5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022

Ada yang jadi juara, lho!

Turnamen BWF World Tour Finals 2022 resmi berakhir pada Minggu (11/12/2022). China berhasil keluar sebagai juara umum dengan merebut tiga gelar juara.

Meski telah berakhir, beberapa penampilan pemain dunia di World Tour Finals 2022 sangat berkesan. Berikut ini 5 pemain debutan yang tampil gemilang di World Tour Finals perdananya. Siapa saja mereka? Keep scrolling!

1. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Ganda putra debutan asal China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, menjadi debutan tersukses di World Tour Finals 2022. Ganda putra yang baru diduetkan pada bulan Maret lalu ini sukses keluar sebagai juara di World Tour Finals 2022.

Liu/Ou tampil gemilang sepanjang gelaran World Tour Finals 2022. Mereka tak terkalahkan sejak fase grup meski berstatus sebagai debutan.

Pada babak final, Liu/Ou sukses menumbangkan unggulan kedua sekaligus juara edisi 2019 asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dengan skor 21-17, 19-21, dan 21-12.

2. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022Benyapa Aimsaard dan Nuntakarn Aimsaard (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Ganda putri debutan tuan rumah, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, juga tampil mengesankan di World Tour Finals pertamanya. Tergabung dalam grup yang cuckup mudah membuat langkah kakak beradik ini mulus hingga partai final.

Sayangnya, asa Aimsaard bersaudari untuk menyabet gelar juara harus pupus usai kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan asal China di babak pamungkas. Aimsaard bersaudari harus puas sebagai runner-up setelah kalah dengan skor 13-21 dan 14-21 di laga final. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Tak Pernah Menang di Fase Grup World Tour Finals 2022

3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia)

5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Ganda campuran asal Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, juga menjadi salah satu debutan yang tampil gemilang di World Tour Finals 2022. Rinov/Pitha sukses melenggang hingga babak semifinal di World Tour Finals perdananya.

Sayangnya, langkah Rinov/Pitha harus terhenti di semifinal. Rinov/Pitha takluk dari unggulan kedua asal tuan rumah, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, lewat pertarungan dramatis tiga gim dengan skor 22-24, 21-16, dan 14-21. Meski kalah, Rinov/Pitha mampu mengimbangi permainan ganda campuran nomor satu Thailand tersebut.

4. Kodai Naraoka (Jepang)

5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022Kodai Naraoka (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tunggal putra muda Jepang, Kodai Naraoka, turut menjadi debutan dengan penampilan yang gemilang di World Tour Finals 2022. Meski berstatus sebagai debutan, Kodai mampu melenggang hingga babak semifinal.

Langkah Kodai di semifinal dihentikan oleh unggulan pertama dari Denmark, Viktor Axelsen. Meski kalah, Kodai memberikan perlawanan yang sengit saat menghadapi Viktor.

Bahkan, Kodai nyaris memenangkan laga dua gim langsung. Sayang, keberuntungan tak berpihak padanya. Kodai kalah dengan skor yang cukup tipis, 23-21, 19-21, dan 18-21.

5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

5 Debutan yang Tampil Gemilang di World Tour Finals 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Satu lagi debutan asal Indonesia yang tampil gemilang di World Tour Finals 2022 adalah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian debut di World Tour Finals 2022 sebagai unggulan pertama.

Fajar/Rian sukses mencapai babak semifinal di World Tour Finals pertamanya. Langkah Fajar/Rian di semifinal dihentikan oleh debutan lainnya, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dari China yang akhirnya keluar sebagai juara. Fajar/Rian kalah tipis dengan skor 20-22, 21-11, dan 19-21.

 

Itulah deretan pemain bulu tangkis debutan yang tampil gemilang di World Tour Finals 2022. Mampukah mereka menjaga konsistensinya di turnamen musim depan?

Baca Juga: Hasil Lengkap Babak Final World Tour Finals 2022, China Juara Umum!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya