5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin Sanjaya

Raih berbagai gelar juara dengan pasangan berbeda

Rabu (28/6/2023), PBSI resmi mengumumkan partner baru Kevin Sanjaya Sukamuljo, yakni Rahmat Hidayat. Dalam beberapa waktu ke depan, Kevin akan dipasangkan dengan Rahmat Hidayat karena Marcus Fernaldi Gideon yang merupakan pasangan utamanya harus menepi dari turnamen bulu tangkis dunia untuk sementara waktu karena menjalani operasi tumit kaki kanan.

Rahmat Hidayat sendiri merupakan salah satu pemain ganda putra muda potensial. Sebelum diduetkan dengan Kevin Sanjaya, Rahmat sudah beberapa kali berganti pasangan dan meraih hasil cukup memuaskan. Cek dulu sederet pencapaian terbaik Rahmat Hidayat berikut, yuk!

1. Juara Asia Junior U-17 2019

5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin SanjayaRahmat Hidayat/Febi Setianingrum saat menjadi Juara Asia Junior U-17 2019 (pbdjarum.org)

Rahmat Hidayat sudah menorehkan prestasi sejak junior. Ia berhasil menjadi Juara Asia Junior U-17 2019 di dua sektor yang berbeda, yakni ganda putra dan ganda campuran. Di sektor ganda putra, Rahmat yang berpasangan dengan Davin Rutama sukses menyabet medali emas usai mengalahkan rekan senegaranya, Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Marwan Faza, dengan skor 16-21, 21-18, dan 22-20. Sedangkan di sektor ganda campuran Rahmat sukses meraih medali emas bersama Febi Setianingrum setelah mengalahkan wakil Malaysia unggulan ketiga, Beh Chun Meng/Chen Su Hui, dengan skor 21-10, 14-21, dan 21-12.

Baca Juga: Profil Rahmat Hidayat, Pasangan Baru Kevin Sanjaya

2. Juara Lithuanian International 2022

5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin SanjayaMuhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat (instagram.com/badminton.ina)

Tahun 2022, Rahmat mulai masuk kelas senior untuk mengikuti turnamen-turnamen dengan bobot lebih tinggi. Lithuanian International 2022 menjadi turnamen kelas senior pertama yang berhasil dimenangi oleh Rahmat. Berduet dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah, Rahmat sukses merebut gelar juara meski bermain dari babak kualifikasi. Pada laga final, mereka mengalahkan unggulan kedelapan asal Prancis, Kenji Lovang/Leo Rossi, dengan skor 21-9 dan 21-13.

3. Juara Indonesia International Challenge 2022

5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin SanjayaRahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardhana saat menjuarai Indonesia International Challenge 2022 (pbsi.id)

Pada tahun yang sama, Rahmat juga berhasil menyabet gelar juara di Indonesia International Challenge 2022. Rahmat Hidayat menaiki podium tertinggi bersama Pramudya Kusumawardhana yang saat itu dipisah dari pasangan utamanya, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang tengah mengalami cedera. Duet Rahmat/Pramudya memastikan gelar juara usai menang di partai final dengan skor 23-21, 16-21, dan 21-15 atas Hiroki Okamura/Masayuki Onodera, wakil Jepang yang diunggulkan di posisi ketiga. 

4. Juara Indonesia Master Super 100 2022

5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin SanjayaRahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardhana saat menjuarai Indonesia Masters 2022

Tepat sepekan setelah menjuarai Indonesia International Challenge 2022, Rahmat Hidayat kembali menjadi kampiun di turnamen BWF Super 100 bertajuk Indonesia Masters 2022. Masih bersama Pramudya Kusumawardhana, kali ini Rahmat menyabet gelar juara dengan sempurna tanpa kehilangan satu set sekalipun. Pada laga pamungkas, Rahmat/Pramudya membekuk unggulan pertama dari China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dengan skor 21-18 dan 21-19. 

5. Juara Bahrain International Challenge 2022

5 Pencapaian Terbaik Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin SanjayaMuhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat saat menjuarai Bahrain International Challenge 2022 (pbsi.id)

Pada akhir 2022, Rahmat kembali diduetkan dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah. Meski baru rujuk, duet Rahmat/Rayhan sukses menyuguhkan performa apik. Di turnamen Bahrain International Challenge 2022 mereka sukses menginjakkan kakinya di podium tertinggi. Gelar juara dipastikan menjadi milik mereka usai menumpas unggulan kedua asal Thailand, Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong, di partai final dengan skor 21-13 dan 21-17.

Tak heran jika Kevin Sanjaya memutuskan berpasangan dengan Rahmat Hidayat. Pasalnya, ia mempunyai rekam jejak yang cukup baik ketika dipasangkan dengan pemain yang berbeda. Siap menantikan duet ganda putra Indonesia teranyar, Kevin/Rahmat?

Baca Juga: Emosi Rahmat Hidayat Campur Aduk Jadi Pasangan Kevin Sanjaya

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya