Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk Indonesia

Medali emas Olimpiade jadi yang terbaik

Hari ini (12/6/2022) pebulu tangkis Greysia Polii resmi mengakhiri kariernya sebagai atlet bulu tangkis. Setelah 30 tahun berjibaku di dunia tepok bulu, akhirnya Greysia mengumumkan pensiun.

Greysia menjadi salah satu pebulu tangkis Indonesia yang nyaris komplet gelar juaranya. Sejak tergabung di pelatnas pada tahun 2003, Greysia sudah menyabet puluhan gelar juara yang berbeda. Lima pencapaian di bawah ini mungkin menjadi raihan terbaik Greysia Polii dalam kariernya. Berikut daftar lima pencapaian terbaik Greysia Polii untuk Indonesia.

1. Medali perunggu Kejuaraan Dunia 2015, 2018, dan 2019

Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk IndonesiaGreysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/greyspolii)

Dalam kariernya, Greysia Polii sudah mengoleksi tiga medali perunggu di Kejuaraan Dunia. Medali perunggu pertama kali ia raih bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari di Kejuaraan Dunia 2015.

Tahun 2018, Greysia kembali meraih medali perunggu, namun bukan dengan Nitya, melainkan dengan Apriyani Rahayu. Setahun berselang, dengan pasangan yang sama, Greysia Polii kembali meraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2019.

2. Medali emas Asian Games 2014

Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk IndonesiaGreysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari (pbdjarum.org)

Tahun 2014, Greysia bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari menyabet medali emas di Asian Games. Greysia/Nitya tampil perkasa sejak babak pertama dengan menumbangkan para unggulan.

Puncaknya ketika di babak final Greysia/Nitya menaklukkan unggulan pertama dari Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Greysia/Nitya menang straight game dengan skor yang meyakinkan, 21-15 dan 21-9.

Baca Juga: 11 Potret Testimonial Day Greysia Polii, Selamat Pensiun Kak Ge!

3. Medali emas SEA Games 2019

Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk IndonesiaGreysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/r.apriyanig)

Bersama Apriyani Rahayu, Greysia Polii meraih medali emas di SEA Games 2019 nomor ganda putri. Berstatus sebagai unggulan pertama, Greysia/Apriyani mulus tanpa hambatan dalam meraih medali emas. Bahkan, Greysia/Apriyani tak kehilangan satu gim pun dari lawan-lawannya.

Selain di nomor ganda putri, Greysia turut menyumbangkan medali perak di nomor beregu putri bersama pemain Indonesia lainnya. Tim putri Indonesia kandas di final dari tim putri Thailand dengan skor 1-3.

4. Juara Thailand Open 2021

Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk IndonesiaEng Hian dan Greysia/Apriyani di Thailand Open (instagram.com/enghian)

Awal tahun 2021, Greysia Polii meraih gelar turnamen super 1.000 pertamanya bersama Apriyani Rahayu di Thailand Open. Meskipun diunggulkan di posisi kelima, Greysia/Apriyani mampu melesat jauh hingga ke partai puncak.

Di partai puncak, Greysia/Apriyani menghadapi unggulan ketujuh sekaligus andalan tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Greysia/Apriyani menang mudah dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-12 atas Jongkolphan/Rawinda.

5. Medali emas Olimpiade Tokyo 2020

Resmi Pensiun, Ini 5 Pencapaian Terbaik Greysia Polii untuk IndonesiaGreysia Polii dan Apriyani Rahayu (NOC Indonesia)

Raihan medali emas di Olimpiade Tokyo 2022 bersama Apriyani Rahayu menjadi gelar juara terbaik sekaligus terakhir Greysia Polii. Meskipun berstatus sebagai pemain non-unggulan, Greysia/Apriyani mampu berbicara banyak hingga menyabet medali emas.

Pada laga final, Greysia/Apriyani menumpas unggulan kedua asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Greysia/Apriyani menang straight game dengan skor 21-19 dan 21-15 untuk memastikan medali emas.

 

Itulah lima pencapaian terbaik Greysia Polii selama berkarier di dunia bulu tangkis. Tentunya kelima pencapaian ini akan selalu dikenang, baik oleh Greysia Polii sendiri maupun para pencinta bulu tangkis. Happy retirement and thank you, Greysia Polii! Semoga sukses berkarier di luar dunia bulu tangkis.

Baca Juga: Tangis Apriyani Rahayu Pecah di Pamitan Greysia Polii

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya