Comscore Tracker

Valentino Rossi Segera Umumkan Pensiun dari MotoGP?

Performa dan usia Rossi sudah tak menunjang lagi

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari MotoGP. Pembalap legendaris, Valentino Rossi, diisukan bakal segera mengumumkan pensiun saat mengaspal di kandangnya, sirkuit Mugello, Italia musim ini.

Hal itu tak lepas dari performa Rossi yang semakin terpuruk. Jangankan bersaing di garis depan, Rossi sudah sangat sulit bisa bersaing hingga balapan selesai. Seri sebelumnya di Portugal, dia harus terjatuh dan tak bisa melanjutkan lomba.

Laporan La Gazzeta dello Sport menyebutkan, Rossi masih menunggu kepastian dari SRT Yamaha Petronas. Maklum, sang pembalap hanya diberi kontrak satu musim saja. Sehingga, besar kemungkinannya memilih untuk berhenti mengaspal.

Baca Juga: Melempem di MotoGP, Waktunya Pensiun Buat Valentino Rossi

1. Konflik batin Rossi

Valentino Rossi Segera Umumkan Pensiun dari MotoGP?motogp.com

Walau nasibnya berada di tangan tim Yamaha, Rossi masih merasa mampu membalap di MotoGP. Dia bahkan masih siap menjalankan setiap seri balapan musim depan jika masih diberi kepercayaan SRT Yamaha Petronas.

"Saya senang rasanya mendapatkan sensasi. Adrenalin saya meningkat jika melakukan balapan dengan baik atau menjadi pemenang," ujar Rossi.

2. Jeblok di tiga seri awal MotoGP 2021

Valentino Rossi Segera Umumkan Pensiun dari MotoGP?Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi saat terjatuh do MotoGP Prancis. (motogp.com).

Dalam tiga seri awal MotoGP 2021, Rossi ditimpa banyak masalah. Saat mengaspal di Qatar, dia harus dipusingkan dengan persoalan di ban motor yang kerap kehilangan daya cengkeram. Hal tersebut berpengaruh terhadap kecepatan motornya, sehingga kesulitan bersaing.

Sedangkan di Doha, saat masalah ban sudah teratasi dan konfigurasi elektronik di motornya sudah diperbaiki, Rossi justru memulai balapan dari posisi 21. Hal ini membuatnya kesulitan bersaing dengan pembalap lain dan harus puas finis di posisi 16.

Di MotoGP Portimao, Rossi sebenarnya mampu tampil baik. Pelan-pelan, usai start di posisi 17, dia merangkak naik ke posisi 10. Dia bahkan mampu menyalip Luca Marini dan Alex Marquez. Namun, entah apa yang terjadi, dia kehilangan kontrol terhadap motornya sehingga terkapar di tikungan 11.

Apakah memang sudah kesulitan bagi Rossi untuk bersaing di MotoGP musim ini? Atau, perlukah ada perbaikan yang dia lakukan untuk meningkatkan performanya.

3. Banyak yang sudah memintanya pensiun

Valentino Rossi Segera Umumkan Pensiun dari MotoGP?Valentino Rossi dan motor Yamaha Petronas SRT di musim 2021. motogp.com

Hal itu membuat beberapa pihak memintanya pensiun. Eks koleganya yang kini jadi legenda MotoGP, Marco Lucchinelli, meminta Rossi segera pensiun. Menurutnya, Rossi sudah puas dengan apa yang sudah dilakukan, terlebih usianya sudah renta.

"Saatnya pembalap muda tampil. Tak bermaksud merendahkan, sebetulnya sudah cukup dengan apa yang sudah dihasilkan, termasuk sembilan gelar MotoGP," kata Lucchinelli dikutip Speedweek.

Lucchinelli menyebut momentum Rossi sudah berakhir. Ia ingin pembalap gaek itu legawa memberikan kesempatan kepada pemain muda tampil di ajang balap motor paling elite dunia itu.

Baca Juga: Valentino Rossi Digerus Usia, Saatnya Pembalap Muda Tampil

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya