Comscore Tracker

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di Olimpiade

Bisakah tim Thailand ini kalahkan Indonesia? #Tokyo2020

Thailand sudah aktif mengirimkan wakilnya di cabang olahraga bulu tangkis sejak pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992. Di edisi kali ini, Thailand berhasil meloloskan 7 atletnya di Olimpiade Tokyo 2020. Thailand turun di semua sektor kecuali ganda putra.

Tim bulu tangkis Thailand sendiri sudah berangkat ke Tokyo sejak Jumat malam (16/07/2021) pukul 21.55 waktu setempat. Warga Thailand optimis bahwa wakilnya bisa meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Lalu, apa yang membuat warga Thailand begitu optimis? Siapa saja wakil mereka di cabang olahraga bulu tangkis? Ini dia wakil Thailand di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Ratchanok Intanon, tunggal putri

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di OlimpiadeRatchanok Intanon berangkat menuju Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/ratchanokmay)

Di nomor tunggal putri ada Juara Dunia 2013, Ratchanok Intanon. May, sapaan akrabnya, berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo setelah menempati peringkat 5 di Race to Tokyo dan membuatnya menjadi unggulan kelima.

Publik Thailand berharap besar pada Ratchanok untuk bisa menyumbang medali di sektor tunggal putri sekaligus mengakhiri tren buruknya setiap tampil di ajang Olimpiade. Dua edisi terakhir Olimpiade yang ia ikuti, May terhenti di babak 16 besar dan perempat final.

2. Busanan Ongbamrungphan, tunggal putri

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di OlimpiadeBusanan Ongbamrungphan berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo (bwfbadminton.com)

Perjalanan Busanan untuk tampil di Olimpiade sangatlah dramatis. Ia harus bersaing dengan rekannya Pornpawee Chochuwong, untuk mengisi satu slot terakhir di nomor tunggal putri. Busanan mengikuti setiap turnamen besar hingga turnamen kecil untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

Perjuangannya terbayar setelah ia berhasil mengalahkan Pornpawee di turnamen Orleans Master 2020. Dengan kemenangannya tersebut, poin yang ia raih berhasil melampaui poin Pornpawee dan membuatnya lolos ke Olimpiade Tokyo.

3. Kantapohon Wangcharoen, tunggal putra

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di OlimpiadeKantapohon Wangcharoen jadi andalan satu-satunya Thailand di nomor tunggal putra. (bwfbadminton.com)

Kantapohon menjadi satu-satunya tunggal putra Thailand yang lolos ke Olimpiade Tokyo. Ia menduduki peringkat 14 di Race to Tokyo. Pemain berusia 22 tahun ini telah mengumpulkan 49,061 poin dari turnamen yang ia ikuti.

Meskipun tak diunggulkan, Kantapohon kerap kali merepotkan para pemain top termasuk tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Ia pernah mengalahkan Ginting di di Indonesia Open 2019 dan French Open 2018.

Baca Juga: [BREAKING] Menang 2 Game, Greysia/Apriyani Lolos Perempat Final Olimpiade Tokyo

4. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, ganda putri

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di OlimpiadeJongkolphan Kititharakul dan Rawinda Prajongjai (bwfbadminton.com)

Jongkolphan/Rawinda menempati peringkat 9 di Race to Tokyo. Ketatnya persaingan di nomor ganda putri, tak menyurutkan semangat mereka untuk meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Jongkolphan/Rawinda bukan tanpa modal di Olimpiade kali ini. Penampilan ganas mereka di awal tahun 2021 membuat para rivalnya harus lebih waspada. Mereka berhasil meraih gelar runner-up di turnamen Thailand Open awal tahun ini.

5. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, ganda campuran

Berangkat ke Tokyo, Ini Pasukan Bulu Tangkis Thailand di OlimpiadeDechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai jadi tumpuan Thailand (bwfbadminton.com)

Tumpuan untuk meraih medali emas ada di pasangan ganda campuran nomor 2 dunia ini. Penampilan ciamik mereka di awal tahun dengan menjuarai tiga turnamen besar secara beruntun di rumah mereka sendiri, membuat warga Thailand begitu optimis.

Bass/Popor, sapaan akrab mereka, lolos ke Olimpiade Tokyo setelah menduduki peringkat 3 Race to Tokyo dengan raihan 80,883 poin. Menjadi unggulan ketiga tentu membuat mereka percaya diri untuk menjadi atlet bulu tangkis Thailand pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

Itulah 7 atlet dari Thailand yang berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Bagaimana prediksimu? Berapa banyak medali yang berhasil mereka bawa pulang? 

 

Baca Juga: [BREAKING] Kevin/Marcus Melaju Mulus ke Perempat Final Olimpiade Tokyo

Kelfin Gilang Photo Writer Kelfin Gilang

Believe in Yourself and You'll be Unstoppable

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya