Comscore Tracker

Tim Panahan Indonesia Ditantang Amerika Serikat di Babak 16 Besar

Diananda dan Riau Ega diharapkan tampil maksimal

Jakarta, IDN Times - Tim panahan beregu campuran Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Hasil itu diraih usai para pemain Indonesia menyelesaikan babak ranking round di Yumenoshima Park, Tokyo, Jumat (23/7).

Indonesia yang diwakili Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha Salsabila berhasil menduduki peringkat ke-15 dengan perolehan 1.297 poin. Catatan itu tak lepas dari hasil yang cukup baik dilakukan keduanya saat mentas di babak perebutan peringkat.

Diananda bertengger di peringkat 40 dengan catatan 631 poin. Sementara, Riau Ega mampu menyelesaikan ranking round di peringkat ke-15 dengan raihan 666 poin. 

1. Riau Ega tak mau melihat siapa lawannya

Tim Panahan Indonesia Ditantang Amerika Serikat di Babak 16 BesarAtlet panahan Indonesia, Riau Ega Agatha (Instagram.com/@riauega)

Riau Ega yang bermain gemilang di fase ini sebetulnya sempat menempati peringkat kelima. Namun, posisinya gagal dipertahankan lantaran para pesaingnya mendapatkan hasil lebih baik di round ranking tadi siang. Alhasil, posisinya merosot ke peringkat ke-15 di akhir babak.

Namun, ia tak masalah dengan hal tersebut. Terlebih, para pemanah Indonesia juga masih melakukan adaptasi dengan kondisi di lokasi pertandingan. 

“Tidak ada masalah berarti, karena ini format baru. Jadi kami harus berjuang melewati babak eliminasi. Jadi saat masuk babak utama dan mengejar medali, kami tidak perlu melihat lawan lagi. Yang penting main bagus, lepas, dan semoga bisa memberikan yang terbaik,” kata Ega usai pertandingan.

Baca Juga: Hasil Lengkap Tim Panahan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

2. Pelatih tim panahan Indonesia beri apresiasi capaian atletnya

Tim Panahan Indonesia Ditantang Amerika Serikat di Babak 16 Besar

Pelatih Tim Panahan Indonesia, Permadi Satria Wibawa, memberikan apresiasi kepada anak asuhnya yang sudah mengeluarkan kemampuan terbaik di babak round ranking. Ia berharap para pemanah bisa terus menunjukkan peningkatan di pertandingan nanti.

“Menegangkan, tapi ini penampilan terbaik yang diberikan atlet-atlet kita. Kami tinggal fokus di babak berikutnya. Kami mohon doanya agar bisa memberikan yang terbaik,” ujar Permadi.

“Atlet akan kami jaga supaya tetap nyaman dan tenang agar tak ada hambatan dalam usaha meraih medali. Kami akan atur saat sesi latihan,” lanjut dia.

3. Bersua lawan kuat Amerika Serikat di babak 16 besar

Tim Panahan Indonesia Ditantang Amerika Serikat di Babak 16 BesarSejumlah atlet panahan mengambil anak panah dalam kualifikasi perorangan putri Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). (ANTARA/Sigid Kurniawan/aww).

Hasil ini membuat tim panah beregu campuran Indonesia bakal berhadapan dengan wakil Amerika Serikat, Mackenzie Brown dan Brady Ellison. Keduanya tampil sangat baik di round ranking dengan mengumpulkan 1.350 poin. Catatan itu membuat mereka bertengger di peringkat kedua untuk nomor beregu campuran.

Tim Indonesia memang bakal berhadapan dengan lawan yang kuat. Terlebih, salah satu atlet AS Brady Ellison merupakan pemanah yang dijuluki Koboi Arizona dengan segudang pengalaman. Ia sudah mengoleksi dua medali perak dan satu perunggu, serta menjadi juara di ajang internasional lainnya.

Indonesia dan AS bakal bertemu dalam duel yang digelar pada Sabtu (24/7) pukul 08.27 WIB. Jika salah satu tim memenangkan pertandingan, mereka akan langsung melaju ke babak perempat final, semifinal, hingga final perebutan medali Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar hari itu juga.

Baca Juga: Atlet Panahan Asal Bantul Wakili Indonesia di Olimpiade Tokyo  

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya