Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain Jepang

Jepang rebut dua gelar pada edisi sebelumnya

Tur bulu tangkis Asia Tenggara belum usai. Pekan ini, giliran turnamen Thailand Open 2023 yang akan dihelat. Berlokasi di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, turnamen BWF Super 500 ini bakal bergulir mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2023.

Pada edisi terakhir, Jepang keluar sebagai juara umum dengan raihan dua gelar. DI sisi lain, tiga gelar lainnya dibagi rata oleh Malaysia, Taiwan, dan China. Berikut daftar lengkap juara bertahan Thailand Open 

1. Tunggal putra: Lee Zii Jia (Malaysia)

Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain JepangLee Zii Jia (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Satu gelar juara berhasil diraih Malaysia di Thailand Open 2022. Gelar tersebut diraih oleh tunggal putra andalannya, Lee Zii Jia, yang mengalahkan tunggal putra China, Li Shi Feng, pada babak final. Lee Zii Jia menang lewat pertandingan ketat tiga set dengan skor tipis 17-21, 21-11, dan 23-21 dalam waktu 70 menit.

Baca Juga: Gregoria Mariska Keok di Final Malaysia Masters 2023

2. Tunggal putri: Tai Tzu Ying (Taiwan)

Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain JepangTai Tzu Ying (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Gelar juara Thailand Open 2022 di sektor tunggal putri diraih oleh wakil Taiwan, Tai Tzu Ying. Tunggal putri nomor satu Taiwan tersebut menyegel gelar juara usai mengalahkan wakil China, Chen Yu Fei, pada partai final dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-21. Kemenangan Tai Tzu Ying ini mencatatkan sejarah baru sebagai tunggal putri Taiwan pertama yang menjuarai Thailand Open.

3. Ganda putra: Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain JepangTakuro Hoki/Yugo Kobayashi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi sukses menjuarai Thailand Open 2022. Hoki/Kobayashi dipastikan menjadi juara tanpa menyelesaikan pertandingan. Hal ini disebabkan lawan mereka pada babak final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memutuskan mundur karena mengalami cedera saat kedudukan skor 13-4.

4. Ganda putri: Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang)

Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain JepangNami Matsuyama dan Chiharu Shida (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Tak hanya di sektor ganda putra, Jepang juga berhasil merebut gelar juara di sektor ganda putri. Nami Matsuyama/Chiharu Shida sukses menjuarai Thailand Open 2022 setelah menaklukkan kompatriotnya, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, pada babak final. Nami/Chiharu menang tiga set dengan skor ketat 17-21, 21-15, dan 26-24 dalam waktu 64 menit.

5. Ganda campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain JepangZheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong menjadi yang terbaik di sektor ganda campuran Thailand Open 2022. Diunggulkan di posisi pertama, Zheng/Huang rebut gelar juara setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Zheng/Huang memenangkan laga yang berlangsung selama 60 menit dengan skor 21-12, 18-21, dan 21-14.

Pada Thailand Open 2023, lima juara bertahan di atas dipastikan absen. Dengan begitu, tentu bakal ada juara baru di setiap sektornya. Tak diketahui secara pasti alasan masing-masing absen dari Thailand Open 2023. Padatnya turnamen BWF akhir-akhir ini disinyalir menjadi alasan banyak pemain lebih pilih-pilih dalam mengikuti turnamen.

Baca Juga: Daftar Juara Malaysia Masters 2023: Korsel Dominan, Indonesia Nirgelar

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya