestasi mentereng, yakni juara dua kali Ironman World Championship (2007 dan 2010), serta jawara International Triathlon Union (ITU) jarak jauh 2012 lalu.

Ia pun sangat antusias untuk tampil di Pulau Dewata. "Saya sangat senang datang bisa kembali ke Indonesia. Terlebih, ajang tersebut tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan hari ulang tahun saya," kata pria yang kerap disapa Macca pada acara konferensi pers SLT, Kamis (20/2).

Baca Juga: Danau Toba Harus Jadi Tuan Rumah World Rally Championship 2022

1. SLT seri Bali bakal fokus pada kategori Triple Mix dan Eliminator

Super League Triathlon Digelar di Bali, Eks Juara Dunia Ambil BagianMantan juara dunia, Chris McCormack (kiri) dan atlet Indonesia Ashita Aulia Azzahra (kanan) akan tampil di kualifikasi SLT (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Pada tahun ini, SLT bakal fokus pada kategori Triple Mix dan Eliminator untuk kategori profesional. Pada saat berenang, peserta akan melalui jarak sejauh 300 kilometer, selanjutnya bakal pindah ke sepeda untuk menempuh jarak empat kilometer, serta terakhir mereka harus menyelesaikan lari sejauh 1,6 kilometer.

Pada sistem Triple Mix, akan ada tiga tahap yang akan dilalui, dimulai dari renang melalui jarak sejauh 300 kilometer, disusul bersepeda untuk menempuh jarak empat kilometer, dan harus menyelesaikan lari sejauh 1,6 kilometer.

Tahap satu dimulai dengan berenang, disusul bersepeda, dan diakhiri dengan berlari. Untuk tahap kedua akan dimulai dengan lari, kemudian bersepeda, dan berenang. Pada tahap terakhir, kompetisi dimulai dengan bersepeda, berenang, dan berlari.

2. SLT di Bali diharapakan bisa mengekspose talenta lokal

Super League Triathlon Digelar di Bali, Eks Juara Dunia Ambil BagianMantan juara dunia, Chris McCormack (kiri) dan atlet Indonesia Ashita Aulia Azzahra (kanan) akan tampil di kualifikasi SLT (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Pada format ini, triatlet diberi waktu jeda istirahat enam sampai sepuluh menit sebelum memulai tahap selanjutnya.

Format itu membagi ketiga balap itu merupakan upaya panitia dapat menarik lebih banyak peserta baru. Jika ditotal, catatan kilometer format Triple Mix mendekati kompetisi level sprint, yang mencatatkan berenang 750 meter, bersepeda 20 kilometer, dan berlari lima kilometer.

Oleh sebab itu, McCormack berharap para triatlet baru dapat menikmati kompetisi yang disajikan, terutama triatlet dari Asia yang punya momentum menunjukkan kebolehannya. Terlebih, ajang ini dihelat di Bali, tempat yang menguntungkan bagi atlet tuan rumah.

"Sebetulnya, SLT merupakan ajang untuk mengekspose talenta dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia untuk bisa berkompetisi sengit dengan triatlet dunia profesional, apalagai world series belum pernah di gelar di sini (Indonesia)," ujar McCormack.

3. Ashita Aulia Azzahra dipastikan turun dalam ajang SLT

Super League Triathlon Digelar di Bali, Eks Juara Dunia Ambil BagianMantan juara dunia, Chris McCormack (kiri) dan atlet Indonesia Ashita Aulia Azzahra (kanan) akan tampil di kualifikasi SLT (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Salah satu atlet triatlon Indonesia dipastikan ambil bagian dalam ajang ini. Dia adalah Ashita Aulia Azzahra, gadis 18 tahun yang bakal menjadi atlet putri Indonesia pertama yang tampil di ajang level dunia ini.

"Saya senang jadi wanita pertama di Indonesia yang lolos ke seri Championship. Tentu ajang ini berarti sekali buat saya, terlebih semuanya di lakukan di rumah sendiri. Pasti pertandingan nanti bakal menantang, tapi saya suka itu," ujar Ashita.

Selain rangkaian kompetisi triatlon, SLT juga akan dimeriahkan lomba lari 2,5 kilometer, 5 kilometer, dan 10 kilometer. Panitia pelaksana juga akan menyelenggarakan balap lari untuk anak-anak.

Tahun ini kualifikasi menuju Super League Triathlon diselenggarakan di 5 tempat. Setelah seri pertama di Bali, SLT kemudian bakal dilanjutkan di Salinas, Ekuador (24-26 April), Tempe, Arizona, AS (22-24 Mei), Poznan, Polandia (27-28 Juni), dan diakhiri di Ottawa, Kanada (4-5 Juli).

Baca Juga: Jelang Jakarta E-Prix 2020, Ini Hal-hal Baru dari Balap Formula E

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya