5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman Cup

Salah satunya negara dari kawasan Eropa

Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara yang sudah merasakan manisnya gelar Sudirman Cup. Namun, momen manis tersebut sudah lama berlalu, tepatnya pada edisi pertama Sudirman Cup tahun 1989. Kala itu, Indonesia untuk pertama kalinya menyabet gelar Sudirman Cup. Sejak gelar tersebut diraih, Indonesia belum berhasil meraihnya lagi.

Semakin meratanya persaingan bulu tangkis dunia menjadi salah satu faktor Indonesia gagalkan Indonesia membawa pulang gelar Sudirman Cup. Dalam tiga edisi terakhir saja, terdapat lima negara yang berhasil mengalahkan Indonesia. Negara mana saja itu?

1. Denmark (Sudirman Cup 2019)

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman CupTim beregu campuran Denmark saat menjadi juara di Kejuaraan Beregu Campuran Eropa 2023. (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Indonesia tergabung dalam Grup 1B di Sudirman Cup 2019 bersama Denmark dan Inggris. Pada laga pembuka, Indonesia sukses menaklukkan Inggris dengan skor 4-1. Namun, pada laga kedua menghadapi Denmark, secara mengejutkan Indonesia kalah dengan skor 2-3.

Kala itu, Indonesia kehilangan poin dari sektor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran. Beruntung, meskipun kalah dari Denmark, Indonesia masih bisa lolos ke perempat final sebagai juara grup sehingga terhindar dari negara unggulan di perempat final. Sementara itu, Denmark juga lolos sebagai peringkat kedua grup meskipun sempat kalah saat menghadapi Inggris. 

Baca Juga: Perjalanan China Menjuarai Piala Sudirman 2023, Sabet Gelar ke-13!

2. Jepang (Sudirman Cup 2019)

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman CupKento Momota (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jepang juga menjadi mimpi buruk Indonesia di Sudirman Cup 2019. Kala itu, Jepang yang diunggulkan di posisi pertama berhadapan dengan Indonesia di semifinal. Indonesia dibuat tak berdaya oleh Jepang dengan skor yang cukup telak, 1-3. 

Indonesia kehilangan tiga poin lewat sektor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri. Satu-satunya poin yang berhasil diraih Indonesia disumbangkan oleh ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Kekalahan ini membuat Indonesia harus puas dengan medali perunggu.

3. Malaysia (Sudirman Cup 2021)

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman Cupselebrasi pemain Malaysia di Piala Sudirman 2021 (bwfbadminton.com)

Pada perempat final Sudirman Cup 2021, Indonesia yang lolos sebagai juara Grup C berhadapan dengan Malaysia yang merupakan runner up Grup D. Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan dan maju ke semifinal. Namun, di luar dugaan, Indonesia malah ditumbangkan oleh Malaysia.

Indonesia kalah dengan skor tipis 2-3. Tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran menjadi sektor yang gagal menyumbangkan poin. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal ke semifinal Piala Sudirman untuk ketiga kalinya. 

4. Thailand (Sudirman Cup 2023)

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman Cupselebrasi pemain Thailand setelah mengalahkan Indonesia di Sudirman Cup 2023 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Pada Sudirman Cup 2023, Indonesia berada dalam grup yang sama dengan Thailand. Indonesia bertemu dengan Thailand pada laga terakhir fase grup yang menjadi laga penentuan juara grup. Pada laga ini, Indonesia takluk dengan skor 2-3.

Adapun tiga sektor yang gagal meraup poin adalah tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran. Kekalahan ini membuat Indonesia harus puas menjadi runner up grup. Posisi tersebut membuat Indonesia harus berjumpa dengan tim unggulan di perempat final.

5. China (Sudirman Cup 2023)

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Indonesia di Sudirman CupShi Yu Qi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Gagalnya Indonesia menjadi juara grup membuat skuad garuda harus berjumpa dengan China pada babak perempat final. Pada laga ini, Indonesia harus menelan kekalahan. Padahal, Indonesia sudah menurunkan pemain terbaiknya.

Indonesia tumbang dengan skor telak 0-3. Tiga poin yang diraih China datang dari sektor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal ke semifinal untuk kedua kalinya secara beruntun di Sudirman Cup.

Penampilan tim bulu tangkis Indonesia pada tiga edisi terakhir Sudirman terbilang buruk. Alih-alih membawa kembali Piala Sudirman pulang, Indonesia malah babak belur sebelum babak final. 

Baca Juga: 4 Negara yang Tak Pernah Menang di Fase Grup Sudirman Cup 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya