Alfin hingga Afridza, Atlet Muda Indonesia yang Berpulang Terlalu Dini

Banyak atlet-atlet masa depan Indonesia meninggal muda

Jakarta, IDN Times - Sepekan terakhir adalah masa-masa sendu bagi dunia olahraga Tanah Air. Setelah pesepakbola muda, Alfin Lestaluhu, harus meninggal di usia sangat belia karena sakit, akhir pekan lalu Indonesia kembali berduka.

Pebalap muda masa depan Tanah Air, Afridza Munandar, harus meregang nyawa usai balapan ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11) kemarin.

Meninggalnya Alfin dan Afridza menambah panjang daftar atlet-atlet muda Indonesia yang harus meninggal di usia muda dan membuat dunia olahraga Nusantara kehilangan tunas-tunas terbaiknya.

1. Alfin Lestaluhu

Alfin hingga Afridza, Atlet Muda Indonesia yang Berpulang Terlalu DiniTwitter/@gmthiar

Kepergian Alfin Lestaluhu adalah salah satu duka yang mendadak dan begitu mengagetkan. Ia meninggal di usia 15 tahun dengan statusnya sebagai penggawa Timnas Indonesia U-16 yang ikut meloloskan Garuda Asia ke Piala AFC U-16 2020.

Alfin meninggal usai alami gempa Ambon namun diagnosis dokter menyebutkan bahwa bek kanan Timnas U-16 ini meregang nyawa usai menderita sakit radang otak.

2. Iqbal Novian

Alfin hingga Afridza, Atlet Muda Indonesia yang Berpulang Terlalu DiniDok. Istimewa/IDN Times

Dari dunia bulu tangkis, Indonesia pernah kehilangan salah satu talenta muda dalam sosok Iqbal Novian. Pemuda berusia 18 tahun ini meregang nyawa usai mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban tahun 2016 silam.

Pebulu tangkis muda ini meninggal pada Jumat 28 Oktober 2016 silam. Kala itu, Iqbal tewas usai tersengat listrik penyangga lampu di GOR Rangga Jaya Anoraga, Tuban, Jawa Timur.

3. Fadhil Muhammad

Alfin hingga Afridza, Atlet Muda Indonesia yang Berpulang Terlalu DiniGridoto.com

Dari dunia balap, sebelum kepergian mendadak Afridza, dunia balap Indonesia pernah kehilangan sosok bertalenta lainnya yakni Fadhil Muhammad.

Kala itu, Fadhil meninggal di usia belia yakni 19 tahun usai menjalani Kejuaraan Motoprix yang digelar di Nabire, Papua. Dalam balapan pada Minggu 8 Oktober 2017 itu, Fadhil alami kecelakaan dan meninggal dunia beberapa saat usai kecelakaan di balapan tersebut.

4. Afridza Munandar

Alfin hingga Afridza, Atlet Muda Indonesia yang Berpulang Terlalu DiniTwitter/@asiatalentcup

Salah satu pebalap muda terbaik Indonesia saat ini, Afridza Munandar, menambah daftar panjang atlet-atlet muda terbaik kita yang harus pergi terlalu dini. Berkarier secara cemerlang di ajang ATC 2019, Afridza sejatinya digadang-gadang menjadi bintang baru Indonesia yang mampu menembus ajang balap MotoGP.

Sayang, di balapan ATC 2019 Race 1 dalam seri di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11) lalu, nyawa Afridza harus melayang usai terlibat kecelakaan di tikungan 10 sirkuit tersebut.

Baca Juga: Afridza Munandar Bukan Korban Pertama, Ini Bahayanya Sirkuit Sepang

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya