6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar Juara

Negara mana yang akan jadi juara umum?

Ajang Australia Open 2022 telah memasuki fase akhir. Turnamen bulu tangkis terbesar di Negeri Kangguru ini akan menghelat laga final pada Minggu (20/11/2022), di Quaycentre, Sydney Olympic Park, Sydney.

Terdapat beberapa fakta menarik menjelang laga final turnamen BWF Super 300 ini. Salah satunya adalah dua negara yang sudah memastikan gelar juara sebelum laga final dimulai. Bagaimana bisa seperti itu? Langsung intip sederet fakta final Australia Open 2022 lewat artikel berikut, yuk!

1. Korea Selatan dan China segel gelar juara

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraSeo Seung Jae/Chae Yu Jung (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dua negara sudah menyegel gelar juara meski laga di partai final belum dimulai. Dua negara tersebut adalah Korea Selatan dan China yang sukses menciptakan laga perang saudara di babak final.

Korea Selatan menciptakan all Korean finals di sektor campuran melalui Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dan Kim Won Ho/Jeong Na Eun. Sedangkan China memastikan gelar di sektor tunggal putra setelah Shi Yu Qi dan Lu Guang Zu saling berhadapan di babak final. 

2. Ada lima pemain non unggulan

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraGregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Setengah dari finalis Australia Open 2022 merupakan pemain non unggulan. Sebanyak lima pemain non unggulan berhasil menapakkan kakinya ke babak final turnamen BWF Super 300 ini. Berikut daftar pemain non unggulan yang menembus final Australia Open 2022.

Tunggal putra

  • Shi Yu Qi (China)
  • Lu Guang Zu (China)

Tunggal putri

  • Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)

Ganda putri

  • Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Ganda campuran

  • Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan)

Baca Juga: Road to Final Gregoria Tunjung di Australia Open 2022, Pembuktian!

3. Tanpa wakil tuan rumah

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraSydney Tjonadi (instagram.com/sydney_tjonadi)

Tuan rumah Australia dipastikan gagal menyabet gelar juara di rumah mereka sendiri. Wakil tuan rumah sudah berguguran sebelum babak perempat final.

Wakil tuan rumah yang melaju paling jauh adalah tunggal putra mereka, Nathan Tang dan ganda putri Sydney Tjonadi/Victoria Tjonadi. Keduanya sama-sama terhenti di babak perempat final dengan skor akhir yang cukup telak.

4. Tak ada juara bertahan

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraChen Yu Fei (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Para juara di edisi Australia Open sebelumnya gagal memertahankan gelarnya. Juara bertahan di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran memutuskan untuk tidak mengikuti Australia Open 2022 ini.

Juara bertahan ganda putri menjadi satu-satunya yang tampil lagi di edisi tahun ini. Mereka adalah ganda putri asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Sayangnya, langkah mereka harus terhenti di babak perempat final usai dikalahkan oleh ganda putri China.

5. Indonesia loloskan satu wakil

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraGregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Satu wakil Indonesia berhasil melenggang ke babak final Australia Open 2022. Indonesia diwakili oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang akan menantang An Se Young dari Korea Selatan di babak final.

Rekor pertemuan keduanya saat ini adalah 3-0 untuk keunggulan An Se Young. Keduanya terakhir berjumpa di semifinal Malaysia Masters 2022. Saat itu, Gregoria kalah tiga gim dari An Se Young.

6. Jadwal babak final

6 Fakta Final Australia Open 2022, Dua Negara Segel Gelar JuaraBenyapa/Nuntakarn Aimsaard (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Final Australia Open 2022 akan dilangsungkan pada, Minggu (20/11/2022), mulai pukul 13.00 waktu Sydney atau pukul 09.00 WIB. Berikut jadwal tanding di babak final

Ganda campuran
Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan) vs. Seo Seung Jae/Chae Yu Jung [4] (Korea Selatan)

Ganda putri 
Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs. Zhang Shu Xian/Zheng Yu [6] (China)

Tunggal putri
Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) vs. An Se Young [1] (Korea Selatan)

Tunggal putra
Lu Guang Zu (China) vs. Shi Yu Qi (China)

Ganda putra
Ong Yew Sin/Teo Ee Yi [6] (Malaysia) vs. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi [8] (China)

Korea Selatan dan China sudah menyegel gelar juara. Kedua negara tersebut juga masih memiliki peluang untuk menambah gelar juara mereka di Australia Open 2022 lewat nomor ganda putri, ganda putra, dan tunggal putri. Negara manakah yang bakal jadi juara umum?

Baca Juga: Comeback Fantastis, Gregoria Mariska ke Final Australia Open 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya