Comscore Tracker

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022

Lengkap dari lima sektor!

Pekan depan, tepatnya pada tanggal 7 hingga 11 Desember 2022, akan diselenggarakan turnamen BWF World Tour Finals 2022. Turnamen tutup tahun ini akan dilangsungkan di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Sebanyak tujuh wakil Indonesia berhasil lolos dan diundang untuk tampil di turnamen ini. Tujuh wakil tersebut terdiri dari 2 wakil tunggal putra dan ganda putra serta masing-masing 1 wakil di sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Berikut daftar lengkapnya.

1. Jonatan Christie

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Jonatan Christie (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jonatan Christie menjadi satu dari dua tunggal putra Indonesia yang lolos ke World Tour Finals 2022. Jojo lolos ke World Tour Finals 2022 dengan duduk di peringkat empat kualifikasi di bawah Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Taiwan), dan Prannoy H. S. (India).

Ini menjadi kali kedua juara peraih medali emas Asian Games 2018 ini lolos ke World Tour Finals. Sebelumnya, Jojo lolos ke World Tour Finals di tahun 2019. Saat itu, langkahnya terhenti di babak fase grup setelah 2 kali kalah dan 1 kali meraih kemenangan.

2. Anthony Sinisuka Ginting

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, juga berhasil lolos ke World Tour Finals 2022. Dalam peringkat kualifikasi World Tour Finals, Ginting menduduki peringkat tujuh dengan total 62.100 poin.

Ginting sendiri baru satu kali gagal ke World Tour Finals, yakni pada tahun 2021. Selebihnya, Ginting selalu lolos ke turnamen tutup tahun ini. Prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up pada tahun 2019 setelah kalah dari Kento Momota di babak final.

3. Gregoria Mariska Tunjung

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang lolos ke World Tour Finals 2022. Gregoria lolos ke World Tour Finals tahun ini dengan menggantikan posisi Pusarla Sindhu dari India yang memutuskan mundur karena mengalami cedera.

Bagi Gregoria, ini merupakan World Tour Finals pertama sepanjang kariernya. Gregoria juga menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang lolos ke World Tour Finals. Sejauh mana langkah Gregoria di World Tour Finals tahun ini?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Gregoria Mariska, Lolos ke BWF World Tour Finals 2022

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Di sektor ganda putra, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berhasil meloloskan diri ke World Tour Finals 2022. Fajar/Rian lolos ke turnamen ini dengan memuncaki peringkat kualifikasi dengan total 91.870 poin.

Fajar/Rian juga menjadi pemain debutan di World Tour Finals tahun ini. Penampilan yang apik tahun ini sukses mengantarkan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia ini ke World Tour Finals pertamanya.

5. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan (pbsi.id)

Menemani Fajar/Rian, ada pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang juga lolos ke World Tour Finals 2022. Ahsan/Hendra lolos ke World Tour Finals tahun ini usai finis di posisi kedua ranking kualifikasi dengan total 69.300 poin.

Ini menjadi kali keempat Ahsan/Hendra lolos ke World Tour Finals. Sebelumnya, pasangan berjuluk The Daddies ini juga lolos di edisi 2018, 2019, dan 2020. Adapun prestasi terbaik mereka di turnamen tutup tahun ini adalah menjadi juara tahun 2019.

6. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi pemain Indonesia berikutnya yang lolos ke World Tour Finals 2022. Ini merupakan World Tour Finals pertama Apriyani/Fadia sejak dipasangkan di SEA Games 2021 bulan Mei 2022 lalu.

Apriyani/Fadia sejatinya hanya finis di posisi kesembilan ranking kualifikasi. Namun, mereka mendapatkan undangan dari BWF setelah ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida, memutuskan untuk mundur.

7. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Resmi! Ini Daftar Wakil Indonesia yang Lolos World Tour Finals 2022Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Terakhir, dari sektor ganda campuran, ada pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang juga lolos ke World Tour Finals 2022. Rinov/Pitha lolos dengan menduduki peringkat enam kualifikasi dengan total 56.600 poin.

Rinov/Pitha juga menjadi pemain debutan di World Tour Finals tahun ini. Selain itu, Rinov/Pitha juga menjadi ganda campuran paling muda yang lolos ke World Tour Finals tahun ini.

 

Tujuh wakil Indonesia akan berjuang di World Tour Finals 2022. Semoga mereka meraih hasil yang maksimal dan mampu menyabet gelar juara, ya!

Baca Juga: 8 Ganda Putra Dunia yang Akan Berlaga di World Tour Finals 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya