PON Papua Momen Gelorakan Semangat Olahraga di Indonesia

Olahraga adalah elemen penting dalam sebuah negara

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, mengungkapkan PON Papua adalah ajang yang penting. Lewat ajang ini, Indonesia coba menggelorakan semangat olahraga, sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan masyarakat.

"Selain empat Pilar Kebangsaan yang digencarkan MPR, olahraga juga penting. Selama ini, kita masih menempatkan biaya olahraga sebagai beban, padahal itu sejatinya adalah investasi," ujar Zainudin dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9).

1. Bamsoet amini ucapan Menpora

PON Papua Momen Gelorakan Semangat Olahraga di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ucapan dari Zainudin diamini oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo. Menurutnya, lewat olahraga, akan ada semangat kebersamaan dan persatuan yang terbentuk. Olahraga juga jadi cerminan kekuatan sebuah negara.

"Olahraga menjadi salah satu sarana untuk membangun semangat kebersamaan dan semangat persatuan seluruh anak bangsa, tanpa memandang suku, ras, dan agama. Oleh karena itu, peran olahraga ini sangat penting jadi jangan pandang sebelah mata perannya," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

Baca Juga: Mahfud Minta TNI-Polri Perketat Pengamanan di Papua Jelang PON XX

2. KONI menyiapkan PON Papua dengan baik

PON Papua Momen Gelorakan Semangat Olahraga di IndonesiaVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Agar semangat kebersamaan terjalin di dalam PON Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pun menyiapkan ajang ini sedemikian rupa. Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, menyebut saat ini, pihak KONI sudah berupaya mempersiapkan PON dengan baik.

"Kondisi saat ini sudah pada posisi 95 persen, baik itu yang pertama dari kesiapan venuenya, peralatan, kontingen akan berangkat ke Papua, hingga Panitia Besar PON yang mengatur, di samping kesiapan venuenya, menyiapkan akomodasinya, menyiapkan transportasinya kemudian juga mempersiapkan masyarakatnya,” tutur Marciano.

3. PON Papua juga jadi momentum kebangkitan

PON Papua Momen Gelorakan Semangat Olahraga di IndonesiaSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Marciano berujar PON Papua jadi momen kebangkitan untuk Indonesia di tengah pandemik COVID-19 yang sedang melanda. Penerapan protokol kesehatan yang ketat jadi jaminan tersendiri dalam gelaran PON Papua nanti.

"Di Papua, kita lihat pemerintah berusaha maksimal untuk menekan tingkat paparan COVID-19 secara nasional. Kami lihat sekarang, status wilayah sudah banyak yang turun dari semula merah menjadi kuning dan hijau," ujar Marciano.

"Mari kita sama-sama menjadikan PON Papua ini jadi ajang yang dikenang karena prestasinya, karena tata kelolanya yang begitu baik, dan menunjukkan kepada dunia Indonesia mampu bangkit dari pandemik COVID-19," lanjutnya.

Baca Juga: PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya