10 Atlet Dayung Indonesia Bertanding di 2 Negara

Skuad Garuda berlaga di Thailand dan Uzbekistan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 10 atlet dayung Indonesia turun di dua turnamen berbeda. Skuad Garuda akan berlaga di Kejuaran Asia Rowing Beach Sprint 2023. Mereka juga akan melakoni babak kualifikasi World Beach Games 2023 yang berlangsung di Pattaya, Thailand pada 25-30 April 2023.

Melansir dari ANTARA, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) mengatakan, beberapa atlet juga tampil dalam Kejuaraan Dayung Kano Sprint Junior Asia & U23 di Samarqand, Uzbekistan yang berlangsung pada 26-30 April 2023.

Baca Juga: DPR Nilai Ada Potensi ANOC World Beach Games 2023 Batal

1. Enam atlet berlaga di Thailand

10 Atlet Dayung Indonesia Bertanding di 2 NegaraAtlet dayung dari Jawa Timur tengah berlatih menjajal venue di lokasi PON XX Papua. Dok. Tim Sosmed KONI Jatim.

Tercatat, enam atlet turun bertanding do ajang Kejuaraan Asia Rowing Beach Sprint 2023 dan Babak Kualifikasi World Beach Games 2023. Seluruhnya terdiri dari tiga atlet putra dan putri.

Skuad putri Indonesia diwakili Aisah Nabila (23), Nurtang (24), Puteri Agni Anugrah (17). Sementara, tiga atlet putra diwakili oleh Rizki Umar (21), Yohanes Franxisco (20 tahun), dan Febrian (15).

Berdasarkan peraturan lomba beach sprint dari federasi internasional World Rowing, para atlet harus mampu berenang sedikitnya 50 meter sambil memakai baju-ringan dan mengapung dengan kepala tegak di atas air selama sedikitnya tiga menit.

Baca Juga: 9 Atlet Dayung Selayar di Porprov Dikeroyok, KONI: Usut Tuntas!

2. Para pelatih jalani pelatihan

10 Atlet Dayung Indonesia Bertanding di 2 NegaraPedayung Sulawesi Selatan, Sulfianto, saat bertanding di cabor dayung canoeing nomor Men's Single Sculls (M1X) yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Robertus Pudyanto)

Tim dayung rowing beach sprint dipimpin pelatih putra, Corres Sahupala. Sementara skuad putri didampingi pelatih Dewi Yuliawati. Kedua pelatih disebut mengikuti pelatihan Olympic Solidarity & World Rowing oleh pelatih-pelatih senior World Rowing.

Pelatihan ini dilakukan pada 22-24 April 2023 guna membahas pengetahuan dan keterampilan dasar bagi pelatih dalam menggelar pelatihan dan lomba di pantai.

Selain pelatih dan official, wasit internasional Indonesia, Muhammad Assyidiq juga bertugas dalam kejuaraan ini.

Baca Juga: 205 Negara Bakal Ikut World Beach Games 2023 di Bali

3. Empat atlet turun berlaga di Uzbekistan

10 Atlet Dayung Indonesia Bertanding di 2 NegaraANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi

Pada saat yang sama, empat atlet Indonesia turun bertanding di Kejuaraan Dayung Kano Sprint Junior Asia & U23 (Junior & U23 Canoe Sprint Asian Championships) di Samarqand, Uzbekistan pada 26-30 April 2023.

Tim ini dipimpin pelatih Dian Kurniawan dan didampingi dokter Henny Tantono. Empat atlet diturunkan untuk bertanding. Mereka adalah Melati Fajar Ningrum (20), Srikandi (18), Ikballana Ikhsan (18) dan Wandi (19).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya