Comscore Tracker

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!

Jangan sampai salah pilih jenis sepeda, guys!

Jakarta, IDN Times - Bersepeda saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat, apalagi di era pandemik seperti ini di mana banyak masyarakat tergoda untuk membeli sepeda baru.

Sepeda sendiri memiliki banyak jenis dan tipe. Sebelum membeli, kamu harus tahu jenis-jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, pemilihan sepeda juga harus menyesuaikan tujuan bersepeda apakah kamu ingin memakainya untuk olahraga, balap, atau pun untuk sekadar gaya.

Berikut IDN rangkum jenis-jenis sepeda yang perlu kamu tahu sebagai referensi ya!

1. Sepeda balap/road bike

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!pexels.com/Chris Peeters

Sesuai namanya, jenis sepeda ini mengutamakan kecepatan. Ciri khas dari sepeda ini memiliki ban yang tipis, handlebar melengkung ke bawah, dan posisi duduk yang nungging. Bahan frame-nya pun ringan dan biasanya berbahan carbon. Sepeda balap paling nyaman digunakan di aspal atau pun jalan yang rata.

2. Sepeda gunung/mountain bike

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!Sepeda gunung / MTB YT. Dok / YT Industries

Jenis sepeda gunung memang dirancang dengan memiliki sistem suspensi dan pengereman yang baik. Sepeda ini cocok untuk di jalan tanah, berbatu, dan tidak rata. Sepeda ini sering digunakan untuk naik-turun gunung dengan jarak tempuh yang jauh. Spesifikasi umumnya ban terlihat lebih tebal, bobot frame ringan, dan terlihat suspensi di ban depan.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 5 Merek Sepeda Keren Ini Buatan Asli Indonesia

3. Sepeda lipat/folding bike

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!tredz.co.uk

Jenis sepeda lipat merupakan salah satu sepeda yang sering terlihat di daerah perkotaan. Bentuknya kecil dan bisa dibawa dengan dijinjing ketika dilipat. Banyak masyarakat memilih sepeda lipat karena bisa dibawa dalam transportasi umum. Karena radius putarnya kecil, biasanya sepeda ini digunakan dalam jarak tempuh yang relatif pendek.

4. Sepeda fixie

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!instagram.com/farhandikaputra

Jenis sepeda bernama fixie ini berasal dari kata fixed-gear yang memiliki arti gear tetap. Sederhananya, selama sepeda ini bergerak, pedalnya juga akan ikut bergerak. Jenis sepeda ini tidak memiliki gigi atau pun rem. Proses pengereman dilakukan dengan menahan pedal. Sepeda fixie mayoritas digemari anak muda karena desainnya stylish dan penuh estetika. Sepeda fixie lebih baik digunakan di jalan yang rata.

5. Sepeda BMX

Ini Jenis-jenis Sepeda yang Kamu Harus Tahu, Biar Gak Salah Pilih!Instagram

Jenis sepeda BMX memiliki kepanjangan Bicyle Motocross. Sepeda ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Sistem gear-nya juga sederhana, hanya satu gear di roda belakang. Sepeda ini dikhususkan untuk freestyle atau jump di skatepark.

Baca Juga: 10 Potret Hits Wika Salim dengan Sepeda, Bikin Pangling!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya