Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong Wei

Layak masuk BWF Hall of Fame

Mantan pebulu tangkis tunggal putra kenamaan Malaysia, Lee Chong Wei, resmi masuk BWF Hall of Fame pada, Jumat (26/5/2023) lalu. Sebagai informasi, BWF Hall of Fame merupakan penghargaan yang diberikan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kepada tokoh atau pemain yang memiliki peranan dan prestasi yang luar biasa di dunia bulu tangkis. 

Semasa aktif sebagai pebulu tangkis profesional, Lee Chong Wei merupakan salah satu tunggal putra bergelimang prestasi. Berbagai gelar juara telah berhasil ia raih, mulai dari turnamen Superseries/World Tour hingga major event. Mewarnai kariernya yang gemilang, ini dia lima prestasi terbaik Lee Chong Wei. Layak masuk ke Hall of Fame!

1. Tiga kali raih medali perak Olimpiade

Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong WeiLee Chong Wei (kiri) saat meraih medali perak di Olimpiade Beijing 2008 (olympics.bwfbadminton.com)

Lee Chong Wei menjadi pebulu tangkis tunggal putra Malaysia dengan medali Olimpiade terbanyak. Ia mengoleksi 3 medali perak dari 4 Olimpiade yang ia ikuti. Tiga medali tersebut diraih pada edisi 2008, 2012, dan 2016. Menariknya, tiga medali perak tersebut didapat oleh Lee Chong Wei usai kalah dari tunggal putra China di partai final. Pada edisi 2008 dan 2012, ia kalah dari Lin Dan. Sedangkan pada edisi 2016 ia dikalahkan oleh Chen Long.

Baca Juga: Pemain Indonesia yang Masuk BWF Hall of Fame, Terbaru Liliyana Natsir

2. Tiga kali raih medali perak Kejuaraan Dunia

Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong WeiLee Chong Wei (bwfbadminton.com)

Tak hanya di Olimpiade saja, Lee Chong Wei juga mengoleksi tiga medali perak di Kejuaraan Dunia. Ia meraih tiga medali tersebut di Kejuaraan Dunia 2011, 2013, dan 2015. Sejatinya, Lee Chong Wei juga meraih medali perak di Kejuaraan Dunia 2014. Namun, medali perak tersebut dicabut oleh BWF karena ia terkonfirmasi menggunakan doping. 

3. Koleksi 47 gelar Superseries/World Tour

Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong WeiLee Chong Wei (bwfbadminton.com)

Meski selalu gagal menjadi yang terbaik di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, Lee Chong Wei menjadi penguasa turnamen BWF. Dalam data yang dirangkum BWF, Lee Chong Wei mengoleksi 47 gelar juara dari turnamen Superseries/World Tour. Jumlah tersebut membuat Lee Chong Wei menjadi pebulu tangkis tunggal dengan gelar Superseries/World Tour terbanyak.

4. Dua kali menjadi Juara Asia

Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong WeiLee Chong Wei (bwfbadminton.com)

Lee Chong Wei juga sukses menjadi Juara Asia sebanyak dua kali. Dua gelar tersebut sukses ia raih di Kejuaraan Asia 2006 dan 2016. Selain itu, ia juga berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Asia 2017 dan 2018. Di nomor beregu putra, Lee Chong Wei juga menjadi bagian dari tim Malaysia yang meraih medali perunggu di Kejuaraan Beregu Asia 2018.

5. Jadi peringkat satu dunia selama 348 pekan

Masuk BWF Hall of Fame, Ini 5 Prestasi Terbaik Lee Chong WeiLee Chong Wei (olympics.bwfbadminton.com)

Dominasi Lee Chong Wei di turnamen BWF membuatnya sukses menduduki peringkat satu dunia dalam kurun waktu yang lama. Tercatat, Lee Chong Wei menghuni peringkat satu dunia selama 348 pekan. Dari jumlah tersebut, 200 pekan di antaranya ia raih secara berturut-turut.

Melihat catatan prestasi tersebut, tak heran jika nama Lee Chong Wei berhasil masuk BWF Hall of Fame. Dengan masuknya Lee Chong Wei, kini Malaysia punya enam nama di BWF Hall of Fame.

Baca Juga: Lee Chong Wei dan Lin Dan Masuk Hall of Fame BWF

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya