Comscore Tracker

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Berikut 4 Fakta Tim Indonesia

Indonesia telah lampaui target medali emas

Tinggal menghitung hari lagi Asian Games 2018 akan ditutup, tepatnya pada 2 September mendatang. Prestasi-prestasi membanggakan telah disumbangkan oleh atlet-atlet Indonesia. Masyarakat Indonesia juga begitu antusias mendukung para pahlawannya yang sedang berjuang untuk mengharumkan nama negerinya.

Banyak rangkaian fakta atau peristiwa menarik dari kontingen Indonesia yang telah terjadi di event olahraga empat tahunan ini. Berikut kami rangkumkan fakta menarik tersebut.

1. Indonesia lampaui target perolehan medali emas

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Berikut 4 Fakta Tim Indonesiatwitter.com/KEMENPORA_RI

Sebelum digelarnya Asian Games 2018, kontingen Indonesia dibebani target meraih 16 emas. Namun, target tersebut telah terlampaui. Kini, kontingen Indonesia telah mengumpulkan 24 emas. Capaian tersebut tentu membuat bangga masyarakat Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Dengam capaian tersebut Indonesia telah menempati posisi keempat, unggul tujuh emas dari peringkat kelima Iran. Sedangkan dengan posisi pertama yang ditempati China, Indonesia berjarak 66 keping emas.

2. Cabang pencak silat sumbang emas terbanyak

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Berikut 4 Fakta Tim IndonesiaIDN Times/Helmi Shemi

Dari sekian banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, pencak silat menjadi andalan Indonesia untuk mendulang emas. Terbukti, mereka menjadi olahraga yang menyumbang emas terbanyak dengan raihan delapan keping emas. Capaian tersebut membuat posisi Indonesia naik ke peringkat empat dan menjauhi Iran di tempat kelima.

Keberhasilan Indonesia tersebut bisa disebabkan banyak faktor. Satu di antaranya adalah olahraga ini merupakan asli Indonesia dan baru dipertandingkan pada Asian Games kali ini. Sehingga, atlet-atlet dari Indonesia begitu mendominasi di tiap nomor yang dipertandingakan.

Di peringkat kedua, cabang sport climbing atau panjang tebing yang menyumbang emas untuk kontingen Indonesia. Total, cabang ini menyumbang tiga emas. Berikutnya masih ada 137 emas yang akan diperebutkan dari total 457 medali emas.

Baca Juga: Ini Daftar Cabang Olahraga yang Berpeluang Meraih Medali Emas Hari Ini

3. Dua emas disumbangkan badminton

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Berikut 4 Fakta Tim Indonesiatwitter.com/INABadminton

Dengan bertelanjang dada, Jonathan Christie melepaskan kegembiraannya usai mengalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen, Selasa (27/8). Jojo, sapaan akrab Jonathan menang melalui rubber game dengan durasi waktu pertandingan 1 jam 10 menit. Dalam laga tersebut, pria 20 tahun ini menang 21-18, 20-22, 21-15. Raihan emas tersebut disambut suka cita oleh penonton yang hadir langsung di Istora Senayan.

Sementara emas kedua di cabang badminton disumbangkan dari nomor ganda putra yang diraih pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Menariknya, di partai final, mereka melawan pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Laga dimenangkan Marcus/Kevin dalam tiga set dengan angka 13-21, 21-18, dan 24-22. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengaku senang dengan perolehan dua emas tersebut. Pasalnya, capaian dua emas tersebut sudah melampau target yang dicanangkan. Sebelumnya PBSI hanya menargetkan satu emas. Hasil positif tersebut membuat capaian badminton Indonesia sedikit lebih baik dari Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan.

"Hasil ini melebihi target emas. Tidak ada yang juara satu di ganda putra karena menurut saya empat pemain ganda inilah juaranya. Meski bermain sesama pemain Indonesia, daya juang mereka sangat luar biasa,," katanya dikutip dari laman resmi PBSI, badminnon.org

4. Tim sepak bola kembali gagal capai target

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Berikut 4 Fakta Tim Indonesiatwitter.com/PSSI

Pada Asian Games kali ini, tim sepak bola putra Indonesia gagal mencapai target yang dicangkan. Tim asuhan Luis Mila tersebut gagal menembus semifinal usai tumbang dari Uni Emirat Arab melalui drama adu penalti di babak 16 besar. Stefano Lilipaly kalah adu penalti dengan skor 4-3 setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Meski gagal, PSSI tetap mempertahankan pelatih Luis Mila dengan menyodorkan perpanjangan kontrak. Seperti kita tahu, kontrak pelatih asal Spanyol tersebut akan berakhir pada akhir Agustus ini. Target selanjutnya, timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF yang digelar pada November mendatang.

"Setelah rapat Exco, PSSI memutuskanuntuk memperpanjang kontrak Luis Milla selama satu tahun mendatang. Ia akan menangani tim senior dalam ajang Piala AFF, November mendatang," kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dinukil dari www.pssi.org.

Baca Juga: Asian Games 2018: Ini Daftar Atlet Penyumbang Medali! 

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya