Comscore Tracker

Valentino Rossi Bisa Tunda Pensiun Demi MotoGP Mandalika

Rossi masih belum memutuskan untuk berhenti balapan

Jakarta, IDN Times - Masa depan Valentino Rossi diprediksi bakal berakhir di MotoGP 2021. Tapi, sebenarnya dia masih bingung karena penasaran untuk mengaspal dalam MotoGP Indonesia yang digelar di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, musim depan.

Sejauh ini, pembalap asal Italia itu masih belum menentukan bagaimana nasibnya musim depan.  Namun, dia masih menyimpan harapan bisa memacu kuda besi di hadapan para penggemarnya di Indonesia sebelum pensiun.

"Saya senang jika bisa balapan di 2022 dan datang ke Indonesia. Tapi, kami harus menunggu hasilnya, apakah masih bisa kompetitif musim depan. Maka, saat ini saya tidak bisa menjanjikan apa-apa selain berusaha untuk berada di sana pada 2022," kata Rossi kepada dikutip Crash.

Baca Juga: Bangkitnya Murid Valentino Rossi di MotoGP 2021

1. Ingin merasakan balapan di Sirkuit Mandalika

Valentino Rossi Bisa Tunda Pensiun Demi MotoGP MandalikaFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Rossi sudah cukup lama tak merasakan atmosfer balapan di Indonesia. Hal itu membuatnya begitu antusias menantikan balapan di Mandalika. Terlebih, sirkuit itu sangat baru dan termasuk yang cukup ikonik.

"Terlihat seperti trek dengan beberapa tikungan cepat, yang biasanya menyenangkan. Tetapi, untuk memahaminya dengan baik, kami perlu mencoba dengan motornya," ujar pembalap yang berhasil mengoleksi sembilan gelar juara dunia tersebut.

"Ini akan menuntut, karena Indonesia sangat panas. Saya balapan di Indonesia pada 1996 dan 1997. Saya ingat mungkin cuacanya lebih panas dari Malaysia! Tapi, lautnya sangat dekat. Jadi jika terlalu panas, kami akan pergi ke laut!" lanjut dia.

2. Valentino Rossi baru memutuskan masa depannya di pertengahan musim MotoGP 2021

Valentino Rossi Bisa Tunda Pensiun Demi MotoGP Mandalikamotogp.com

Rossi memastikan, keputusan terkait masa depannya baru akan ditentukan pada liburan musim panas. Dia masih ingin menikmati seri-seri yang bakal digelar untuk menunjukkan performa terbaiknya.

"Saya baru akan bicara dengan Petronas dan yamaha pada pertengahan musim nanti. Sebab, setelah sembilan balapan, kami memiliki jeda libur musim panas. Saya kira akan memutuskan untuk tahun depan dalam periode itu, setelah sembilan balapan berlangsung," terang Rossi.

Libur musim panas musim ini dimulai setelah balapan di sirkuit Assen, Belanda, pada 25 hingga 27 Juni 2021. Kemudian, bakal ada jeda beberapa pekan sebelum MotoGP Styria dihelat pada 6 sampai 8 Agustus 2021.

3. Masih bersama Petronas Yamaha atau VR46 musim depan?

Valentino Rossi Bisa Tunda Pensiun Demi MotoGP MandalikaValentino Rossi dan motor Yamaha Petronas SRT di musim 2021. motogp.com

Rossi saat ini semakin santer disebutkan bakal melanjutkan balapan musim depan. Dia bahkan tinggal melakukan pilihan mesin untuk berada di tim VR46 yang disponsori Aramco pada MotoGP 2022.

Hal ini menyiratkan, jika pembalap berusia 42 tahun itu masih punya beberapa pilihan untuk musim depan. Dengan kata lain, VR46 masih bisa menjadi tim satelit Yamaha dengan mengorbankan Petronas. Semuanya ada di tangan Rossi, apakah akan menjadi  bagian dari timnya sendiri tahun depan, bersama saudaranya Luca Marini, atau pensiun.

Sejauh ini, Rossi masih sulit bersaing di papan atas. Untuk menyelesaikan balapan dengan memacu motornya saja sudah cukup sulit. Jika hal itu tak berubah, bukan tak mungkin impiannya tampil di sirkuit Mandalika dalam ajang MotoGP 2022 gagal terwujud.

Baca Juga: Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino Rossi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya