2 Perenang Indonesia Lolos Olimpiade Tokyo Lewat Wild Card

Satu perenang putra dan putri Indonesia melaju ke Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari tim renang Indonesia. Dua perenang Indonesia dipastikan akan berlaga di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Aflah Fadlan Prawira (putra) dan Azzahra Permatahani (putri) mendapat wild card menuju Olimpiade Tokyo setelah sukses mengumpulkan poin sesuai persyaratan FINA (Federasi Renang Internasional) pada seleksi tahap akhir Indonesia Olympic Trial (IOT) yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, 19-20 Juni 2021.

1. Mimpi jadi nyata

2 Perenang Indonesia Lolos Olimpiade Tokyo Lewat Wild CardPerenang Indonesia Aflah Fadlan Prawira (Instagram.com/ fadlanprawira)

Fadlan tak mampu membendung rasa bahagia dan bangga bisa berlaga mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo.

"Sejak awal berkarier, salah satu mimpi saya bisa berlaga di Olimpiade. Alhamdulillah, saya bisa berangkat ke Olimpiade Tokyo. Saya akan terus giat berlatih, meningkatkan kemampuan sehingga bisa meraih hasil terbaik di Olimpiade," kata Fadlan, yang merupakan perenang spesialis nomor renang jarak jauh, 400 dan 1.500 meter gaya bebas.

Baca Juga: Tim Panahan Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

2. Janji Azzahra di Olimpiade Tokyo

2 Perenang Indonesia Lolos Olimpiade Tokyo Lewat Wild CardPB PRSI kirim dua wakil Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 lewat Wild Card (Dok.IDN Times/PB PRSI)

Kebahagiaan juga dirasakan perenang putri Indonesia, Azzahra Permatahani. Memang, Azzahra dikenal sebagai salah satu bintang muda renang Indonesia dan sudah menjadi pemegang rekor nasional nomor 200 meter gaya ganti putri.

"Olimpiade Tokyo akan menjadi momen indah bagi saya dan akan berusaha membuat rekor waktu terbaik di sana," ujar Azzahra.

Dua wakil dari renang menambah deretan wakil Indonesia yang sukses mengamankan tiket Olimpiade Tokyo. Sebelumnya, tim recurve beregu putra panahan Indonesia tampil ciamik dalam kualifikasi terakhir Piala Dunia Panahan 2021 di Paris, Prancis pada Sabtu (19/6/2021) malam.

Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi, sukses menembus posisi tiga besar dan mengamankan satu tiket menuju Olimpiade Tokyo.

3. PRSI adakan IOT atas seizin FINA

2 Perenang Indonesia Lolos Olimpiade Tokyo Lewat Wild CardMaskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa, berpose di depan Japan National Stadium. (Facebook.com/Tokyo 2020)

PB PRSI menggelar IOT atas persetujuan FINA, karena para perenang Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi di luar negeri akibat pandemik COVID-19. Beberapa event kualifikasi pun dibatalkan, seperti Malaysia Open dan Japan Open yang hanya boleh diikuti perenang lokal saja.

"Event Olympic Trial ini untuk mencari siapa wakil Indonesia yang bisa lolos Olimpiade. Untuk Limit-A sebagai syarat lolos otomatis, belum ada yang menembusnya," ujar Wakil Ketua Umum II PB PRSI, Reswanda T Ade.

"Namun, untuk jatah universality atau wild card, dalam rapat federasi, kami memutuskan untuk mengirim Fadlan dan Azzahra setelah keduanya punya poin tertinggi FINA," lanjutnya.

Baca Juga: Indonesia Makin Berat, Australia Nyaris Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya