Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!

Wakil Jepang mendominasi perhelatan Singapore Open sebelumnya

Setelah disibukkan oleh Malaysia Open dan Malaysia Masters selama dua minggu beruntun, pekan ini rangakaian world tour BWF berlanjut ke Singapore Open 2022. Turnamen super 500 ini akan berlangsung mulai, Selasa (12/7/2022), hingga, Minggu (17/7/2022).

Sama seperti Malaysia Open 2022, turnamen ini juga baru diselenggarakan kembali setelah dua tahun absen akibat pandemik. Pada edisi terakhir di tahun 2019, Jepang keluar sebagai juara umum dengan memboyong tiga gelar juara.

Berikut merupakan deretan juara bertahan Singapore Open.

1. Tunggal putra - Kento Momota (Jepang)

Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!Kento Momota (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Singapore Open di sektor tunggal putra adalah Kento Momota dari Jepang. Kento yang saat itu menjadi unggulan pertama keluar sebagai juara usai menaklukkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, di babak final.

Menghadapi Ginting, Kento menang rubber game dengan skor 10-21, 21-19, dan 21-13. Sejatinya, tahun ini Kento mendaftarkan diri terjun di Singapore Open 2022. Namun, ia memutuskan menarik keikutsertaannya. Belum ada konfirmasi resmi terkait mundurnya Kento dari turnamen super 500 ini 

2. Tunggal putri - Tai Tzu Ying (Taiwan)

Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!Tai Tzu Ying (kanan) di podium Singapore Open 2019 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor tunggal putri, titel juara bertahan Singapore Open dipegang oleh pebulu tangkis Taiwan, Tai Tzu Ying. Sama seperti Kento, Tai juga berstatus sebagai unggulan pertama saat itu. Ia merengkuh gelar juara usai mengalahkan Nozomi Okuhara dari Jepang di partai final dengan skor 21-19 dan 21-15.

Tai Tzu Ying akan kembali bertanding di edisi Singapore Open 2022 ini. Ia juga kembali menjadi unggulan pertama. Pada babak awal, Tai akan menghadapi kompatriotnya, Pai Yu Po. Ia unggul 1-0 secara head to head dari lawannya ini.

Baca Juga: 5 Momen Terakhir All Indonesia Final, Terbaru di Malaysia Masters 2022

3. Ganda putra - Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang merupakan juara bertahan Singapore Open di sektor ganda putra. Meskipun saat itu mereka diunggulkan di posisi ketiga, buktinya Takeshi/Keigo mampu menyabet gelar juara.

Takeshi/Keigo memastikan gelar juara selepas menumbangkan pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di babak final. Mereka menang tiga gim dengan skor 21-13, 19-21, dan 21-17. Tahun ini, Takeshi/Keigo tak mengikuti Singapore Open 2022. Bisa dipastikan bakal ada juara baru dari sektor ganda putra.

4. Ganda putri - Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)

Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Singapore Open di sektor ganda putri juga disandang oleh wakil Jepang. Mereka adalah Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara yang saat itu menjadi unggulan ketiga.

Kala itu, pasangan ini tak kehilangan satu gim pun dari lawannya. Pada laga final, Mayu/Wakana menghadapi wakil Korea Selatan. Mereka sukses meraih kemenangan dengan skor 21-17 dan 22-20. Sayangnya, mereka juga absen di edisi Singapore Open 2022 ini.

5. Ganda campuran - Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, titel juara bertahan disandang oleh wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Dechapol/Sapsiree yang saat itu jadi unggulan ketiga pun tampil perkasa tanpa kehilangan satu gim pun dari lawannya.

Di laga puncak, Dechapol/Sapsiree menumbangkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dari Malaysia dengan skor 21-14 dan 21-6. Di Singapore Open 2022, Dechapol/Sapsiree diunggulkan di posisi pertama. Mereka akan menghadapi Choong Hon Jian/Peck Yen Wei dari Malaysia di babak pertama.

Hanya dua juara bertahan dari edisi terakhir yang kembali turun untuk bertanding di Singapore Open 2022. Akankah langkah mereka memertahankan gelar juara bakal berjalan mulus?

Baca Juga: Daftar Skuad Indonesia di Singapore Open 2022, Banyak yang Mundur!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya