278 Bus Gratis Disiapkan untuk Penonton MotoGP Mandalika

Kemenhub lakukan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan rekayasa lalu lintas jelang pelaksanaan MotoGP Madalika 2022. Transportasi umum pun akan menjadi opsi utama bagi para penonton MotoGP menuju lokasi balapan.

Ajang MotoGP seri kedua ini dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Total, Kemenhub menyediakan 278 angkutan antarmoda selama penyelenggaraan MotoGP. Seluruhnya terdiri dari 27 bus besar, 70 bus sedang, dan 181 bus kecil.

1. Pemerintah optimalkan penggunakan transportasi umum

278 Bus Gratis Disiapkan untuk Penonton MotoGP MandalikaWilayah di sekitar Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Pemerintah memutuskan untuk mengoptimalkan penggunaan angkutan umum selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Rekayasa lalu lintas dilakukan terkait hal ini di sekitar kawasan kota Mataram.

"Angkutan umum ini jadi backbone utama transportasi yang ada di Mataram pada saat kegiatan MotoGP," ujar Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam Konferensi Pers daring Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 pada Selasa (1/3/2022).

Kemenhub memang sengaja mempersiapkan ratusan bus untuk ajang ini. Hal itu dilakukan untuk melayani mobilitas masyarakat yang untuk menuju lokasi perhelatan MotoGP Mandalika. 

Baca Juga: Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGP

2. Kemenhub siapkan 188 shuttle bus

278 Bus Gratis Disiapkan untuk Penonton MotoGP MandalikaIDN Times/Nindias Khalika

Kemenhub juga menyediakan shuttle bus di kawasan Mandalika menuju gerbang masuk area balapan. Total, ada tujuh koridor yang dipersiapkan untuk untuk menjadi pilihan para penonton MotoGP.

"Nanti kami menyiapkan sekitar 188 bus. Jumlah koridor yang dilayani sekitar tujuh. Pergerakannya di dalam lokasi," ujar Budi.

3. Transportasi umum bisa digunakan gratis

278 Bus Gratis Disiapkan untuk Penonton MotoGP Mandalikailustrasi balap motogp (motogp.com)

Budi menegaskan, pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menuju lokasi balapan menuju kawasan Mandalika akan dilakukan. Para penonton diimbau untuk menggunakan transportasi umum.

Banyak kehadiran fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah dari segi transportasi selama gelaran MotoGP berlangsung. "Dan ini tarifnya semuanya gratis," tukas Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo, kembali menurunkan batas jumlah penonton MotoGP Mandalika 2022. Kini, penonton yang bisa menikmati langsung ajang tersebut dipangkas jadi 60 ribu orang saja.

 

Baca Juga: Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 Ribu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya